18 Pedoman Kurikulum 2013 PAUD Terbaru Resmi Direktorat –Download Kumpulan 15 Buku Pedoman Kurikulum 2013 PAUD resmi dikeluarkan oleh Direktorat PPAUD sampul biru. 10 buku terdiri dari pedoman implementasi Kurikulum PAUD 2013 dan  buku lainnya adalah petunjuk teknis penyelenggaraan PAUD (TK – KB – TPA – Pos PAUD – PAUD HI – PAUD Islam – PAUD PAK – PAUD BIA).



Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mencakup pengembangan pada aspek struktur kurikulum, proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik, dan penilaian yang bersifat autentik. Kurikulum 2013 mengusung pengembangan pembelajaran konstruktivisme yang lebih bersifat fleksibel dalam pelaksanaan sehingga memberi ruang pada anak untuk mengembangkan potensi dan bakat anak usia dini.

8 Juknis Penyelenggaraan PAUD (TK KB TPA) Terbaru

Lima petunjuk teknis penyelenggaraan PAUD yang dimaksud meliputi :

  1. Juknis Penyelenggaraan TK (Taman Kanak-Kanak). DAPATKAN DISINI
  2. Juknis Penyelenggaraan KB (Kelompok Bermain). DAPATKAN DISINI
  3. Juknis Penyelenggaraan TPA (Taman Penitipan Anak). DOWNLOAD DISINI
  4. Juknis Penyelenggaraan PAUD HI (Holistik Integratif). DOWNLOAD DISINI
  5. Juknis Penyelenggaraan PAUD Berbasis Agama Islam. BACA DISINI
  6. Juknis Penyelenggaraan PAUD Pelayanan Anak Agama Kristen, ADA DISINI
  7. Juknis Penyelenggaraan PAUD BIA, LIHAT DISINI
  8. Juknis Pengelenggaraan Pos PAUD, LIHAT INI

Pedoman Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan acuan pelaksanaan kurikulum PAUD 2013 sesuai dengan teori, filosofi, dan landasan pengembangan kurikulum tersebut yang disertai dengan contoh-contoh penerapannya.

Baca Juga:  Download Buku Panduan RKH PAUD & SOP PAUD Kurikulum 2013

Pedoman disusun secara sederhana, menarik, ramah, dan aplikatif agar dapat dipahami dan dilaksanakan oleh seluruh tenaga pendidik dan kependidikan PAUD yang kondisi dan potensinya beragam, serta dapat dijadikan rujukan sesuai dengan kajian-kajian yang melandasinya.

implementasi kurikulum paud implementasi kurikulum paud 2013 implementasi kurikulum 2013 pada paud implementasi kurikulum 2013 di paud pedoman implementasi Kurikulum PAUD 2013. Download Kumpulan 11 Buku Pedoman Kurikulum 2013 PAUD resmi dikeluarkan oleh Direktorat PPAUD sampul biru.



10 Buku Pedoman Kurikulum 2013 PAUD Resmi

Direktorat Pembinaan PAUD pada akhir tahun 2015 lalu sudah mengeluarkan versi baru tentang tata cara menggunakan Kurikulum PAUD 2013 di sekolah dengan sampul warna biru (sebelumnya juga pernah dikeluarkan versi resmi dengan warna sampul orange). Berikut ini adalah daftar buku pedoman kurikulum 2013 paud yang dapat didowownload:

  1. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 PAUD. KLIK DISINI
  2. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. KLIK DISINI
  3. Pedoman Pengelolaan Kelas Pendidikan Anak Usia Dini. KLIK DISINI
  4. Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. BACA DISINI
  5. Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. BACA DISINI
  6. Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. LIHAT DISINI
  7. Penanaman Sikap Pendidikan Anak Usia Dini. LIHAT DISINI
  8. Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). DAPATKAN DISINI
  9. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. (RPP PAUD K-13) DAPATKAN DISINI
  10. Penyusunan Standar Operasional Prosedur Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. DOWNLOAD DISINI

Mengapa Kurikulum PAUD Penting?

Selama masa bayi hingga usia sebelum sekolah dasar, anak ayah bunda akan mengalami beberapa perkembangan yang paling penting. Sebagian besar perkembangan ini adalah alam bawah sadar dan tumbuh dari masukan dari dunia di sekitar mereka (Odom, dkk., 2019).

PAUD Jateng percaya bahwa selama tahap kehidupan ini, pekerjaan terpenting yang dapat dilakukan anak ayah bunda adalah bermain! Menciptakan suasana bermain dan belajar yang terstruktur di mana anak ayah bunda dapat berkembang secara sosial, kognitif, emosional dan fisik adalah yang paling penting.

Baca Juga:  8 Juknis Penyelenggaraan PAUD HI TK KB TPA Terbaru

Pedoman Kurikulum PAUD sangat penting karena:

  • Selama enam tahun pertama kehidupan anak, mereka dapat belajar dengan cepat. Mereka ingin dan perlu mempelajari informasi baru.
  • Anak-anak berkembang pada struktur yang dibawa oleh kurikulum yang mapan.
  • Mempelajari keterampilan sosial, seperti cara berbagi, berbicara di kelas, dan melatih empati akan membuat anak ayah bunda sukses setelah PAUD.

Memanfaatkan kurikulum yang solid akan menciptakan lingkungan dan struktur kelas yang memungkinkan anak ayah bunda untuk belajar dan tumbuh melalui berbagai kegiatan pembelajaran PAUD yang menyenangkan dan menarik.

Pengembangan Kurikulum PAUD

Dalam pengembangan kurikulum PAUD, sebaiknya berikan panduan kepada guru untuk membantu anak-anak berkembang menjadi orang terbaik yang mereka bisa. Berikut adalah beberapa tips dalam pengembangan kurikulum paud:

Perkembangan Anak Seutuhnya.

Kurikulum berfokus pada pengembangan elemen sosial/emosional, kognitif, fisik dan bahasa melalui proyek asli berdasarkan tema bulanan dan kegiatan terkait.

Bekerja adalah Bermain!

Berdasarkan tema pelajaran PAUD bulanan, gunakan untuk mengajarkan pelajaran, sopan santun, dan keterampilan sosial melalui permainan yang telah direncanakan sebelumnya. Ini mengajarkan anak bahwa belajar itu menyenangkan, dan membekali mereka dengan kecintaan untuk belajar dan sekolah yang dapat mereka bawa sepanjang sisa pendidikan mereka.

Transisi Halus dan Eksplorasi.

Kurikulum PAUD sebaiknya memandu guru setiap hari menyediakan struktur yang mendukung lingkungan kelas yang diperkaya, memberi anak suasana yang mendorong pembelajaran menyeluruh!

Konsistensi.

Anak ayah bunda tumbuh subur dengan konsistensi, itulah sebabnya mendedikasikan diri untuk menciptakan lingkungan dan kurikulum yang konsisten di semua lokasi sekolah.

Berdasarkan filosofi bahwa anak-anak ingin tahu dan kreatif.

Kurikulum kami didasarkan pada filosofi Italia, Reggio Emilia. Teori ini mendukung pertumbuhan individu melalui interaksi sosial dan kerja kelompok.

Baca Juga:  Contoh Pembelajaran Untuk Anak TK Yang Menyenangkan

Pembaruan Kurikulum.

Anak-anak adalah kolaborator dan komunikator dan bahwa guru mereka adalah teman mereka, dimaksudkan untuk memelihara dan membimbing mereka di sepanjang jalan menuju eksplorasi selama bermain.

Perubahan tersebut akan berimbas pada perubahan sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik. Buku ini sangat terbuka untuk perbaikan dan penyempurnaan di masa mendatang. Untuk itu, kami mengundang para pembaca memberikan saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan. Semoga bermanfaat! Bagikan ke teman-teman kita sesama Guru PAUD melalui Facebook, Twitter dll agar mereka mengerti konsep Kurikulum 2013 ya!