Modul Ajar P5 PAUD topik Ramadhan di Sekolahku adalah pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) untuk TK/KB dimana tema ini diselenggarakan pada saat event puasa Ramadhan. Sedang puasa berkegiatan apa tidak capek? Yang ringan-ringan saja namun tetap mengena dengan empat prinsip menyelenggarakan P5 yaitu holistik, kontekstual, berpusat pada anak, dan eksploratif. Seperti apa contoh modul P5 PAUD topik Ramadhan ini? Yuk kita lihat sampai akhir tulisan ya.



Pembelajaran P5 PAUD

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah salah satu jenis pendidikan yang membantu mengembangkan perkembangan fisik, mental, sosial, dan intelektual anak. Di PAUD, anak-anak juga diajarkan untuk menguasai nilai-nilai Pancasila. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di PAUD merupakan proyek yang bertujuan untuk membantu anak usia dini mengenal, memahami, dan menghayati nilai-nilai Pancasila.

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di PAUD adalah kegiatan PAUD yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan anak-anak dalam menghayati nilai-nilai Pancasila. Proyek ini juga bertujuan untuk membantu anak-anak mengembangkan pemahaman tentang Pancasila sebagai dasar nilai-nilai yang harus dihayati dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Proyek ini dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti diskusi, simulasi, permainan, dan banyak lagi tidak harus menghasilkan karya/ memamerkan karya (Kamivokasi, 2023) :

Pelaksanaan P5 PAUD

Dalam proyek ini, para pelajar diajarkan nilai-nilai Pancasila melalui berbagai aktivitas yang dirancang khusus untuk membantu mereka mengenal, memahami, dan menghayati nilai-nilai tersebut. Para pelajar juga diajarkan bagaimana mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Proyek ini juga dapat membantu para pelajar mengembangkan keterampilan sosial, keterampilan berpikir, dan keterampilan komunikasi yang diperlukan untuk mengembangkan profil pelajar Pancasila.

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di PAUD menawarkan kesempatan yang baik bagi para pelajar untuk mengenal, memahami, dan menghayati nilai-nilai Pancasila. Proyek ini juga memungkinkan para pelajar untuk mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk mengapresiasi nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Proyek ini merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan pengertian para pelajar tentang Pancasila sebagai dasar nilai-nilai yang harus dihayati dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Modul Ajar P5 PAUD Ramadhan di Sekolahku

Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Tema : Aku Cinta Indonesia
Durasi Pengerjaan Projek : 5 hari (versi 5 hari sekolah)



Catatan: Durasi pengerjaan projek sudah termasuk tahap permulaan dan penutupan dan bersifat fleksibel. Untuk durasi waktu dan rancangan kegiatan per hari dapat disesuaikan oleh masing-masing guru serta disesuaikan dengan kebutuhan anak.

Baca Juga:  Buku Panduan P5: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Pengantar

Puasa Ramadhan adalah salah satu dari lima rukun Islam yang harus dilaksanakan oleh setiap orang muslim. Puasa Ramadhan juga merupakan peluang yang baik untuk mengajarkan pada anak-anak usia dini mengenai nilai-nilai moral dan spiritual yang terkait dengan ibadah ini. Melalui puasa Ramadhan, anak-anak dapat belajar tentang kesabaran, keikhlasan, dan kemampuan untuk menahan diri dari segala godaan.

Melalui proses ini, mereka juga dapat memahami bagaimana menghargai orang lain dan berbagi dengan yang kurang beruntung. Selain itu, puasa Ramadhan juga mengajarkan kepada anak-anak mengenai nilai hidup yang bertanggung jawab, tanggung jawab sosial, dan keharmonisan dengan alam. Dengan begitu, anak-anak dapat belajar tentang nilai-nilai dasar yang akan membantu mereka menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab di masa depan.

Relevansi Projek Bagi Satuan Pendidikan

Pendidikan anak usia dini merupakan usaha untuk menyediakan dasar-dasar yang baik bagi anak-anak untuk membangun keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk masa depan. Dalam hal ini, Ramadhan Puasa Pertamaku (RPP) merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat untuk anak-anak usia dini. RPP adalah sebuah program yang mengajak anak-anak untuk berpuasa selama 7 hari (dalam masa melatih anak), mulai dari hari pertama Ramadhan.

Kegiatan ini memungkinkan anak-anak untuk belajar tentang makna puasa dan membantu mereka meningkatkan disiplin dan tanggung jawab. Selain itu, RPP juga dapat membantu anak-anak untuk mengembangkan kemampuan sosial dan emosional mereka. Dengan melibatkan anak-anak dalam kegiatan ini, para orang tua dan pendidik anak usia dini dapat membantu anak-anak untuk membangun rasa percaya diri, kemandirian, dan kesadaran spiritual.

Tahap Permulaan

Sebelum memulai kegiatan projek, guru sebaiknya mulai memantik gagasan atau ide anak dengan berbagai cara. Dalam melaksanakan tahapan ini, guru dapat menghayati prosesnya dengan tidak terburu-buru masuk pada kegiatan inti. Guru dapat menjalankan tahap permulaan selama 1-2 hari atau disesuaikan dengan kondisi anak-anak. Beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain :

  1. Guru dapat menjelaskan kepada anak tentang hukum puasa Ramadhan dan alasan mengapa puasa Ramadhan adalah puasa yang wajib dan harus dikerjakan bagi semua umat Islam di dunia.
  2. Menjelaskan tentang manfaat puasa. Guru dapat menjelaskan manfaat dari puasa Ramadhan untuk Kesehatan dan memberitahu anak jika selama dalam bulan Ramadhan anak-anak tidak boleh membawa bekal, karena sedang melaksanakan ibadah puasa. Karena puasa ini adalah untuk melatih anak-anak agar terbiasa melaksanakan ibadah puasa, guru dapat menjelaskan jika puasa dimulai dari subuh sampai maghrib, dan anak-anak kalau belum kuat sampai maghrib boleh buka puasa sepulang sekolah.
  3. Menjelaskan tentang keutamaan sahur. Guru dapat menjelaskan kepada anak-anak tentang keutamaan sahur sebelum melaksanakan ibadah puasa, sehingga anak-anak mengetahui manfaat dari melaksanakan sahur.
  4. Hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Guru menjelaskan juga tentang hal-hal yang dapat membatalkan ibadah puasa, sehingga anak-anak akan memahami makna sebenarnya dari puasa
  5. Pentingnya menahan nafsu. Menjelaskan kepada anak tentang pentingnya menahan hawa nafsu juga sangat penting. Hal ini dapat menumbuhkan pengendalian diri pada anak dan kesabaran. Sehingga anak akan berusaha untuk tidak makan dan minum selama berpuasa, tidak marah-marah, tidak menjaili temannya dan sebagainya
  6. Mengajarkan kepada anak tentang sedekah. Guru dapat mengajarkan anak untuk bersedekah kepada orang-orang yang lebih membutuhkan dan mengajarkan kepada anak untuk selalu bersyukur atas segala nikmat, rezeki yang Allah berikan karena masih banyak orang-orang yang kurang dari cukup dari kita.
  7. Mengenalkan sholat tarawih. Guru dapat menjelaskan kepada anak, jika di dalam bulan Ramadhan kita dianjurkan untuk melaksanakan sholat tarawih. Kegiatan ini juga bisa diikuti dengan melaksanakan simulasi sholat tarawih bersama sehingga anak-anak pembelajaran akan lebih bermakna dan anak akan lebih mengerti. Guru juga bisa menjelaskan tentang perbedaan sholat tarawih dengan sholat wajib yang setiap hari di lakukan.
Baca Juga:  Peran Pemangku Kepentingan di Pembelajaran Projek P5 PAUD

Peta Konsep

Peta Konsep: Modul Ajar P5 Ramadhan di Sekolahku
Peta Konsep: Modul Ajar P5 Ramadhan di Sekolahku

Tujuan Projek

  1. Mengajarkan anak untuk selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Anak dapat mengenal dan mencintai Tuhan Yang Maha Esa serta mampu melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya
  3. Anak dapat mengembangkan kemampuan public speaking melalui kegiatan sederhana
  4. Anak dapat mengembangkan sikap toleransi anak, sehingga lebih mengerti tentang perbedaan budaya dan meningkatkan rasa toleransi terhadap orang lain.
  5. Anak dapat menumbuhkan rasa peduli dan empati kepada sesama makhluk Tuhan
  6. Menanamkan pada diri anak agar mau berbagi dengan sesama
  7. Anak dapat mengembangkan kreativitas anak dengan memanfaatkan limbah daur ulang untuk membuat celengan sedekah
  8. Menjadikan anak lebih disiplin, mandiri dan bertanggung jawab

Kegiatan 1

Simulasi solat dan kultum

Alat dan Bahan : Perlengkapan sholat (mukena, sajadah, sarung, peci), buku mengaji anak.

Kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengejarkan anak tentang sholat berjamaah, mengaji dan kultum (kuliah tujuh menit) diantaranya adalah :

  1. Anak latihan berpuasa (tidak ada jam istirahat makan / snack).
  2. Simulasi sholat tarawih bersama-sama.
  3. Belajar mengaji.
  4. Anak belajar memberikan kultum (kuliah/ orasi maksimal tujuh menit) dengan menggunakan bahasanya sendiri.

Kegiatan 2

Berbagi Takjil Ramadhan

Alat dan Bahan : Takjil, perlengkapan memasak membuat takjil Ramadhan

Pilihan kegiatan:

  • Membuat puding
  • Membuat sop buah

Kegiatan 3

Berbagi ke panti asuhan

Alat dan Bahan : Barang-barang yang dapat di pakai dan dibutuhkan oleh anak-anak panti asuhan atau donasi uang atau bahan makanan pokok dan sebagainya

Pilihan Kegiatan:

Sebelum kegiatan inti dimulai guru dapat memberikan pertanyaan pemantik kepada anak-anak yang berkaitan dengan kegiatan sebelumnya atau kegiatan yang akan dilakukan diantaranya : (1) Apakah di sini ada yang tahu apa yang akan kita lakukan hari ini ? (2) Apa yang akan kita lakukan di panti asuhan? (3) Apakah kalian senang?

Baca Juga:  4 Prinsip P5 PAUD - Prinsip Pembelajaran Projek Pancasila

Setelah sesi tanya jawab selesai guru dapat melanjutkan kegiatan selanjutnya, tentang berkunjung ke panti asuhan untuk berbagi diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Saling mendengar cerita tentang kegiatan apa yang dilakukan oleh anak-anak di panti asuhan
  2. Membuat gambar yang menggambarkan kebahagiaan bersama. Setelah pulang dari panti asuhan, guru dapat meminta anak menggambarkan kegiatan apa saja yang dilakukan di panti bersama anak-anak panti asuhan
  3. Membawa mainan dan makanan yang akan dibagi kepada anak-anak panti asuhan.
  4. Mengajak anak-anak panti asuhan untuk bermain bersama.

Klik Disini Download Modul Ajar P5 PAUD Topik Ramadhan di Sekolahku

Kegiatan 4

Membaut Karya Seni

Alat dan Bahan : kaleng, tutup botol atau kardus bekas, cat warna, gunting, pisau kecil, plastik parcel, kue/jajan parcel, plester dan lainnya

Pilihan Kegiatan:

  • Membuat celengan sedekah
  • Membuat Parsel Untuk Teman

Kegiatan 5

Zakat Fitrah

Alat dan Bahan: Beras zakat fitrah

Untuk kegiatan dengan sub topik mengumpulkan dan membagikan beras zakat, guru dan anak-anak dapat membagikan beras zakat yang sudah terkumpul kepada warga yang membutuhkan bersama anak-anak dari rumah ke rumah secara langsung, kegiatan dapat dilakukan di H-3 hingga H-2 sebelum lebaran atau disesuaikan dengan Lembaga masing-masing.

Pilihan kegiatan :

  • Menakar beras zakat fitrah menggunakan gelas
  • Setelah kegiatan selesai guru dapat memberikan pertanyaan refleksi pada anak-anak. Contoh pertanyaan refleksinya adalah sebagai berikut: Apakah kalian tahu apa itu zakat fitrah ? Apa saja yang bisa digunakan untuk zakat fitrah?

Rencana Asesmen

Pada kegiatan berikut, instrumen asesmen yang dapat digunakan adalah Checklist atau Foto Berseri. Selain itu, guru juga dapat membuat catatan mengenai hal-hal yang terjadi di luar dari perencanaan yang dilakukan sebagai bahan evaluasi dan gagasan kegiatan baru sesuai dengan kebutuhan anak.

Tahap Penyimpulan

Tahap penyimpulan dilakukan untuk merefleksikan pembelajaran yang dilakukan serta mengevaluasi kegiatan projek. Ajaklah anak-anak untuk berbagi pendapat dan kumpulkan informasi sebagai bentuk evaluasi untuk perbaikan ke depannya hingga gagasan mengenai tema/topik projek selanjutnya. Beberapa pertanyaan yang dapat digunakan adalah sebagai berikut: (1) Selama menjalankan kegiatan, hal apa yang paling disukai oleh kalian? Hal apa saja yang tidak kalian disukai? (2) Kegiatan belajar apa yang paling kalian ingat? Mengapa?