P5 PAUD Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah pembelajaran anak usia dini yang bertujuan untuk menguatkan kompetensi dan karakter dalam profil pelajar Pancasila. Seperti yang sudah diketahui bersama, profil pelajar Pancasila hadir untuk menuangkan visi pemerintah terhadap hasil pendidikan, yuk pelajari apa itu penguatan profil pelajar Pancasila dan implementasinya di PAUD!



Tujuan Profil Pelajar Pancasila

Profil Pelajar Pancasila menunjukkan karakter dan kompetensi yang diharapkan dimiliki murid sepanjang dan setelah selesai pembelajarannya di satuan pendidikan. Selain itu juga untuk mewujudkan nilai Pancasila yang bukan hanya sekedar pengetahuan di dalam proses pembelajaran, namun bagaimana mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi bermakna.

Untuk menguatkan profil pelajar Pancasila dibutuhkan dukungan dari seluruh pelaku pendidikan. Profil pelajar Pancasila adalah tujuan profil yang ingin dicapai oleh pelajar Indonesia. Profil ini mempunyai 6 dimensi sebagai berikut (Panduan P5, 2022) :

Dimensi P5 PAUD

4 Tema Besar Profil Pelajar Pancasila

Dalam implementasinya, pencapaian ke-enam dimensi ini dapat dilakukan kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler (jika ada) dan Project penguatan profil pelajar Pancasila termasuk berbagai program dan kegiatan lainnya yang dilaksanakan satuan PAUD.

Project penguatan profil pelajar Pancasila merupakan pembelajaran yang bertujuan untuk menguatkan kompetensi dan karakter dalam profil pelajar Pancasila, dimana pembelajaran akan berfokus untuk mengamati mengeksplorasi pengembangan diri dan menemukan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar melalui lintas disiplin ilmu. Dengan kata lain Project penguatan profil pada Pancasila dapat diibaratkan sebagai jalan bebas hambatan untuk mencapai profil pelajar Pancasila.

Dalam pelaksanaannya, guru dapat langsung menentukan dimensi, elemen, maupun elemen sebagai tujuan Projek, sehingga melalui proyek penguatan profil pelajar Pancasila ini diharapkan dapat memberikan pengalaman nyata kepada siswa sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk mengalami pengetahuan langsung dari lingkungannya.



Baca Juga:  4 Prinsip P5 PAUD - Prinsip Pembelajaran Projek Pancasila

Apa saja ya tema yang dapat diterapkan? Apa saja isu yang dapat diangkat dalam Project? di tingkat PAUD ada empat karena projek yang sudah ditetapkan oleh Kemendikbud ristek berdasarkan isu prioritas dalam peta jalan pendidikan nasional dan dokumen lain yang relevan. Tema-tema yang dapat dipilih oleh satuan PAUD antara lain :

tema besar kurikulum merdeka

Melalui keempat tema tersebut diharapkan siswa menjadi terbiasa dan peka dengan isu-isu yang tengah terjadi di lingkungannya. Selain itu ke-4 tema tersebut berkelanjutan dengan tema-tema the tingkat pendidikan dasar dan menengah.

Memilih Tema P5 PAUD

Dalam rancang pembelajaran kegiatan proyek penguatan profil pelajar Pancasila, ayah bunda dapat memilih tema yang kemudian dapat dieksplorasi lebih dalam, caranya dengan menentukan topik atau bahasan yang lebih spesifik sesuai dengan keadaan kontekstual satuan PAUD ayah bunda.

Dengan demikian siswa dapat mempelajari sekaligus melakukan aksi nyata secara langsung dalam memecahkan isu-isu tersebut, misalnya satuan PAUD Bapak atau Ibu bersebelahan dengan tempat pembuangan sampah dan seringkali tercium bau tidak sedap yang mengganggu serta banyak lalat maka bapak dan ibu dapat mengangkat tema “Aku sayang bumi” dengan topik “bau sampah” atau “Lalat dan Sampah”.

Selain itu ayah bunda dapat pula mengembangkan topik atau bahasan dengan konteks perayaan hari-hari besar perayaan / tradisi budaya lokal dan momen-momen tertentu yang menjadi ciri khas pada budaya daerah masing-masing. Misalnya ketika merayakan hari kemerdekaan RI, guru dapat mengembangkan tema “Aku cinta Indonesia” dengan topik dan bahasan Project “Makna kemerdekaan di keluargaku”.

Penerapan P5 PAUD

Bagi ayah bunda yang masih ragu mengenai bagaimana pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila di sektor pendidikan, berikut penjelasannya :

Baca Juga:  Pembelajaran Intrakurikuler dan P5 PAUD Kurikulum Merdeka

Pertama, perlu diingat bahwa kegiatan project ini bukan merupakan bagian dari intrakurikuler maupun ekstrakurikuler, ya kegiatan proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) ini merupakan kegiatan Project yang dikhususkan untuk menguatkan dimensi-dimensi dalam profil pada Pancasila. inti dari kegiatan projek ini bukan terletak pada suatu aktivitas tertentu seperti misalnya membuat atau merancang sebuah karya atau produk saja, tetapi ibu dan bapak guru hendaknya fokus pada proses: mulai dari murid mampu menyadari adanya masalah; mencari atau memilah dan memilih informasi; memikirkan alternatif solusi; merasakan empati lalu membuat aksi dengan berbuat sesuatu; juga proses lainnya.

Harap diperhatikan penentuan alokasi waktu Project agar tidak terlalu singkat karena keseluruhan proses ini berisikan aktivitas yang bermakna, pertimbangkanlah durasi kegiatan Project dengan seksama.

Kedua, dalam menentukan tujuan Project sebagai capaian kompetensi peserta didik dalam kegiatan project ini, ayah bunda dapat memilih langsung dari dimensi elemen, dan sublemen yang ada pada profil Pancasila.

Ketiga untuk mendukung pembelajaran yang lebih kontekstual, interaktif, dan kolaboratif, Project penguatan profil Pelajar Pancasila (P5) memberikan kesempatan siswa untuk belajar dalam situasi fleksibel dan tidak formal yang memungkinkan siswa terlibat langsung atau berkontribusi dengan lingkungan sekitarnya.

Keempat ayah bunda perlu memastikan bahwa pelaksanaan projek di satuan pendidikan ibu dan bapak guru sudah kontekstual, relevan sesuai dengan sumberdaya dan lingkungan setempat, sehingga Project yang dilakukan di suatu satuan pendidikan mungkin sangat berbeda dengan Project di satuan pendidikan lainnya.

Nah demikian ayah bunda itu tadi merupakan pemaparan mengenai Apa itu Project penguatan profil pelajar Pancasila PAUD, lalu bagaimana nih peran projek ini untuk menguatkan profil Pancasila? Silahkan Lihat Disini.

Baca Juga:  Peran Pemangku Kepentingan di Pembelajaran Projek P5 PAUD



penawaran kerjasama paud jateng