Dapatkan Modul Ajar TK A Semester 1 & P8 2025/2026 Pembelajaran Mendalam. Modul ajar ini untuk TK A (usia 4-5 tahun) semester 1 gasal kurikulum merdeka pendekatan pembelajaran mendalam menggunakan 8 dimensi profil lulusan secara gratis. Transformasi pendidikan Indonesia memasuki era baru dengan penerapan Kurikulum Merdeka yang menghadirkan inovasi dalam pembelajaran anak usia dini. Modul ajar TK A semester 1 tahun ajaran 2025/2026 kini mengintegrasikan Projek menggunakan 8 Dimensi Profil Lulusan dengan pendekatan pembelajaran mendalam yang disesuaikan untuk anak usia 4-5 tahun. Yuk, kita lihat contoh modul ajar paud kelompok TK kurikulum Merdeka yang tersedia dalam format Word docx dan PDF.
Mengenal 8 Dimensi Profil Lulusan di TK
Profil lulusan dengan 8 dimensi merupakan pengembangan dari konsep Profil Pelajar Pancasila yang diperluas untuk memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang karakteristik ideal lulusan pendidikan Indonesia. Kedelapan dimensi tersebut meliputi Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan YME, Kewargaan, Penalaran Kritis, Kreativitas, Kolaborasi, Kemandirian, Kesehatan, Komunikasi.
Implementasi P8 di tingkat TK memerlukan pendekatan yang sesuai dengan tahap perkembangan anak usia PAUD. Setiap dimensi diterjemahkan ke dalam kegiatan konkret dan bermakna yang dapat dipahami dan dilakukan oleh anak-anak pada usia tersebut.
Pembelajaran Mendalam di TK
Taman kanak-kanak adalah salah satu cara yang menyenangkan untuk membantu anak-anak mengembangkan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi anak yang berhasil. Dengan pembelajaran di taman kanak-kanak, anak-anak dapat belajar tentang diri mereka sendiri dan lingkungan mereka, serta mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi anak yang mandiri dan bertanggung jawab.
Pendekatan pembelajaran mendalam atau deep learning dalam konteks pendidikan anak usia dini berfokus pada pemahaman konsep yang menyeluruh dan bermakna. Metode ini tidak hanya mengembangkan aspek kognitif, tetapi juga mengintegrasikan pengembangan karakter melalui pengalaman belajar yang autentik.
Dalam implementasi modul ajar TK A, pembelajaran mendalam memungkinkan anak untuk mengeksplorasi setiap dimensi profil lulusan melalui pengalaman langsung. Anak tidak hanya mengetahui tentang nilai-nilai tersebut, tetapi juga merasakan dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.
Integrasi Projek dalam Pembelajaran TK
Setiap tema pembelajaran di TK dirancang untuk mengembangkan multiple dimensi profil lulusan secara bersamaan. Pembelajaran di taman kanak-kanak meliputi berbagai jenis aktivitas, termasuk bermain, berdiskusi, dan menyelesaikan tugas. Aktivitas ini dapat membantu anak-anak belajar tentang konsep dasar seperti warna, bentuk, ukuran, dan angka, serta meningkatkan keterampilan fisik, komunikasi, sosial, dan akademik mereka.
Hal ini dapat membantu anak-anak tumbuh menjadi anak yang mandiri dan bertanggung jawab. Anak-anak dapat belajar berkompromi, menyelesaikan masalah, dan berkomunikasi dengan orang lain secara efektif. Mereka juga belajar menghormati dan mematuhi aturan, sehingga mereka dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar.
Selain itu, pembelajaran di taman kanak-kanak juga dapat membantu anak-anak mengembangkan rasa kepercayaan diri mereka. Dengan banyak kesempatan untuk belajar, berdiskusi, bermain, dan bertanya, anak-anak dapat mengembangkan keterampilan dan keyakinan diri mereka, yang dapat membantu mereka mencapai tujuan mereka.

Modul Ajar TK A Semester 1 Tahun 2025/2026
Implementasi pembelajaran mendalam di TK A memerlukan strategi khusus yang mempertimbangkan karakteristik perkembangan anak. Pendekatan multi-sensori menjadi kunci utama, di mana anak belajar melalui pengalaman yang melibatkan seluruh indera mereka.
Adalah modul ajar TK A Semester 1 Kurikulum Merdeka sebagai serial atau postingan yang holistik tentang modul ajar kurikulum merdeka PAUD. Berikut ini adalah contoh modul ajar TK A usia 4-5 tahun semester 1 (gasal) pendekatan pembelajaran mendalam yang dikelompokkan berdasar topik dan sub topik. Setiap modul ajar di bawah ini dapat digunakan selama 1 minggu. Rincian dan link download dapat dilihat berikut ini (kok kayaknya setiap hari ganti topik? Tidak bunda, itu subtopik kok dan lihat disini untuk melihat break down rincian topik dari 4 tema besar PAUD kurikulum merdeka) :
Modul ajar TK A Semester 1 Tahun Ajaran 2025/2026 sudah ada link unduhan, bagi yang menggunakan layar kecil silakan geser tabel ke kanan.
Ming | Bulan | Topik / Subtopik | RPP TK A (4-5 Tahun) Deep Learning, Semester 1 | Link Download |
---|---|---|---|---|
1 | Juli | Diriku / Identitas | Aku Istimewa! Ayo Kita Berkenalan | File Disini |
2 | Agustus | Tanah Airku / Indonesiaku | Aku Cinta Indonesia: Negeri Seribu Pulau | File Disini |
3 | Agustus | Tanah Airku / Kebinekaan | Kita Indonesia Sesungguhnya | File Disini |
4 | Agustus | PROJEK / Aku Cinta Indonesia | Merayakan Kemerdekaan | File Disini |
5 | September | Lingkunganku / Pakaian Adat | Keindahan Pakaian Adat Nusantara | File Disini |
6 | September | Lingkunganku / Pembelajaran PHBS | Lingkunganku Bersih, Hidupku Sehat | File Disini |
7 | September | Lingkunganku / Rumahku | Rumahku Surga Kecil di Dunia | File Disini |
8 | September | Lingkunganku / Sekolahku | Serunya Bermain di Taman Sekolah | File Disini |
9 | Oktober | Binatang / Kebun Binatang | Petualangan di Kebun Binatang | File Disini |
10 | Oktober | Binatang / Binatang Air | Mengenal Kehidupan di Bawah Laut | File Disini |
11 | Oktober | Binatang / Binatang Darat | Jelajah Dunia Binatang Darat Sekitar Kita | File Disini |
12 | Oktober | Binatang / Sayang Binatang | Sayang Semua Makhluk Ciptaan Tuhan | File Disini |
13 | Oktober | Kebutuhanku / Makan dan Minum | Kuisi Piringku dengan Makanan Sehat | File Disini |
14 | November | Kebutuhanku / Pakaian | Aku Bisa Berpakaian Sendiri | File Disini |
15 | November | Mitigasi Bencana / Air | Air Untuk Kehidupan: Misi Kecil Penyelamatan Bumi | File Disini |
16 | November | Mitigasi Bencana / Api | Mengapa Api Tidak Boleh Disentuh | File Disini |
17 | November | Mitigasi Bencana / Udara | Udara di Sekitar Kita: Si Tak Terlihat yang Suka Bermain | File Disini |
18 | Desember | Mitigasi Bencana / Bumi | Merawat Bumi Tempat Kita Tinggal | File Disini |
Keterangan:
Modul ajar ini dibuat selama 5 hari kerja dengan perhitungan alokasi minimal waktu belajar adalah 900 menit setiap minggunya (ini berarti setiap hari adalah 900 / 5 hari = 180 jam = 3 jam per hari). Hal ini Sesuai dengan Kepmendikbudristek Nomor 56/M/2022 yang direvisi menjadi Permendikbudristek 262/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, alokasi waktu pembelajaran di PAUD usia 4–6 tahun atau TK paling sedikit 900 menit per minggu. Sedangkan alokasi waktu di PAUD usia 3–4 tahun paling sedikit 360 menit per minggu.
Preview Format Modul Ajar TK A Semester 1
Tantangan dan Solusi Implementasi
Implementasi pembelajaran mendalam dengan 8 dimensi proril lulusan di TK A memiliki tantangan tersendiri, terutama dalam hal persiapan guru dan ketersediaan sumber daya. Pelatihan berkelanjutan bagi guru menjadi investasi penting untuk memastikan kualitas implementasi.
Kreativitas dalam memanfaatkan sumber daya lokal dapat menjadi solusi untuk keterbatasan media pembelajaran. Lingkungan sekitar sekolah, bahan-bahan bekas, dan partisipasi masyarakat dapat menjadi sumber belajar yang kaya dan bermakna.
Implementasi pembelajaran Projek dengan pembelajaran mendalam di TK A diharapkan menghasilkan generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan siap menghadapi tantangan masa depan. Fondasi yang kuat di usia dini akan mempengaruhi perkembangan anak hingga jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Investasi dalam pendidikan karakter sejak usia dini merupakan langkah strategis untuk membangun bangsa yang berkarakter dan mampu bersaing di era global tanpa kehilangan jati diri sebagai bangsa Indonesia.
Kesimpulan
Modul ajar TK A semester 1 dengan integrasi P8 dan pembelajaran mendalam memberikan framework yang komprehensif untuk pengembangan anak usia 4-5 tahun. Pendekatan ini tidak hanya mempersiapkan anak secara akademis, tetapi juga membentuk karakter yang sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.
Keberhasilan implementasi bergantung pada komitmen semua pihak untuk menciptakan ekosistem pembelajaran yang mendukung pengembangan holistik anak. Dengan persiapan yang matang dan eksekusi yang konsisten, pembelajaran berbasis 8 dimensi profil lulusan dapat menjadi katalis transformasi pendidikan Indonesia menuju masa depan yang lebih cerah.