Terbaru, tema subtema PAUD Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2023/2024 selama 1 tahun full untuk semester 1 (gasal) dan semester 2 (genap), bisa dipakai taman kanak-kanak, kelompok bermain, maupun playgroup.
Tema Sub tema PAUD Full 1 Tahun
PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) adalah jenis pendidikan yang memberikan pendidikan awal anak-anak usia dini sebelum mereka bersekolah. PAUD mengacu pada program pendidikan yang dilakukan oleh sekolah dengan tim anggota PAUD yang ahli untuk memfasilitasi perkembangan anak-anak pada usia dini. Semester kedua PAUD khususnya ditujukan kepada para guru PAUD untuk membagikan pengetahuan dan informasi melalui program-program kreatif yang menarik bagi anak-anak.
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah tahap fondasi awal dalam pendidikan anak usia dini. Pemilihan tema dan subtema pembelajaran yang menarik dan relevan sangat penting untuk membangun minat, motivasi, dan keterlibatan anak-anak dalam proses belajar. Berikut adalah beberapa contoh tema dan subtema pembelajaran yang dapat digunakan dalam PAUD tahun pelajaran 2023/2024:
Mindmap Tema Sub tema PAUD K13
Pada tahun ajaran 2023/2024 ini PAUD Jateng menggunakan tema dan subtema yang dapat dilihat melalui gambar mindmap berikut ini:
Lihat gambar lebih besar dan jelas
Tema Sub tema PAUD Semester 1
Semester 1 dalam PAUD merupakan masa awal pembelajaran bagi anak-anak usia dini. Pemilihan tema dan subtema yang tepat dapat membantu mengembangkan minat, keterampilan, dan pengetahuan anak-anak secara menyenangkan dan interaktif. Berikut adalah beberapa contoh tema dan subtema yang dapat digunakan dalam PAUD Semester 1 (gasal):
No | Tema | Sub Tema | Cakupan Materi |
---|---|---|---|
1 | Diriku / Diri Sendiri | Identitasku | Nama, usia, jenis kelamin, alamat rumah, nama ayah, nama ibu |
Tubuhku | Anggota tubuh, mata, telinga, rambut, kaki, tangan kanan dan kiri | ||
Panca Indera | Panca indra, macam panca indra, manfaat/ fungsi, cara merawatnya | ||
Kesukaanku | Makanan, minuman, mainan, dan macam-macam kegiatan, baju, buah | ||
2 | Lingkunganku | Rumahku | Fungsi rumah (Fungsi rumah, Bagian-bagian rumah, Jenis peralatan, Fungsi, Cara menggunakan) |
Sekolahku | Gedung dan halaman sekolah, ruang belajar, tempat bermain dan alat-alat permainan, orang-orang yang ada di sekolah, tata tertib sekolah | ||
Masyarakat | Teman sebaya, tempat bermain, berperilaku sopan kepada yang lebih tua, mau mengantre sesuai urutan, tata tertib/ aturan bermain dengan teman, kejujuran, zona aman bermain | ||
3 | Kebutuhanku | Makanan / Minuman | Jenis makanan sehat/ gizi seimbang, kebersihan makanan/ minuman, fungsi |
Pakaian | Jenis/ macam pakaian, fungsi pakaian, cara merawat, adab berpakaian, pakaian seragam | ||
Kesehatan | Cara menjaga kebersihan diri, kebersihan lingkungan, menjaga kesehatan, memperbanyak minum air putih, tidur siang biar sehat, adab Ketika batuk, memakai masker | ||
4 | Binatang | Binatang Air | Jenis /macam binatang air, fungsi binatang air, ciri-ciri dan cara merawat, makanannya |
Binatang Darat | Jenis/ macam binatang darat, fungsi, ciri – ciri dan cara memelihara, makanannya | ||
Binatang Udara | Jenis/ macam binatang udara, fungsi, ciri dan cara memelihara, makanannya | ||
Binatang Buas | Jenis /macam binatang buas, fungsi, ciri- ciri, bahaya dan manfaat binatang buas, makanannya | ||
5 | Tanaman | Sayur | Jenis/ macam sayuran, manfaat, ciri – ciri dan cara merawat |
Buah | Jenis/ macam buah, manfaat, ciri – ciri dan cara merawat | ||
Hias/ Bunga | Jenis/ macam buah, manfaat, ciri – ciri dan cara merawat |
Tema Sub tema PAUD Semester 2
Masalah edukasi pada anak-anak memegang peranan penting untuk pertumbuhan yang sehat serta kemampuan adaptasi anak-anak terhadap lingkungannya. Para guru PAUD dengan segala kemampuannya, menyongsong seluruh tantangan dalam pelaksanaan program PAUD yang tepat sasaran.
Tema dan subtema membantu anak-anak mengatur pekerjaan dan membangun semangat belajar. Subtema membantu memfokuskan perhatian anak-anak pada topik tertentu dan menghaluskan proses belajar. Selain itu, tema dan subtema juga membantu meningkatkan merujuk ke masa lalu dan membuat statistik lain untuk membantu kinerja anak-anak. Oleh karena itu, penting untuk mengadopsi tema dan subtema yang tepat bagi kelas paud agar anak-anak dapat mencapai potensi belajar terbaik mereka.
No | Tema | Sub Tema | Cakupan Materi |
---|---|---|---|
1 | Rekreasi | Tempat Rekreasi | Macam tempat rekreasi, tata tertib/ peraturan , cara memelihara |
Alat/ Perlengkapan | Jenis Perlengkapan/ alat rekreasi, cara memelihara | ||
Kendaraan | Jenis kendaraan, Fungsi dan kegunaan, Nama pengendara, Tempat pemberhentian | ||
2 | Pekerjaan | Macam / Jenis Profesi | Jenis/macam profesi, cita – citaku |
Alat/ Perlengkapan | Alat/ perlengkapan pekerjaan. Cara merawat dan cara menggunakannya | ||
Tempat Bertugas | Tempat bertugas, cara merawat dan cara menggunakannya | ||
3 | Air Api Udara | Air | Manfaat/ guna air, sifat air, bahaya air, cara memelihara |
Api | Manfaat/ guna api, sifat api, bahaya api, cara memelihara | ||
Udara | Manfaat/ guna udara, sifat udara, bahaya udara, cara memelihara | ||
4 | Alat Komunikasi | Macam Alat Komunikasi | Macam / jenis alat komunikasi |
Manfaat Alat Komunikasi | Cara menggunakan dan merawatnya, Manfaat alat komunikasi | ||
5 | Tanah Air | Negaraku | Dasar Negara, lambang Negara, benderaku, lagu kebangsaan, Presiden dan wakil presiden |
Budaya Indonesia | Suku bangsa, rumah adat, baju adat, makanan khas, kesenian tradisional (tari/ alat music) | ||
Kehidupan di Desa dan Kota | Kehidupan didesaku, program unggulan, produk unggulan | ||
6 | Alam Semesta | Gejala Alam | Macam gejala alam, bahaya, cara menghindari |
Benda-Benda Langit | Jenis benda-benda langit, (matahari, bulan, bintang), Manfaat benda-benda langit | ||
Kekayaan Alam | Jenis benda-benda alam (tanah, air, pasir, batu, besi, emas, perak), Manfaat benda-benda alam |
Pastikan untuk mengintegrasikan kegiatan yang sesuai dengan tema dan subtema, seperti bermain, bernyanyi, bercerita, bermain peran, dan kegiatan kreatif lainnya. Selain itu, berikan pengalaman langsung dan interaksi dengan lingkungan sekitar, serta libatkan keluarga dan komunitas dalam pembelajaran. Dengan menggunakan tema dan subtema yang menarik, anak-anak akan lebih terlibat dan antusias dalam proses pembelajaran di PAUD.