Bermain dan Permainan Untuk Anak Usia Dini (PAUD)



Bermain dan Permainan Untuk Anak Usia Dini (PAUD) –Kita semua gemar bermain, terutama saat kita masih kanak-kanak. Bermain adalah aktivitas khas yang menggembirakan, menyenangkan dan menimbulkan kenikmatan.

Bermain berbeda dengan aktivitas lain yang bersifat ‘serius’ seperti bekerja atau belajar. Bermain selalu membahagiakan dan tidak pernah menjadi ’beban’ Bila suatu aktivitas bermain sudah menjadi beban artinya aktivitas tersebut bukanlah lagi bermain.

Makna Bermain Bagi Anak Usia Dini

Bagi anak usia dini, bermain bukanlah merupakan kegiatan main-main. Bermain adalah kegiatan pokok dan penting untuk anak, karena bermain bagi anak mempunyai nilai yang sama dengan bekerja dan belajar bagi orang dewasa. Artinya bermain merupakan sarana untuk mengubah kekuatan potensial yang ada dalam diri anak menjadi pelbagai kemampuan dan kecakapan dalam kehidupan anak kelak.

Sebagaimana makan dan minum, bernapas dan tidur, kegiatan bermain sangat penting bagi kesehatan dan kesejahteraan anak. Melalui bermain, anak mendapatkan berbagai pengalaman untuk mengenal dunia sekitarnya.



Dengan stimulasi bermain pula anak dapat melaksanakan tugas-tugas perkembangannya, sehingga memberikan dasar yang kokoh dan kuat bagi pemecahan kesulitan hidupnya di kemudian hari.

bermain dan permainan untuk anak bermain dan permainan untuk anak usia dini teori bermain dan permainan anak usia dini teori bermain dan permainan anak artikel bermain dan permainan anak usia dini silabus bermain dan permainan anak usia dini buku bermain dan permainan anak artikel bermain dan permainan anak ppt bermain dan permainan anak usia dini bermain permainan anak usia dini bermain dan permainan anak usia dini bermain dan permainan anak tk bermain dan permainan pada anak usia dini makalah bermain dan permainan anak makalah bermain dan permainan anak usia dini pengertian bermain dan permainan anak materi bermain dan permainan anak

Untuk memahami Bermain dan Permainan Untuk Anak Usia Dini (PAUD), kami sediakan artikel yang menjadi bahasan pokok dalam ilmu ini yaitu sebagai berikut:

  1. Pengertian Bermain dan Permainan Anak Menurut Para Ahli
  2. Fungsi dan Manfaat Bermain Bagi Perkembangan Anak Usia Dini
  3. 6 Tahapan Perkembangan Bermain Anak Usia Dini (PAUD)
  4. 6 Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Bermain Anak
  5. 2 Tipe dan Jenis Kegiatan Bermain Anak Usia Dini
  6. 5 Syarat Bermain dan Permainan Edukatif Anak Usia Dini

Bermain dan Permainan Untuk Anak Usia Dini (PAUD)

Berkaitan dengan bahasan bermain dan permainan untuk anak usia dini, kami berhasil mengumpulkan artikel tentang bermain dan permainan anak usia dini yang dapat digunakan oleh Pendidik PAUD dan juga mahasiswa PAUD. Ikuti link tautan masing-masing bahasan berikut ini:

Anak-anak perlu menjelajahi lingkungannya melalui kegiatan bermain yang menyenangkan. Kegiatan bermain berlangsung dalam jenis tertentu dengan tingkat yang berbeda-beda. Anak adalah pemimpin alami bagi permainan mereka sendiri.

Millestone perkembangan anak dapat didukung melalui penataan lingkungan bermain yang baik. Menjadi tugas orang tua dan pendidik untuk menyajikan lingkungan bermain yang kondusif yang mampu membantu proses stimulasi bagi optimalisasi perkembangan anak usia dini.

Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain memiliki arti yang sangat penting bagi anak usia dini dalam kehidupannya. Oleh karena itu perlu kiranya dilakukan berbagai usaha untuk menyajikan kegiatan bermain yang kondusif bagi perkembangan anak.

Orangtua dan guru perlu memahami hakikat bermain dan permainan yang meliputi makna bermain, berbagai jenis permainan, syarat bermain yang baik, perkembangan bermain anak usia dini serta bagaimana merancang kegiatan bermain dan alat permainan yang edukatif (APE).

Disamping itu hendaknya orangtua dan pendidik dapat berperan sebagai pendamping atau ’teman’ bermain yang baik bagi anak, yaitu sebagai fasilitator dan motivator sehingga dapat mengarahkan kegiatan bermain yang edukatif.