Mau macam macam contoh instrumen penilaian PAUD lengkap? Silahkan Download Contoh Format Evaluasi dan Penilaian PAUD (TK/KB/TPA/SPS). Dalam evaluasi PAUD, kita harus melaksanakannya dengan berbagai jenis alat penilaian perkembagan anak usia dini salah satunya dengan menggunakan anekdot.



Asesmen: Evaluasi / Penilaian Anak Usia Dini

Penilaian anak usia dini adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan dan memberikan informasi penting kepada pendidik, orang tua, dan keluarga tentang perkembangan dan pertumbuhan anak. Di Massachusetts, program anak usia dini berlisensi sekarang diminta untuk memasukkan komponen penilaian anak dalam program mereka.

Apa itu penilaian PAUD?

Penilaian masa kanak-kanak adalah proses mengumpulkan informasi tentang seorang anak, meninjau informasi tersebut, dan kemudian menggunakan informasi tersebut untuk merencanakan kegiatan pendidikan yang berada pada tingkat yang dapat dipahami dan dipelajari oleh anak.

Penilaian adalah bagian penting dari program anak usia dini yang berkualitas tinggi. Ketika pendidik melakukan penilaian, mereka mengamati anak untuk mendapatkan informasi tentang apa yang dia ketahui dan apa yang bisa dia lakukan.

Mengamati dan mendokumentasikan pekerjaan dan kinerja anak selama setahun memungkinkan seorang pendidik untuk mengumpulkan catatan pertumbuhan dan perkembangan anak. Dengan informasi ini, pendidik dapat mulai merencanakan kurikulum yang sesuai dan pengajaran individual yang efektif untuk setiap anak.

Catatan penilaian ini juga merupakan alat yang bagus untuk dibagikan kepada orang tua sehingga mereka dapat mengikuti kemajuan anak mereka di sekolah, memahami kekuatan dan tantangan anak mereka, dan merencanakan bagaimana mereka dapat membantu memperluas pembelajaran ke rumah mereka.



evaluasi dan penilaian dalam pembelajaran paud

Istilah evaluasi seringkali dimaknai secara berbeda-beda. Ada yang menyebutnya dengan istilah evaluasi, pengukuran ataukah asesment. Penilaian atau evaluasi merupakan sesuatu yang yang selalu dilakukan oleh guru.

Baca Juga:  Contoh Buku Catatan Prestasi Tenaga Pendidik / Guru PAUD

Dalam dunia PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Kegiatan evaluasi dalam pembelajaran PAUD berdasarkan PERMENDIKBUD No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD, dimana penilaian anak berdasarkan tingkat pencapaian perkembangan anak yaitu nilai-nilai agama dan moral, motorik, kognitif, bahasa, dan sosial emosional, seni.

Berikut ini adalah contoh Format Evaluasi dan Penilaian PAUD yang meliputi :

  1. Contoh Format Pengumpulan Data Observasi dan Catatan Anekdot
  2. Contoh Format Analisis dan Evaluasi Data Anak
  3. Contoh Format Penggunaan Data untuk Perbaikan Pembelajaran Individu
  4. Contoh Format Penggunaan Data untuk Pelaporan
  5. Contoh Format Deskripsi Laporan Perkembangan
  6. Contoh Format Observasi Anak Didik
  7. Contoh Format Penilaian Penugasan Anak
  8. Contoh Format Penilaian Unjuk Kerja Anak Didik
  9. Contoh Format Penilaian Unjuk Karya Anak Didik
  10. Contoh Format Laporan Perkembangan Anak Didik

Dokumen ini merupakan bagian dari kumpulan buku administrasi PAUD lengkap yang dapat di download secara gratis. Administrasi PAUD lengkap Lihat disini

Preview atau penampakan file Evaluasi dan Penilaian PAUD dapat dilihat di bawah ini :

Download Format Evaluasi / Penilaian PAUD

Ayah bunda bisa download format contoh evaluasi dan penilaian paud lengkap melalui link tautan di bawah ini :

Dokumen administrasi PAUD ini merupakan salah satu dari kumpulan administrasi TK KB yang dibagikan secara GRATIS. Lihat Daftar Dokumen Lengkap KLIK DISINI

Tugas guru kemudian adalah mengumpulkan portofolio hasil kerja anak dan catatan guru tentang kegiatan main setiap anak. Dari portofolio tersebut, guru membuat analisis tahap perkembangan anak. Setiap hari guru terus mencatat, menganalisis tahap perkembangan setiap anak yang masuk ke sentra.

Untuk Kurikulum 2013 PAUD sendiri, ada 3 teknik penilaian PAUD yang paling banyak digunakan yaitu catatan anekdot, catatan hasil karya, dan skala capaian perkembangan. Baca lebih lanjut melalui link tautan berikut ini.

Rekomendasi bacaan: Terdapat 3 Teknik Penilaian PAUD Kurikulum 2013 yang Sering Digunakan

Mengapa penilaian PAUD itu penting?

Penilaian memberikan pendidik, orang tua, dan keluarga dengan informasi penting tentang perkembangan dan pertumbuhan anak. Penilaian dapat:

  • Memberikan catatan pertumbuhan di semua bidang perkembangan: kognitif, fisik/motorik, bahasa, sosial-emosional, dan pendekatan belajar.
  • Identifikasi anak-anak yang mungkin membutuhkan dukungan tambahan dan tentukan apakah ada kebutuhan untuk intervensi atau layanan dukungan.
  • Membantu pendidik merencanakan instruksi individual untuk seorang anak atau untuk sekelompok anak yang berada pada tahap perkembangan yang sama.
  • Identifikasi kekuatan dan kelemahan dalam suatu program dan informasikan seberapa baik program tersebut memenuhi tujuan dan kebutuhan anak-anak.
  • Berikan landasan bersama antara pendidik dan orang tua atau keluarga untuk digunakan dalam berkolaborasi dalam strategi untuk mendukung anak mereka.
  • Apa saja metode penilaian anak yang berbeda?
Baca Juga:  Buku Daftar Pembagian Tugas Mengajar Tenaga Pendidik

Metode penilaian anak dapat bersifat informal (melakukan pengamatan alami, mengumpulkan data dan pekerjaan anak untuk portofolio, menggunakan penilaian pendidik dan guru) dan formal (menggunakan alat penilaian seperti kuesioner dan tes standar). Kedua metode tersebut efektif dan dapat membantu menginformasikan pendidik dan orang tua tentang kemajuan anak.