Berikut ini diberikan materi / muatan pembelajaran TK-A (usia 4-5 tahun) sesuai Kurikulum 2013 PAUD yang diturunkan dari Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) PAUD lengkap dengan indikator PAUD. Bagi ayah bunda yang belum mengerti cara menurunkan KD menjadi muatan ajar PAUD untuk TK-A bisa LIHAT DISINI.



Pembelajaran PAUD (TK/KB/TPA/SPS) yang baik dilaksanakan secara sistematis dan berkesinambungan. Kegiatan pembelajaran dirancang mengikuti prinsip- prinsip pembelajaran, keluasan muatan/materi, pengalaman belajar, tempat dan waktu belajar, alat/sumber belajar, model pembelajaran dan cara penilaian.

Kualitas pembelajaran anak usia dini dapat diukur dan ditentukan oleh sejauh mana kegiatan pembelajaran dapat mengubah perilaku anak ke arah yang sesuai dengan tujuan kompetensi yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, Guru PAUD diharapkan mampu merancang, mengembangkan, dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik, kebutuhan, dan perkembangan anak.

Muatan pembelajaran PAUD umumnya dirumuskan dalam Dokumen 1 (pemetaan materi pembelajaran berdasarkan program dan kompetensi dasar).

muatan ajar / materi tk-a kurikulum 2013 bahan ajar muatan lokal tk-a bahan ajar muatan lokal tk-a indikator tk-a contoh muatan ajar / materi pembelajaran anak usia dini muatan pembelajaran paud k13

Materi / Muatan Pembelajaran TK-A Kurikulum 2013 PAUD

Muatan Pembelajaran PAUD adalah dasar acuan yang digunakan untuk menyusun rencana pembelajaran PAUD yang terdiri dari :

  1. Program Semester (Prosem)
  2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM)
  3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH)

Berikut adalah contoh program pengembangan dan muatan/materi pembelajaran kurikulum PAUD 2013 sebagaimana yang tertuang dalam Dokumen I (KTSP). Silahkan langsung di download saja muatan ajar TK-A Kurikulum 2013 melalui link tautan berikut ini. Mohon menunggu sampai file telah selesai diproses oleh sistem:



Untuk yang TK-B silahkan lihat Muatan Pembelajaran TK-B (5-6 Tahun). Adapun tampilan atau preview dokumen muatan ajar TK-A dapat dilihat berikut ini:

Rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan rancangan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan bermain yang memfasilitasi anak dalam proses belajar.  Rencana pelaksanaan pembelajaran  dibuat sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Baca Juga:  KD-3 dan KD-4 Pengetahuan dan Keterampilan PAUD K-13

Mengajar anak-anak usia dini mengharuskan guru berfungsi dalam berbagai peran untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anak kelas mereka. Fungsi utama guru adalah pengambilan keputusan. Ya, guru membuat keputusan untuk mengatur pengajaran, mengelola pembelajaran, dan merencanakan strategi pembelajaran untuk merancang kurikulum anak usia dini mereka.

Dalam perencanaan, guru mempertimbangkan latar belakang anak. Perencanaan harus dilakukan jauh-jauh hari. Guru mengatur lingkungan sebelum kedatangan anak. Tingkat fleksibilitas tertentu harus ada dalam perencanaan guru untuk memungkinkan anak-anak menggunakan ruang, bahan, dan peralatan secara efektif sehingga muatan ajar bisa tersalurkan dengan baik.

Rencana guru harus menjadi panduan yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan. Perencanaan meyakinkan guru tentang terjadinya peristiwa-peristiwa tertentu yang mengarah pada tujuan jangka panjang. Pengalaman yang direncanakan perlu dimulai dengan yang diketahui dan menyebar ke yang tidak diketahui. Selain itu, pengalaman harus mengarah pada eksplorasi, apresiasi estetika, dan penguasaan bahasa dan keterampilan sosial.

Dalam merencanakan pengalaman sehari-hari ini, guru perlu menghubungkannya dengan tujuan jangka panjang tahun ini. Misalnya, guru harus memiliki hari mengajar yang terintegrasi setiap hari sepanjang tahun untuk memastikan pencapaian tujuan jangka panjang dan jangka pendek mereka.

Setelah perencanaan dan penjadwalan, guru perlu menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran. Guru merencanakan program dengan cakupan kegiatan dengan muatan ajar yang luas. Mereka membutuhkan keseimbangan harian dalam program mereka antara bidang kurikulum yang berbeda. Semua kegiatan ini harus mencerminkan tujuan yang telah ditetapkan.

Selain itu, ruangan diatur agar peralatan, bahan, dan ruang dapat diakses oleh anak-anak. Guru perlu merencanakan dan menjadwalkan kegiatan yang diperlukan untuk kelas yang berfungsi dengan baik. Harus ada kegiatan pemecahan masalah yang menarik rasa ingin tahu anak dan membuka kesempatan untuk bertanya. Akibatnya, guru memutuskan kapan harus menyederhanakan atau kapan membuat kegiatan lebih menantang, tergantung pada minat dan kemampuan anak-anak mereka. Kegiatan khusus, pengalaman, dan bahan ajar harus direncanakan sesuai dengan tujuan jangka panjang.

Baca Juga:  Perlukah Kurikulum Untuk PAUD Pendidikan Anak Usia Dini ?

Fungsi Materi / Muatan Ajar TK-A Kurikulum 2013 PAUD

Apa sih tujuan dibuatnya muatan ajar untuk TK-A ini? sebagai jawaban yang teoritis adalah untuk membuat program mingguan (RPPM), dan jawaban dari tujuan dibuat bahan ajar TK-A ini adalah untuk membuat RPPM TK-A semester 1 dan 2 yang sudah kami berikan. Semoga bermanfaat!