Kerangka Besar Pembangunan PAUD Indonesia 2011 – 2025



Inilah Kerangka Besar Pembangunan PAUD Indonesia 2011 – 2025. Kesadaran dan komitmen pentingnya PAUD terus meningkat, baik secara internasional maupun nasional.

Salah satu pendorongnya adalah temuan hasil-hasil riset tentang manfaat PAUD, pengalaman empirik berbagai negara, serta semakin dirasakannya dampak PAUD terhadap peningkatan sumber daya manusia dan bidang kehidupan lain.

Negara yang telah mengecap efek positif PAUD misalnya Jepang, Amerika, Singapura, bahkan Negara raksasa seperti China. Jepang tercatat sebagai Negara yang paling sejahtera dan memiliki harapan hidup tertinggi di dunia (release PBB, 2010).

Amerika dapat mengantarkan warga dan negaranya menjadi bangsa yang kompetitif di dunia sebagai dampak dari penerapan program head-start bagi anak usia dini mulai awal tahun 60-an yang selanjutnya diikuti oleh program heart-start.



Singapura, tercatat sebagai Negara yang terbatas sumber daya alamnya, tetapi memiliki keunggulan yang luar biasa, karena memiliki fokus pembangunan SDM yang dipancangkan sejak usia dini.

Negara besar, yaitu China juga sangat menggiatkan pendidikan anak usia dini dan sekarang telah menjadi negara yang kemajuannya sangat diperhitungkan, bahkan disegani oleh negara adidaya lain.

Lalu Bagaimana Dengan Indonesia? Kita Simak Kerangka Makro Pembangunan PAUD Indonesia Tahun 2011 – 2025 berikut ini.

Di Indonesia pembangunan PAUD dalam skala besar telah dimulai sejak terbentuknya Direktorat PAUD (saat itu PADU) pada tahun 2001. Dampak positif terhadap kesiapan anak bersekolah sudah mulai nampak dan laju perkembangan APK PAUD meningkat secara signifikan.

Kerangka Besar Pembangunan PAUD Indonesia

Capaian kinerja hingga tahun 2011 menjadi landasan untuk membangun PAUD yang semakin terarah, terencana, sistematis, integratif dan lebih komprehensif. Pembangunan PAUD kedepan perlu didukung oleh kebijakan, strategi, dan langkah­-langkah operasional yang sistematis, terarah, jelas, dan terukur.

Kerangka besar ini secara khusus menyajikan kerangka pembangunan PAUD Indonesia periode 2011-2025, namun secara lebih luas menjangkau hingga tahun 2045; yaitu menyongsong kemerdekaan Indonesia yang ke 100 tahun.

kerangka besar pembangunan paud indonesia pembangunan paud di indonesia

PAUDISASI : Gerakan Nasional PAUD

Ilustrasi gambar di atas, menunjukkan bahwa pembangunan PAUD di Indonesia diharapkan menjadi fundamen SDM berkualitas (2015), melahirkan SDM handal (2025), mengantarkan SDM yang mampu bersaing secara global (2035), serta melahirkan SDM (insan) yang cerdas komprehensif (2045). Tentu dampak 2045, merupakan dampak paling diharapkan karena dapat merupakan hadiah 100 tahun Indonesia merdeka.

Kerangka besar ini diharapkan menjadi landasan dan arah pembangunan PAUD di Indonesia dan lebih khusus dapat menjadi acuan dalam, (1) meningkatkan ketersediaan layanan PAUD; (2) memperluas keterjangkauan layanan PAUD; (3) meningkatkan kualitas/ mutu dan relevansi layanan PAUD; (4) mewujudkan kesetaraan dalam memperoleh layanan PAUD; dan (5) menjamin kepastian memperoleh layanan PAUD.