Prinsip Prinsip Pelaksanaan Pengembangan Kognitif PAUD. Metode pengembangan kognitif anak usia dini meliputi: pemberian tugas, demonstrasi, tanya jawab, mengucapkan syair, percobaan, eksperimen bercakap-cakap, bercerita, dan praktik langsung.

Dalam menggunakan metode seperti tersebut di atas, guru dapat memilih salah satu atau gabungan dari beberapa metode yang sesuai dengan kemampuan, fasilitas kegiatan belajar mengajar yang disajikan, serta sesuai dengan bahan pengembangan dan kebutuhan, minat dan kemampuan serta lingkungan anak.

Pengembangan  kognitif  adalah  suatu  proses  berpikir  berupa  kemampuan untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan sesuatu. Dapat juga dimaknai sebagai kemampuan untuk memecahkan masalah atau untuk mencipta karya yang dihargai dalam suatu kebudayaan.

Prinsip Prinsip Pelaksanaan Pengembangan Kognitif PAUD

Prinsip Prinsip Pelaksanaan Pengembangan Kognitif PAUD

Agar pelaksanaan bidang pengembangan kognitif anak usia dini dapat mecapai kompetensi dasar (KD) dan kompetensi inti (KI) yang telah ditentukan, hendaknya mem-perhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. Memberikan kesempatan kepada anak untuk menghubungkan pengetahuan yang sudah diketahui dengan pengetahuan yang baru diperolehnya. Misalnya; mengenalkan konsep bilangan 1-10 dengan menghubungkan lambang bilangannya.
  2. Dalam memberikan kegiatan pengembangan kognitif, terutama untuk kegiatan persiapan pengenalan konsep bilangan, hendaknya guru-guru memperhatikan masa peka.
  3. Untuk mencapai kemampuan pengembangan kognitif tidak semua dilaksana- kan sekaligus dalam satu kegiatan, akan tetapi dapat dilakukan secara bertahap dengan keadaan dan tingkat perkembangan anak.
  4. alam memberikan kegiatan pengembangan kognitif hendaknya mengacu kepada kompetensi yang hendak dicapai dan sedapat mungkin dikaitkan dengan tema yang sedang dibahas.
  5. Pelaksanaan kegiatan pengembangan kognitif dapat menggunakan bermacam- macam metode yang sesuai dengan kompetensi yang hendak dicapai.
  6. Pelaksanaan  pengembangan  kognitif  didasarkan  terjawabnya  pertanyaan “apa” dan “mengapa” tentang segala sesuatu yang ada di sekitar anak. Jika anak sudah timbul pertanyaan seperti tesebut di atas, maka pada masa itu anak sudah mampu untuk menerima penjelasan.
  7. Memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sarana dan sumber belajar.
  8. Memberi kesempatan kepada anak untuk mengeksplorasi pengalaman yang didapat secara lisan atau dengan media kreatif (menciptakan bentuk dari kegiatan bentuk-bentuk geometri, membentuk dengan tanah liat)
  9. Kegiatan-kegiatan yang diberikan hendaknya merupakan pengetahuan yang objektif dan sesuai dengan kenyataan.
Artikel Prinsip Prinsip Pelaksanaan Pengembangan Kognitif PAUD merupakan bagian dari Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini.