Strategi Pembangunan PAUD Indonesia 2011 – 2025



Strategi Pembangunan PAUD Indonesia 2011 – 2025. Pembangunan PAUD secara umum di arahkan pada terciptanya Layanan PAUD Terpadu. Fokus utama program menuju pada dua hal utama, yakni pertama perluasaan akses dan pemerataan, serta kedua peningkatan mutu layanan.

Strategi Pengembangan PAUD di Indonesia

Strategi Pembangunan PAUD Indonesia 2011 – 2025

Strategi pembangunan PAUD secara umum ditempuh melalui berbagai langkah yang mengarah pada terciptanya Layanan PAUD Terpadu. Melalui strategi layanan dalam bentuk PAUD Terpadu ada beberapa keuntungan yang didapat, antara lain: (1) peningkatan efisiensi melalui pemanfaatan suberdaya secara terpadu; (2) mutu layanan lebih terjamin karena pengelola sudah berpengalaman (bukan baru).

Awal tahun 2011 diharapkan menjadi tonggak dalam masifikasi pembangunan PAUD di Indonesia. Langkah­langkah yang akan ditempuh melalui: 1) perluasan dan peningkatan mutu satuan PAUD, 2) peningkatan kuantitas dan kualitas PTK PAUD, 3) penguatan peran orang tua dan masyarakat, serta 4) pengutan dan pemberdayaan mitra (pemangku kepentingan, stakeholders).



Selain dana, hal terpenting dalam pengembangan paud adalah tata kelola administrasi yang ada pada sebuah lembaga. Diharapkan sebuah lembaga mempunyai sebuah sistem informasi paud yang akan membantu para tenaga kependidikan dalam menyusun dan membuat laporan kegiatan yang berhubungan dengan mengajar dan laporan pertanggungjawaban.

strategi pembangunan paud di indonesia Bentuk kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah, baik di pusat maupun daerah dapat dalam bentuk keputusan presiden, instruksi presiden, keputusan menteri, instruksi menteri hingga dalam bentuk yang bersifat teknis operasional dalam bentuk pembuatan (perumusan) standar, pedoman/acuan dan program implemntatif.

Dukungan Makro Pembangunan PAUD Indonesia ini didukung dengan berbagai program dan kegiaran juga penganggaran dana untuk merealisasikannya bisa dilihat pada gambar berikut ini :

Pengembangan pendidikan anak usia dini atau paud di Indonesia perlu mendapat perhatian lebih dari pemerintah dan stake holder terkait dalam kaitannya memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada masyarakat yang ingin membangun dan mengembangkan paud di desa atau daerah tinggalnya dengan cara memberikan bantuan dana rintisan.

Disamping hal tersebut, untuk menjamin transparansi dan akuntabilitas dana bantuan yang disalurkan agar tepat sasaran pemerintah harus mengeluarkan sebuah pedoman atau petunjuk teknis berkaitan program ini.

Pedoman yang dimaksud harus memuat ketentuan umum, pelaksanaan, penilaian dan tindak lanjut pengajuan dana rintisan program PAUD Termasuk bentuk usulan kegiatannya (proposal). Dengan Demikian, bagi masyarakat yang ingin mengajukan dana rintisan akan memiliki rambu-rambu pengajuan secara jelas.

Education for All atau pendidikan bagi semua adalah didalamnya mencakup pendidikan anak usia dini  yang menjadi perhatian para ahli dan juga masyarakat umum di seluruh dunia ini. Hal ini diperkuat dengan diselenggarakannya pertemuan tingkat dunia dalam “Forum Pendidikan Dunia” pada 2002 silam bertempat di Dakar Senegal.

Hasil pertemuan ini adalah dihasilkannya 6 komitmen sebagai kerangka aksi pendidikan untuk semua (The Dakar Framework for Action) yang disahkan dan diterima Forum Pendidikan Dunia (The World Education Forum) dengan dua belas strategi yang akan dilakukan untuk mendukung dan melaksanakan keenam komitmen tersebut.