STPPA: Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 12-18 Bulan. Perkembangan bayi usia 12-18 bulan. Definisi Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak adalah pertumbuhan dan perkembangan anak yang dapat dicapai pada rentang usia tertentu.
Pengertian Pertumbuhan anak adalah pertambahan berat dan tinggi badan yang mencerminkan kondisi kesehatan dan gizi yang mengacu pada panduan pertumbuhan anak dan dipantau menggunakan instrumen yang dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan yang meliputi Kartu Menuju Sehat (KMS), Tabel BB/TB, dan alat ukur lingkar kepala.
Pengertian Perkembangan anak adalah integrasi dari perkembangan enam aspek nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, dan sosial-emosional, serta seni.
- Perkembangan Agama dan Moral Anak Usia 12-18 Bulan
- Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia 12-18 Bulan
- Perkembangan Kognitif Anak Usia 12-18 Bulan
- Perkembangan Bahasa Anak Usia 12-18 Bulan
- Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 12-18 Bulan
- Perkembangan Seni Anak Usia 12-18 Bulan
Perkembangan yang dimaksud merupakan perubahan perilaku yang berkesinambungan dan terintegrasi dari faktor genetik dan lingkungan serta meningkat secara individual baik kuantitatif maupun kualitatif.
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan anak (STPPA) adalah acuan untuk mengembangkan standar isi, proses, penilaian, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, serta pembiayaan dalam pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini.
REKOMENDASI: Standar perkembangan anak usia dini (PAUD) dibuat berdasar tahap usia dalam STPPA. Untuk pengelompokan usia dan tingkat perkembangan anak silahkan lihat melalui Pencapaian Perkembangan Anak Sesuai Kelompok Usia 0-6 Tahun
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 12-18 Bulan
Untuk membantu para Pendidik PAUD dan orang tua memahami tingkat pencapaian perkembangan anak pada usia 12-18 Bulan, berikut ini disajikan daftar standar tingkat pencapaian perkembangan anak (STPPA) untuk usia 12-18 Bulan.
I. Nilai Agama dan Moral
- Tertarik pada kegiatan ibadah (meniru gerakan ibadah, meniru bacaan do’a)
II. Fisik Motorik
A. Motorik Kasar
- Berjalan beberapa langkah tanpa bantuan
- Naik turun tangga atau tempat yang lebih tinggi dengan merangkak
- Dapat bangkit dari posisi duduk
- Melakukan gerak menendang bola
- Berguling ke segala arah
- Berjalan beberapa langkah tanpa bantuan
B. Motorik Halus
- Membuat coretan bebas
- Menumpuk tiga kubus ke atas
- Memegang gelas dengan dua tangan
- Memasukkan benda-benda ke dalam wadah
- Menumpahkan benda-benda dari wadah
C. Kesehatan dan Perilaku Keselamatan
- Berat badan sesuai standar usia
- Tinggi badan sesuai standar usia
- Berat badan sesuai dengan standar tinggi badan
- Lingkar kepala sesuai standar pada usia
- Mencuci tangan dengan bantuan
- Merespon larangan orangtua namun masih memerlukan pengawasan dan bantuan
III. Kognitif
A. Belajar dan Pemecahan Masalah
- Menyebut beberapa nama benda, jenis makanan
- Menanyakan nama benda yang belum dikenal
- Mengenal beberapa warna dasar (merah, biru, kuning, hijau)
- Menyebut nama sendiri dan orang- orang yang dikenal
B. Berpikir Logis
- Membedakan ukuran benda (besar- kecil)
- Membedakan penampilan yang rapi atau tidak
- Merangkai puzzle sederhana
C. Berpikir Simbolik
- Menyebutkan bilangan tanpa menggunakan jari dari 1 -10 tetapi masih suka ada yang terlewat
IV. Bahasa
A. Memahami Bahasa
- Menunjuk bagian tubuh yang ditanyakan
- Memahami tema cerita yang didengar
B. Mengungkapkan Bahasa
- Merespons pertanyaan dengan jawaban “Ya atau Tidak”
- Mengucapkan kalimat yang terdiri dari dua kata
V. Sosial Emosional
- Menunjukkan reaksi marah apabila merasa terganggu, seperti permainannya diambil
- Menunjukkan reaksi yang berbeda terhadap orang yang baru dikenal
- Bermain bersama teman tetapi sibuk dengan mainannya sendiri
- Memperhatikan/mengamati teman-temannya yang beraktivitas
VI. Seni
A. Mampu membedakan antara bunyi dan suara
- Bisa menyanyikan lagu hanya kata terakhir (misalnya, “burung kakak …..” anak hanya menyebutkan kata “tua”)
- Merespon berbagai macam suara orang terdekat, musik, atau lagu dengan menggoyangkan badan
- Mengetahui suara binatang
- Paham adanya perbedaan suara/bahasa orang di sekitarnya (terutama ibu dan orang terdekatnya)
B. Tertarik dengan musik, lagu, atau nada bicara tertentu
- Menirukan bunyi, suara, atau musik dengan irama yang teratur
C. Tertarik dengan karya seni dan mencoba membuat suatu gerakan yang menimbulkan bunyi
- Mencoret – coret
- Mengusap dengan tangan pada kertas/kain dengan menggunakan berbagai media (misal, media bubur aci berwarna, cat air)
Download Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 12-18 Bulan
Download STPPA PAUD 12-18 Bulan, KLIK DISINI
Ayah bunda dapat memanfaatkan standar tingkat pencapaian perkembangan anak kelompok usia 12-18 Bulan dengan download melalui link tautan di atas sesuai kebutuhan. Capaian perkembangan usia lainnya secara lengkap dapat dilihat disini.