STPPA: Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 18-24 Bulan. Perkembangan anak usia 1,5 tahun hingga 2 tahun. Definisi Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak adalah pertumbuhan dan perkembangan anak yang dapat dicapai pada rentang usia tertentu.
Pengertian Pertumbuhan anak adalah pertambahan berat dan tinggi badan yang mencerminkan kondisi kesehatan dan gizi yang mengacu pada panduan pertumbuhan anak dan dipantau menggunakan instrumen yang dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan yang meliputi Kartu Menuju Sehat (KMS), Tabel BB/TB, dan alat ukur lingkar kepala.
Pengertian Perkembangan anak adalah integrasi dari perkembangan enam aspek nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, dan sosial-emosional, serta seni.
- Perkembangan Agama dan Moral Anak Usia 18-24 Bulan
- Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia 18-24 Bulan
- Perkembangan Kognitif Anak Usia 18-24 Bulan
- Perkembangan Bahasa Anak Usia 18-24 Bulan
- Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 18-24 Bulan
- Perkembangan Seni Anak Usia 18-24 Bulan
Perkembangan yang dimaksud merupakan perubahan perilaku yang berkesinambungan dan terintegrasi dari faktor genetik dan lingkungan serta meningkat secara individual baik kuantitatif maupun kualitatif.
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan anak (STPPA) adalah acuan untuk mengembangkan standar isi, proses, penilaian, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, serta pembiayaan dalam pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini.
REKOMENDASI: Standar perkembangan anak usia dini (PAUD) dibuat berdasar tahap usia dalam STPPA. Untuk pengelompokan usia dan tingkat perkembangan anak silahkan lihat melalui Pencapaian Perkembangan Anak Sesuai Kelompok Usia 0-6 Tahun
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 18-24 Bulan
Untuk membantu para Pendidik PAUD dan orang tua memahami tingkat pencapaian perkembangan anak pada usia 18-24 Bulan, berikut ini disajikan daftar standar tingkat pencapaian perkembangan anak (STPPA) untuk usia 18-24 Bulan.
I. Nilai Agama dan Moral
- Menirukan gerakan ibadah dan doa
- Mulai menunjukkan sikap-sikap baik (seperti yang diajarkan agama) terhadap orang yang sedang beribadah
- Mengucapkan salam dan kata-kata baik, seperti maaf, terima kasih pada situasi yang sesuai
II. Fisik Motorik
A. Motorik Kasar
- Berjalan sendiri tanpa jatuh
- Melompat di tempat
- Naik turun tangga atau tempat yang lebih tinggi dengan bantuan
- Berjalan mundur beberapa langkah
- Menarik dan mendorong benda yang ringan (kursi kecil)
- Melempar bola ke depan tanpa kehilangan keseimbangan
- Menendang bola ke arah depan
- Berdiri dengan satu kaki selama satu atau dua detik
- Berjongkok
B. Motorik Halus
- Membuat garis vertikal atau horisontal
- Membalik halaman buku walaupun belum sempurna
- Menyobek kertas
C. Kesehatan dan Perilaku Keselamatan
- Berat badan sesuai standar usia
- Tinggi badan sesuai standar usia
- Berat badan sesuai dengan standar tinggi badan
- Lingkar kepala sesuai standar pada usia
- Mencuci tangan sendiri
- Makan dengan sendok walau belum rapi
- Menggosok gigi dengan bantuan
- Memegang tangan orang dewasa ketika di tempat umum
- Mengenal beberapa penanda rasa sakit (misal: menunjukkan rasa sakit pada bagian badan tertentu)
III. Kognitif
A. Belajar dan Pemecahan Masalah
- Mempergunakan alat permainan dengan cara memainkannya tidak beraturan, seperti balok dipukul-pukul
- Memahami gambar wajah orang
- Memahami milik diri sendiri dan orang lain seperti: milik saya, milik kamu
- Menyebutkan berbagai nama makanan dan rasanya (misal,garam-asin, gula-manis)
B. Berpikir Logis
- Menyusun balok dari besar ke kecil atau sebaliknya
- Mengetahui akibat dari suatu perlakuannya (misal: menarik taplak meja akan menjatuhkan barang-barang di atasnya)
- Merangkai puzzle
C. Berpikir Simbolik
- Menyebutkan angka satu sampai lima dengan menggunakan jari
IV. Bahasa
A. Memahami Bahasa
- Menaruh perhatian pada gambar-gambar dalam buku
- Memahami kata-kata sederhana dari ucapan yang didengar
B. Mengungkapkan Bahasa
- Menjawab pertanyaan dengan kalimat pendek
- Menyanyikan lagu sederhana
- Menyatakan keinginan dengan kalimat pendek
V. Sosial Emosional
- Mengekspresikan berbagai reaksi emosi (senang, marah, takut, kecewa)
- Menunjukkan reaksi menerima atau menolak kehadiran orang lain
- Bermain bersama teman dengan mainan yang sama
- Meniru perilaku orang dewasa yang pernah dilihatnya
- Makan dan minum sendir.
VI. Seni
A. Mampu membedakan antara bunyi dan suara
- Anak mengenali musik dari program audio visual yang disukai (radio, TV, komputer, laptop)
- Mendengar sesuatu dalam waktu yang lama
- Secara berulang bermain dengan alat permainan yang mengeluarkan suara
- Anak tertawa saat mendengar humor yang lucu
B. Tertarik dengan musik, lagu, atau nada bicara tertentu
- Bertepuk tangan dan bergerak mengikuti irama dan birama
- Bergumam lagu dengan 4 bait (misalnya, lagu balonku, bintang kecil, burung kakak tua)
- Meniru suara binatang
- Menunjukkan suatu reaksi kalau dilarang atau diperintah
C. Tertarik dengan karya seni dan mencoba membuat suatu gerakan yang menimbulkan bunyi
- Menggambar dari beberapa garis
- Membentuk suatu karya sederhana (berbentuk bulat atau lonjong) dari plastisin
- Menyusun 4-6 balok membentuk suatu model
- Bertepuk tangan dengan pola sederhana
Download Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 18-24 Bulan
Ayah bunda dapat memanfaatkan standar tingkat pencapaian perkembangan anak kelompok usia 18-24 Bulan dengan download melalui link tautan berikut ini sesuai kebutuhan.
Untuk capaian perkembangan anak usia dini usia lainnya secara lengkap lihat disini.