Contoh SOP PAUD Kegiatan Cuci Tangan Kurikulum 2013



sop cuci tangan anak sop cuci tangan menurut who anak sop cuci tangan 7 langkah anak sop cuci tangan steril anak sop cuci tangan biasa anak sop cuci tangan yang benar anak sop cuci tangan operasi anak sop cuci tangan pdf anak sop cuci tangan dengan alkohol anak sop cuci tangan terbaru anak sop cuci tangan kamar operasi anak sop mencuci tangan 7 langkah anak sop mencuci tangan bersih anak sop mencuci tangan biasa anak sop basuh tangan anak sop tentang cuci tangan anak sop mencuci tangan yang benar anak sop mencuci tangan menurut who anak sop mencuci tangan 6 langkah anak cara cuci tangan asepsis anak cara cuci tangan adalah anak cara cuci tangan aseptik anak cara mencuci tangan aseptik anak cara cuci tangan dengan alkohol anak sop cuci tangan bedah anak sop cuci tangan bersih anak cara cuci tangan bersih anak cara cuci tangan benar anak cara cuci tangan baik dan benar anak cara cuci beg tangan anak cara mencuci tangan bersih dan steril anak cara mencuci tangan baik dan benar anak cara mencuci tangan biasa dan steril anak cara mencuci tangan baik anak cara cuci baju tangan anak cara cuci tangan dalam bahasa inggris anak cara cuci tangan yang betul anak cara cuci tangan bedah anak cara cuci tangan biasa anak cara cuci tangan bersih dan steril anak

Download Contoh SOP PAUD Kegiatan Cuci Tangan Kurikulum 2013 format doc disini. SOP Pembelajaran PAUD didefinisikan sebagai langkah-langkah untuk menjalankan pembelajaran PAUD dalam mencapai semua kompetensi inti (sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan) dan standar tingkat pencapaian perkembangan anak.

SOP PAUD menjadi sistem yang memberikan pedoman kerja, kapan, dimana, oleh siapa dan cara bagaimana pembelajaran dijalankan terutama dalam mengatur program pembelajaran yang bersifat rutin dan habituasi. Kegiatan rutin dan terus berulang dilakukan guru biasanya kegiatan pembiasaan dan keteladanan dalam mencapai sikap spiritual dan sikap sosial.

Contoh SOP PAUD Kegiatan Cuci Tangan Kurikulum 2013 –SOP Pembelajaran PAUD terutama ditujukan untuk mewujudkan pencapaian kompetensi yang terkait dengan kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial. SOP memandu pembelajaran mulai dari awal pembelajaran hingga akhir pembelajaran, sehingga proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dari awal hingga akhir dapat dijalankan secara runut, teratur dan produktif.

Penyusunan jadwal harian dan standar operasional prosedur penting dilaksanakan untuk membangun layanan PAUD yang lebih berkualitas, terstruktur dan transparan.



Terlebih lagi program PAUD lebih menekankan pada pengembangan sikap, maka pembiasaan yang dilakukan dengan konsisten menjadi suatu keharusan. Oleh karena itu penting di setiap satuan PAUD harus memiliki jadwal harian dan standar operasional prosedur dan menerapkannya di satuan masing-masing.

Jika semua pihak dapat berpartisipasi dengan optimal, maka diyakini bahwa penerapan Kurikulum 2013 PAUD di setiap satuan pendidikan PAUD akan memberi dampak yang positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak yang dititipkan di satuan pendidikan PAUD bersangkutan. Akumulasi dari dampak tersebut akan mengantarkan anak-anak Indonesia kelak menjadi anak yang cerdas secara komprehenshif.

Contoh SOP PAUD Kegiatan Cuci Tangan Anak PAUD Kurikulum 2013

TUJUAN

  • Membiasakan untuk mencuci tangan (2.1)
  • Membiasakan untuk tertib (2.6)
  • Membiasakan untuk bertanggung jawab dengan kebersihan diri (2.1)
  • Membiasakan untuk bertanggung jawab terhadap kesehatan tubuh (2.12)

PROSEDUR KERJA

  1. Basahilah kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir, ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut.
  2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian
  3. Jangan lupa jari-jari tangan, gosok sela-sela jari hingga bersih
  4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan
  5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian
  6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan
  7. Bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu

    Preview SOP Kegiatan Cuci Tangan PAUD

    Untuk download SOP PAUD lainnya silahkan lihat 15 contoh SOP PAUD KLIK DISINI