Pengertian Kompetensi Inti (KI) Kurikulum 2013 PAUD



Pengertian Kompetensi Inti Kurikulum 2013 PAUD terbaru. Setelah kita mengetahui apa itu STTPA dalam struktur Kurikulum 2013, kita harus mengenal Kompentensi Inti (KI) PAUD.

Kompetensi Inti (KI) pada Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini adalah tingkat kemampuan untuk mencapai STPP yang harus dimiliki peserta didik PAUD pada usia 6 tahun.

Jadi Kompetensi Inti merupakan operasionalisasi dari STPP dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki anak dengan berbagai kegiatan pembelajaran melalui bermain yang dilakukan di satuan PAUD.

PAUD merupakan pendidikan yang paling fundamental karena perkembangan anak di masa selanjutnya sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini.



Pendidikan anak usia dini harus dipersiapkan secara terencana dan bersifat holistik agar dimasa emas perkembangan anak mendapatkan distimulasi yang utuh, sehingga mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam rangka pengembangan potensi tersebut adalah dengan program pendidikan yang terstruktur. Salah satu komponen untuk pendidikan yang terstruktur adalah kurikulum.

kompetensi inti kurikulum 2013 kompetensi inti kurikulum 2013 pdf kompetensi inti kurikulum 2013 PAUD pengertian kompetensi inti kurikulum 2013 kompetensi dasar dan kompetensi inti kurikulum 2013

Pengertian Kompetensi Inti Kurikulum 2013 PAUD

Kemampuan yang diharapkan dicapai anak setelah mengikuti proses pembelajaran yang dirancang melalui kurikulum disebut kompetensi. Kompetensi dalam kurikulum PAUD mengacu pada perkembangan anak.

Kompetensi Inti PAUD adalah merupakan gambaran pencapaian Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak pada akhir layanan PAUD di usia 6 (enam) tahun. Kompetensi Inti yang disingkat menjadi KI.

Kualitas tersebut berisi gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Jenis-Jenis Kompetensi Inti PAUD Kurikulum 2013

Secara terstruktur kompetensi inti dimaksud mencakup:

  1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
  2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
  3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
  4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.

Rumusan kualitas masing-masing kompetensi inti yang harus dimiliki peserta didik terurai atau dipetakan pada tabel di bawah ini (klik untuk memperbesar).

Menempatkan KI KD dikurikulum 2013 PAUD perbedaannya pada penempatan indikator tiap usia, di Kurikulum 2013 indikator bukan menjadi faktor utama, setelah kita menentukan TEMA kemudian sub tema, kita menentukan KI dan KD dari tema/sub tema yang telah kita tentukan. Setelah mendapatkan KI dan KD, baru kita menentukan materi apa yang kita sampaikan.

Materi yang kita tentukan maka dijabarkan dengan kegiatan yang tertuang dalam RPPH/RKH dengan merujuk kepada Indikator sesuai tahapan usia. Jadi Indikator dalam kurikulum 2013 bukan yang menjadi acuan utama dalam pembuatan kurikulum.