Dapatkan contoh program semester tk kelompok A untuk usia 4-5 tahun semester 1 dan semester 2 secara lengkap. Program semester atau promes TK ini disusun sesuai dengan kurikulum 2013 PAUD. Rencana pembelajaran semester tk di dalamnya akan memuat tema selama dua semester.



program semester tk/paud pengertian program semester tk prosem tk semester 1 dan 2 program semester tk program semester tk kurikulum 2013 program semester tk kelompok a program semester tk 2013 program semester tk kelompok b program semester 2 tk tema semester tk program semester tk 2014 contoh program semester tk a contoh soal semester anak tk tema semester 2 tk a tema semester 1 tk a soal semester 2 tk a program semester 2 tk a program semester 1 tk a soal ulangan semester anak tk program semester tk kelompok a kurikulum 2013

Program Semester TK Kelompok A (4-5 Tahun)

Perangkat Ajar TK Lengkap Lihat Disini –Download contoh program semester tk usia 4-5 tahun Kurikulum 2013 full selama satu tahun penuh lengkap melalui PAUD Jateng.

Contoh program semester tk K-13 untuk semester 1 dan semester 2 terbaru dibuat selama satu tahun dan diberikan secara gratis. Semoga dapat menginspirasi ayah bunda pendidik PAUD Indonesia dalam memajukan putera-puteri Indonesia di masa depan.

Pengertian Program Semester TK

Promes atau program semester tk kelompok A adalah suatu perangkat pembelajaran semester untuk anak paud khusus umur 4-5 tahun, yang diturunkan dari program tahunan dan digunakan untuk menyusun rencana pembelajaran mingguan; Rencana program semester tk atau PROMES = PROSEM berisi daftar tema satu semester dan alokasi waktu setiap tema. Penyusunan prosem dilakukan dengan langkah-Iangkah sebagai berikut:

  1. Membuat daftar tema satu semeter
  2. Menentukan alokasi waktu setiap tema
  3. Menentukan kompetensi dasar pada setiap tema
  4. Memilih, menata dan mngurutkan tema berdasarkan prinsip-prinsip tema antara lain
    • Tema dipilih dan Iingkungan yang terdekat dengan kehidupan anak
    • Tema dimulai dati hal sederhana menuju hal yang lebih rumit bagi anak
    • Tema ditentukan dengan mempertimbangkan minat anak
    • Ruang lingkup anak mencakup semua aspek perkembangan
  5. Menjabarkan tema kedalam sub tema dan dapat dikembangkan lebih rinci lagi menjadi sub-sub tema. Satuan PAUD diberikan keleluasaan dalam menentukan format Prosem.

Download Contoh Promes TK Kelompok A Kurikulum 2013

Download contoh program semester tk-a Kurikulum 2013 terbaru untuk tahun ajaran terdiri atas semester I dan II –Contoh program semester tk a untuk usia 4-5 tahun dapat di download melalui link tautan berikut ini. Silahkan ayah bunda manfaatkan promes tk a dengan terlebih dahulu mengeditnya menyesuaikan visimisi dan tujuan sekolah ayah bunda!



File diberikan dalam format doc yang dapat di edit dengan mudah. Preview Promes TK-A K13 semester 1 & 2 ini dapat dilihat di bawah ini.

Baca Juga:  Menyusun Program Tahunan PROTAH PAUD Kurikulum 2013

TIPS MENGAJAR PAUD

Saat anak usia dini yaitu siswa ayah bunda menjalani hari-harinya, mereka akan mendengar banyak pertanyaan terbuka. Misalnya, coba ayah bunda ganti perintah, “Warnai kelopak bunga kalian dengan warna merah dan kuning”, kita mungkin lebih baik bertanya, “Warna apa yang akan kalian lukis untuk bunganya?” Ini adalah perubahan kecil yang membuat perbedaan besar dalam membangun kepercayaan diri anak usia dini.

Hampir sepanjang hari, anak-anak berkreasi, bermain, berpura-pura, dan mengekspresikan diri dengan cara mereka sendiri! Jenis permainan mandiri harus membangun keterampilan berpikir kritis, kemandirian, dan kepercayaan diri untuk hidup. Ini adalah beberapa tips yang bisa PAUD Jateng berikan:

1. Kurikulum prasekolah

Guru yang luar biasa hadir untuk menawarkan tempat teraman dan lingkungan belajar yang paling menginspirasi bagi anak usia dini di sekolah paud. Anak akan melatih keterampilan bahasa, matematika, sains, fisik-motorik, dan sosial melalui pembelajaran langsung dan waktu bermain.

2. Membangun kekuatan otak dan tubuh yang kuat

Anak-anak usia dini mulai melakukan eksperimen sains dan mempelajari konsep matematika awal. Ini membantu mereka membangun keterampilan berpikir kritis, memori, dan fokus. Mereka tetap sehat dengan bermain di luar ruangan, melompat dan menari di dalam, dan belajar tentang makanan bergizi!

3. Berteman dan mengungkapkan perasaan

Anak-anak di kelas terus-menerus membangun keterampilan baru mereka—dan itu termasuk keterampilan yang dibutuhkan untuk berteman dan mengomunikasikan perasaan. Kami membantu anak-anak usia dini berbicara tentang perasaan, menunjukkan kepada mereka bagaimana menyelesaikan konflik, dan mendukung mereka saat mereka berteman.

4. Membaca buku dan belajar menulis

Guru PAUD menyiapkan anak-anak pada jenjang taman kanak-kanak dengan membacakan banyak buku, mengidentifikasi kata-kata berima, dan menulis. Menyanyikan lagu dan bermain sebuah permainan membantu mereka memperhatikan kata-kata yang terdengar serupa.

Baca Juga:  Program Tahunan KB Kelompok Bermain Kurikulum 2013

5. Menciptakan seni dan bermain pura-pura

Mereka akan membangun banyak kepercayaan diri dengan mengekspresikan diri mereka secara kreatif melalui lukisan, drama, musik, mendongeng, dan menulis. Pendidik memberi mereka alat yang mereka butuhkan untuk membuat dan kemudian melihat mereka menjelajah. Dan guru selalu dekat dengan kata-kata penyemangat!

:: Kembali ke program tahunan taman kanak-kanak kelompok B usia 5-6 tahun, ingat ya ayah bunda, program semester di atas hanya promes tk kelompok A saja. Silahkan lihat lanjutan contoh promes tk kelompok B untuk tk usia 5-6 tahun (semester 1 dan 2 lengkap). Semoga bermanfaat dan maju terus PAUD Indonesia!



penawaran kerjasama paud jateng