Sampul Raport – Kumpulan contoh desain cover rapor paud / laporan capaian pembelajaran anak kurikulum terbaru bisa dipakai untuk semua kurikulum seperti kurikulum merdeka, kurikulum 2013 dll. Prinsip design cover ini adalah simplicity atau atau memuat hal yang penting saja, bisa dicetak menjadi hard cover dan bisa dipakai untuk semua anak.



Laporan Capaian Pembelajaran/Rapor PAUD

Setelah kegiatan bermain-belajar dilakukan dalam periode waktu tertentu, guru perlu membuat laporan capaian pembelajaran anak. Untuk membuatnya, guru menggunakan data yang didapat dari kumpulan asesmen harian (dokumentasi dan portofolio) dengan mengacu pada perilaku yang diharapkan muncul. Kurun waktu pelaporan dapat disesuaikan dengan kebutuhan orang tua dan karakteristik satuan PAUD, tetapi minimal dilakukan sekali dalam satu semester.

Laporan capaian pembelajaran bertujuan untuk memberi informasi tentang Capaian Pembelajaran yang telah dikuasai anak dan atau capaian pembelajaran yang masih memerlukan stimulasi lebih lanjut. Perlu diingat bahwa laporan capaian pembelajaran anak tidak bertujuan untuk memberi label anak (sudah mampu/belum mampu), tetapi lebih untuk melihat jejak pembelajaran dan perkembangan anak. Setelah lebih memahami perkembangan belajar anak, maka guru, orang tua, dan pihak terkait dapat menggunakan informasi tersebut untuk merencanakan dan memberikan tindakan pembelajaran selanjutnya.

Laporan capaian pembelajaran adalah bagian penting dalam fase pondasi anak usia dini. Laporan atau rapor ini adalah cara bagi orang tua / guru jenjang selanjutnya untuk belajar, untuk mengetahui informasi, dan hal unik lainnya tentang anak. Laporan ini bukanlah pencapaian akhir. Informasi tersebut dapat digunakan untuk rekam jejak anak dan merancang strategi serta langkah selanjutnya untuk mengoptimalkan perkembangan pembelajaran anak.

Baca Juga:  Kupas Tuntas Evaluasi dan Penilaian PAUD Kurikulum 2013

Oleh karena itu, raport PAUD (TK/KB) perlu ditampilkan dengan baik dan rapi agar dapat dilihat. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memilih desain sampul yang akan membuat laporan anak menjadi menonjol dari buku/laporan jenis lain. Ada banyak desain sampul berbeda yang dapat dipilih sesuai dengan tema yang diinginkan. Sampul adalah salah satu hal pertama yang dilihat orang ketika mereka menemukan sebuah buku/laporan. Jika ayah bunda ingin laporan menonjol, sebaiknya pilih sampul yang akan menarik perhatian orang yang melihatnya.

Desain Cover rapor PAUD

Contoh Desain Sampul Raport PAUD

Hal dasar yang perlu diketahui ketika mendesain cover/sampul raport paud adalah desainnya harus kreatif dan menggunakan kombinasi warna yang serasi. Desainnya harus sederhana dan informasinya harus mudah dipahami. Berikut ini adalah contoh desain sampul raport PAUD yang bisa di edit sesuai kebutuhan ayah bunda. Pilih PPT dan buka menggunakan aplikasi PowerPoint untuk mengedit:



NoPreviewKeteranganDownload PDFDownload PPT/DOCX
1Desain sampul cover raport PAUD Kurikulum Merdeka model 1Link PDFFile Disini
2Desain sampul cover raport PAUD Kurikulum Merdeka model 2Link PDFFile Disini
3Desain sampul cover raport PAUD Kurikulum Merdeka model 3Link PDFFile Disini
4Desain sampul cover raport PAUD Kurikulum Merdeka model 4Link PDFFile Disini
5Desain sampul cover raport PAUD Kurikulum Merdeka model 5Link PDFFile Disini

Bentuk Komunikasi PAUD dengan Orang Tua

Guru perlu menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua agar kemitraan antara satuan pendidikan dan keluarga semakin erat. Komunikasi dilakukan dalam proses diskusi dan dapat dilakukan secara formal maupun informal. Secara formal, diskusi dilakukan setidaknya satu kali per semester pada saat pelaporan capaian pembelajaran anak (raport PAUD) ini. Namun, secara informal, guru juga dapat selalu berdiskusi dengan orang tua ketika ada hal-hal penting dan menarik dari proses asesmen harian atau evaluasi yang perlu dikomunikasikan ke orang tua.

Baca Juga:  Contoh Format Raport PAUD Terbaru v1 Otomatis

Hal lain yang juga perlu diingat bahwa laporan capaian pembelajaran bukanlah satu-satunya kegiatan asesmen. Laporan capaian pembelajaran hanya merupakan salah satu rangkaian proses pembelajaran yang disampaikan kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Laporan ini bukanlah pencapaian akhir. Informasi tersebut dapat digunakan untuk rekam jejak anak dan merancang strategi serta langkah selanjutnya untuk mengoptimalkan perkembangan pembelajaran anak.



penawaran kerjasama paud jateng