Fungsi Manfaat Bermain Bagi Perkembangan Anak Usia Dini



7 Fungsi Manfaat Bermain Bagi Perkembangan Anak Usia Dini –Apa manfaat bermain bagi anak? Fungsi dan manfaat bermain bagi perkembangan anak usia dini dalam fungsi dan manfaat bermain meliputi seluruh aspek perkembangan anak seperti diuraikan berikut :

7 Fungsi Manfaat Bermain Bagi Perkembangan Anak Usia Dini

1. Perkembangan Bahasa

Aktivitas bermain adalah ibarat laboratorium bahasa anak, yaitu memperkaya perbendaharaan kata anak dan melatih kemampuan berkomunikasi anak.

2. Perkembangan Moral

Bermain membantu anak untuk belajar bersikap jujur, menerima kekalahan, menjadi pemimpin yang baik, bertenggang rasa dan sebagainya.

manfaat bermain bagi anak manfaat bermain bagi anak usia dini manfaat bermain bagi anak pra sekolah manfaat bermain bagi anak sekolah manfaat bermain bagi anak sd manfaat bermain bagi anak tk manfaat bermain bagi anak paud manfaat bermain bagi anak sekolah dasar manfaat bermain bagi anak balita manfaat bermain untuk anak tk manfaat bermain puzzle bagi anak manfaat bermain musik bagi anak manfaat bermain pasir bagi anak manfaat bermain peran bagi anak manfaat bermain peran bagi anak usia dini manfaat bermain bagi perkembangan anak usia dini manfaat bermain outdoor bagi anak apa manfaat bermain bagi anak manfaat bermain air bagi anak usia dini manfaat bermain bagi anak usia dini menurut para ahli arti dan manfaat bermain bagi anak usia dini



3. Perkembangan Sosial

Bermain bersama teman melatih anak untuk belajar membina hubungan dengan sesamanya. Anak belajar mengalah, memberi, menerima, tolong menolong dan berlatih sikap sosial lainnya.

4. Perkembangan Emosi

Bermain merupakan ajang yang baik bagi anak untuk menyalurkan perasaan/emosinya dan ia belajar untuk mengendalikan diri dan keinginannya sekaligus sarana untuk relaksasi.
Pada beberapa jenis kegiatan bermain yang dapat menyalurkan ekspresi diri anak, dapat digunakan sebagai cara terapi bagi anak yang mengalami gangguan emosi.

5. Perkembangan kognitif

Melalui kegiatan bermain anak belajar berbagai konsep bentuk, warna, ukuran dan jumlah yang memungkinkan stimulasi bagi perkembangan intelektualnya. Anak juga dapat belajar untuk memiliki kemampuan ‘problem solving’ sehingga dapat mengenal dunia sekitarnya dan menguasai lingkungannya.

6. Perkembangan Fisik

Bermain memungkinkan anak untuk menggerakkan dan melatih seluruh otot tubuhnya, sehingga anak memiliki kecakapan motorik dan kepekaan penginderaan.

7. Perkembangan Kreativitas

Bermain dapat merangsang imajinasi anak dan memberikan kesempatan kepada anak untuk mencoba berbagai ideanya tanpa merasa takut karena dalam bermain anak mendapatkan kebebasan.

Artikel ini merupakan satu kesatuan dari bahasan yang sudah disajikan sebelumnya. Lihat indeks artikel tentang perkembangan bermain anak disini Bermain dan Permainan Untuk Anak Usia Dini (PAUD)