Apa perbedaan modul ajar, modul projek, dan bahan ajar dalam kurikulum merdeka PAUD? Bagi yang masih bingung dengan beda modul ajar dan modul projek artikel ini akan menjawabnya yang akan dilengkapi contohnya masing-masing. Modul ajar merupakan materi pelajaran yang digunakan untuk proses pengajaran dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Modul ajar terdiri dari materi pelajaran yang disusun sesuai dengan tujuan pembelajaran dan berisi kurikulum yang sesuai dengan jenjang pendidikan.



Pengertian Modul Ajar PAUD

Modul ajar PAUD adalah salah satu perangkat ajar, berupa dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Modul ajar serupa dengan RPP atau lesson plan yang memuat rencana pembelajaran di kelas. Namun, pada modul ajar terdapat komponen yang lebih lengkap dibanding RPP sehingga disebut RPP Plus.

Modul ajar ini dapat berisi berbagai materi dan metode pembelajaran, termasuk prosedur tata laksana, kurikulum, instrumen evaluasi dan tugas, serta cara mengajar. Modul ini dibuat untuk membantu guru, orang tua dan staf PAUD lainnya dalam menyediakan lingkungan pembelajaran yang kondusif untuk anak-anak. Modul ini juga dapat membantu para pengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Tujuan Pengembangan Modul Ajar

Tujuan pengembangan modul ajar:

  • Mengembangkan perangkat ajar yang memandu pendidik melaksanakan pembelajaran;
  • Mempermudah, memperlancar, dan meningkatkan kualitas pembelajaran;
  • Menjadi rujukan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran;
  • Menjadi kerangka kerja yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran sesuai capaian pembelajaran.
Baca Juga:  Modul Ajar Berdiferensiasi PAUD Kurikulum Merdeka

Contoh Modul Ajar PAUD

Ayah bunda dapat melihat koleksi modul ajar lengkap semua jenjang mulai usia 2 tahun sampai dengan 6 tahun melalui website PAUD Jateng.

Pengertian Modul Projek

Modul Ajar Projek dalam pendidikan jenjang PAUD atau biasa disebut sebagai modul P5 PAUD adalah sebuah kumpulan materi, informasi, dan instruksi yang berfokus pada pengembangan proyek di jalur pendidikan anak usia dini berdasarkan Profil Pelajar Pancasila (dimensi, elemen, dan sub-elemen).



Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di PAUD adalah kegiatan PAUD yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan anak-anak dalam menghayati nilai-nilai Pancasila. Proyek ini juga bertujuan untuk membantu anak-anak mengembangkan pemahaman tentang Pancasila sebagai dasar nilai-nilai yang harus dihayati dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Proyek ini dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti diskusi, simulasi, permainan, dan banyak lagi tidak harus menghasilkan karya/ memamerkan karya (Kamivokasi, 2023) :

Pelaksanaan Modul Projek P5 PAUD

Modul P5 ini menyertakan bahan-bahan yang sesuai dengan standar kurikulum dan kompetensi yang relevan yang dapat digunakan untuk membantu guru melakukan perencanaan, pendidikan, dan pelaksanaan proyek di jalur pendidikan anak usia dini. Modul P5 ini juga menyertakan contoh proyek yang dapat diimplementasikan di sekolah dan ruang kelas, serta berbagai aktivitas yang bisa digunakan untuk membantu anak-anak mengembangkan dan meningkatkan keterampilan mereka sosial, kognitif, dan fisik.

Contoh Modul Projek PAUD

Modul projek ini minimal dibuat satu kali dalam satu semester, misalnya ketika event Ramadhan tiba maka dibuatlah modul projek bertema “Ramadhan di Sekolahku

Pengertian Bahan Ajar

Bahan ajar PAUD adalah perangkat ajar berupa materi pembelajaran untuk membahas satu pokok bahasan, dapat berupa cetak (buku, artikel, komik, info grafis) maupun non cetak (audio dan video). Bahan ajar dirancang untuk menjadi alat bantu dalam pembelajaran terkait topik atau materi tertentu berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Bahan ajar dapat berupa mainan, media visual, lukisan, dan alat bantu lainnya.

Baca Juga:  RPPH Modul Ajar TK A Semester 2 Kurikulum Merdeka

Bahan ajar dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan anak usia dini, seperti membaca, menulis, matematika, dan lain-lain. Bahan ajar juga dapat digunakan untuk membantu anak dalam belajar tentang lingkungan sekitar mereka, mengembangkan keterampilan sosial, dan untuk meningkatkan kemampuan berpikir.

Jenis-Jenis Bahan Ajar

Dalam sekolah PAUD semua apa pun yang ada di dekat kita bisa menjadi bahan ajar. Adapun jenis-jenis bahan ajar dikelompokkan menjadi:

  1. Referensi materi: Perangkat yang dirancang untuk membantu dalam penjelasan materi atau topik secara spesifik.
  2. Latihan/asesmen: Perangkat yang dirancang untuk membantu asesmen siswa, baik asesmen diagnostik, formatif, maupun sumatif.
  3. Instrumen Refleksi: Alat bantu untuk refleksi guru dan siswa setelah pembelajaran.

Contoh Bahan Ajar

Bahan ajar dapat berupa berupa cetak (artikel, komik, infografis) maupun noncetak (audio dan video). Contoh yang dilampirkan pada artikel ini adalah Buku Murid, Buku Guru, atau Video. Silakan pelajari lebih lanjut tentang Media dan Sumber Belajar PAUD (Bahan Ajar).

Perbedaan Modul Ajar, Modul Projek, Bahan Ajar

Tabel Perbandingan

Perbandingan secara sederhana dan to the point tentang perbedaan modul ajar, modul projek, dan bahan ajar dalam kurikulum merdeka dapat dilihat melalui tabel berikut ini:

MODUL AJARMODUL PROJEKBAHAN AJAR
DEFINISIDokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)Dokumen yang berisi tujuan, langkah, media pembelajaran dan asesmen yang dibutuhkan untuk melaksanakan suatu projek penguatan Profil Pelajar Pancasila.Materi pembelajaran untuk membahas satu pokok bahasan, dapat berupa cetak (artikel, komik, infografis) maupun noncetak (audio dan video).

Bahan Ajar juga dapat dikatakan sebagai material pendukung dari Modul Ajar yang didasarkan pada capaian dan tujuan pembelajaran spesifik.
TUJUANMendukung pencapaian kompetensi dalam Capaian Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila pada setiap tahap perkembangan pada suatu mata pelajaran.Menguatkan karakter Profil Pelajar Pancasila melalui tema-tema strategis bersifat lintas disiplin, yang ditentukan oleh Kemendikbudristek.Membantu pemahaman yang lebih komprehensif untuk suatu topik bahasan pada suatu mata pelajaran.
ACUANCapaian Pembelajaran pada fase yang sesuai, yang dijabarkan dalam Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).Profil Pelajar Pancasila (dimensi, elemen, dan sub-elemen).Tujuan Pembelajaran.
PENGAMPUWali kelas dan pendidik mata pelajaran.Tim fasilitator projek.Wali kelas dan pendidik mata pelajaran.
Baca Juga:  Modul Ajar P5 PAUD TK/KB Ramadhan di Sekolahku

Dari tabel perbedaan modul ajar, modul projek, dan bahan ajar dalam kurikulum merdeka PAUD di atas sudah jelas bahwa masing-masing memiliki tujuan dan juga acuan atau rujukan yang dipakai dalam pembelajaran anak usia dini.