Download Contoh Format Buku Catatan Anekdot PAUD TK KB TPA SPS format doc yang dapat di edit dengan mudah. Pengertian satatan anekdot adalah salah satu alat untuk mengumpulkan data tentang tingkah laku yang diluar dari kebiasaannya . atau suatu catatan yang mencatat peristiwa yang terjadi seketika di luar kebiasaannya.



Apakah ayah bunda secara teratur membagikan hal-hal yang telah ayah bunda amati sepanjang hari dengan orang tua atau apakah ayah bunda berkomunikasi dengan orang tua semata-mata untuk membahas masalah atau kesulitan anak? Menurut PAUD Jateng, menulis anekdot, rangkuman singkat peristiwa hari itu, sangat penting karena berbagai alasan. Dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa elemen yang mungkin meyakinkan bahkan yang paling skeptis sekalipun untuk menyusun anekdot yang berkaitan dengan kehidupan penitipan anak.

Catatan anekdot observasi (anecdotal record) digunakan untuk melihat sejauh mana perkembangan anak. Catatan anekdot terbagi menjadi dua yaitu :

  1. Catatan anekdot instrumental : Dilakukan diluar kegiatan pembelajaran seperti anak sedang istirahat bermain
  2. Catatan anekdot periodik : Dilakukan didalam kegiatan pembelajaran seperti ketika anak meronce, menggambar, dll

Pengertian Catatan Anekdot

Catatan anekdot adalah catatan singkat yang diambil guru saat mereka mengamati anak-anak. Catatan ini mendokumentasikan berbagai perilaku di berbagai bidang seperti literasi, matematika, studi sosial, sains, seni, perkembangan sosial dan emosional, dan perkembangan fisik.

Catatan anekdot adalah ringkasan deskriptif singkat, objektif, dari satu peristiwa yang ditulis setelah peristiwa itu terjadi. Ayah bunda sering menggunakan anekdot dan menceritakan kepada teman ayah bunda sebuah cerita tentang sesuatu yang terjadi selama akhir pekan atau sesuatu yang lucu atau lucu yang dilakukan anak ayah bunda. Catatan anekdot kelas sedikit berbeda karena tujuannya adalah untuk mempelajari sesuatu yang spesifik tentang anak tersebut. Ini adalah metode pencatatan pengamatan yang sangat santai. Pengamat tidak memerlukan formulir khusus untuk diisi, tidak ada pengaturan khusus, dan tidak ada batasan waktu. Catatan anekdot hanyalah cerita singkat tentang sesuatu yang terjadi.

Baca Juga:  Download Contoh Buku Pindah Kelompok Anak PAUD

Catatan anekdot pada dasarnya merupakan bagian dari teknik observasi. Catatan anekdot lebih memfokuskan pada catatan tentang sikap dan perilaku anak yang terjadi secara khusus atau peristiwa yang terjadi secara insidental/tiba-tiba.



Mengapa Perlu Catatan Anekdot ?

Seiring waktu, kumpulan catatan anekdot memberikan banyak informasi tentang seorang anak. Seperti seorang penyelidik, guru dapat mengumpulkan bukti berkelanjutan dari perkembangan anak di bidang tertentu. Misalnya, guru dapat menuliskan anekdot tentang bagaimana seorang anak mengeksplorasi melalui indranya, mencipta dengan bahan, menampilkan kepemimpinan, dll….. Guru kemudian dapat menggunakan catatan ini untuk merencanakan lingkungan atau kurikulum atau mencatat kurikulum yang muncul melalui anak-anak.

Untuk menulis anekdot, ayah bunda harus terlebih dahulu mengamati anak-anak dalam kelompok. Tanpa disadari, ayah bunda secara teratur mengamati anak-anak di bawah asuhan ayah bunda sepanjang hari, memperhatikan perbuatan baik mereka, keberhasilan kecil mereka, dan tantangan mereka.

Pengamatan membantu ayah bunda memahami perilaku mereka serta di mana mereka berdiri dalam hal perkembangan masa kanak-kanak. Membuat catatan dari pengamatan ini dalam bentuk cerita pendek atau anekdot adalah penting. Kegagalan untuk melakukannya dapat menyebabkan hilangnya informasi yang mungkin sangat relevan di masa depan.

Bagaimana Anda menulis anekdot untuk PAUD?

Catat catatan singkat saat aktivitas sedang berlangsung dan isi detailnya sesegera mungkin. Beri tanggal pada setiap anekdot dan sertakan usia anak dalam tahun dan bulan. Tulis dalam bentuk lampau. Bersikaplah jelas, objektif, dan ringkas.

Menulis anekdot akan membantu ayah bunda mendeskripsikan perkembangan anak. Berikut ini tips dalam menulis catatan anekdot PAUD/TK:

  • Fokus pada kelebihan anak.
  • Tentukan di mana posisi anak-anak dalam hal perkembangan masa kanak-kanak dan evaluasi kemajuan mereka.
  • Temukan minat dan kemampuan anak-anak dan rencanakan kegiatan yang akan mereka nikmati.
  • Bagikan informasi terkait dengan orang tua.
Baca Juga:  Download Contoh Buku Mutasi PAUD TK Terbaru

Anekdot atau cerita pendek yang menggambarkan peristiwa atau situasi harus ditulis dengan cermat. Mereka harus mewakili pengamatan ayah bunda seakurat mungkin. Agar efisien, mereka harus:

  • Fokus pada apa yang dikatakan atau dilakukan anak.
  • Bersikap faktual (berdasarkan fakta yang diamati, tidak ada interpretasi).
  • Jadilah tepat.
  • Jadilah singkat dan to the point.
  • Mewakili tujuan yang realistis, misalnya, ayah bunda mungkin bertujuan untuk menulis dua anekdot per anak setiap minggu.

Saat menulis cerita pendek atau anekdot, ayah bunda harus:

  • Sertakan tanggalnya.
  • Mulailah dengan mengidentifikasi momen, lokasi, dan orang-orang yang hadir.
  • Jelaskan apa yang dikatakan atau dilakukan anak, jika mungkin menggunakan kutipan untuk mendokumentasikan keterampilan bahasanya (berguna untuk mengevaluasi kemajuan).

Menuliskan pengamatan ayah bunda mungkin tampak seperti buang-buang waktu, tetapi cerita pendek atau anekdot yang ditulis akan berguna untuk mengevaluasi seberapa jauh kemajuan anak-anak dan menyampaikan detail penting kepada orang tua. Terlebih lagi, cerita pendek dan anekdot ayah bunda akan membantu merencanakan kegiatan yang secara efisien disesuaikan dengan kapasitas dan minat anak-anak dalam kelompok.

Contoh format catatan anekdot PAUD merupakan salah satu bagian dari dokumen administrasi PAUD lengkap yang dapat dilihat daftarnya klik disini.

Contoh Format Buku Catatan Anekdot PAUD TK KB TPA SPS contoh format catatan anekdot contoh catatan anekdot bk contoh catatan anekdot anak paud pengertian catatan anekdot contoh catatan anekdot observasi

Preview buku catatan anekdot PAUD anak TK KB TPA SPS dapat dilihat melalui form berikut ini.

Download Buku Anekdot PAUD TK KB TPA

Contoh format catatan anekdot anak PAUD juga dapat dibuat dengan format lain Seperti Disini. Gunakan link tautan berikut ini untuk download Contoh Format Buku Catatan Anekdot PAUD TK KB TPA SPS dalam format doc yang dapat ayah bunda edit dengan bebas. Semoga bermanfaat!

Dokumen administrasi PAUD ini merupakan salah satu dari kumpulan administrasi TK KB yang dibagikan secara GRATIS. Lihat Daftar Dokumen Lengkap KLIK DISINI

Contoh Isian Buku Anekdot

12-4-2021 AD. Saat bermain dengan sebuah buku yang memiliki kancing-kancing yang dilekatkan padanya dengan senar dan lingkaran-lingkaran yang sesuai agar kancing-kancing itu masuk, AD menempatkan empat kancing dalam lingkaran dan menghitung dalam bahasa Inggris, “One, two, three, four”. (kognitif- Matematika/ Bahasa)

Baca Juga:  Download Contoh Instrumen Apresiasi Gugus PAUD 2016

12-4-2021 AD. Ketika teman AD tiba di sekolah, AD berteriak, “Hai, Bedi!” Kemudian meraih tangan Bedi dan menariknya, berlari ke ruang bermain. (sosial)

12-4-2021 AD. Ketika diminta untuk tidak menyentuh kereta model, AD berbaring tengkurap dan beringsut sedekat mungkin dengan rel tanpa menyentuh. Di sana dia tinggal selama kurang lebih 10 menit menyaksikan kereta berputar (Mengikuti Petunjuk)

12-4-2021 CT. CT bermain dengan materi drama selama 15 menit, menggunakan dandanan dan memeriksa dirinya di cermin. Dia berjalan ke meja sudut sentra dan berkata kepada anak laki-laki lain, ‘Hei, beri aku itu.’ Dia mengambil sendok dari siswa lain. Saya berbicara dengan CT dan memintanya untuk mengembalikan sendok itu kepada siswa lain. Dia mengembalikan sendoknya dan berkata, ‘Aku suka susu coklat dan biskuit juga!’ Saya meminta anak-anak untuk berkemas. Orang dewasa lain mendekati CT memintanya untuk membantu berkemas. CT menjawab orang dewasa itu, ‘Lalu bisakah kita pergi ke luar?’ Orang dewasa itu menjawab ‘Ya!’ CT berteriak ‘Yay’ dan mulai berkemas.

Catatan anekdot ditulis dalam bentuk lampau. Observasi dimulai ketika anak memulai pengalaman dan berakhir ketika anak berhenti berpartisipasi dalam pengalaman. Ini adalah metode yang berguna untuk merekam peristiwa atau tindakan berdasarkan kekuatan, minat, pencapaian, perkembangan, dan kebutuhan anak.