Kumpulan Prota Prosem RPPM RPPH TK KB K13

Posted on 52,669 views

Kumpulan Prota Prosem RPPM RPPH PAUD Kurikulum 2013 Lengkap Terbaru – Silahkan download perangkat pembelajaran PAUD Kurikulum 2013 untuk TK KB TPA SPS yang meliputi PROTA (Program Tahunan), PROSEM (Program Semester), RPPM (Program Mingguan), dan RPPH (Program Harian) disertai dengan penilaian lengkap.

Untuk memudahkan para pendidik PAUD atau pihak terkait dalam mendapatkan perangkat ajar, maka dikumpulkanlah program harian hingga tahunan untuk PAUD berikut ini.

Harap dicatat bahwa contoh yang kami berikan adalah sebagai referensi saja, silahkan edit dan sesuaikan isi program pembelajaran sesuai dengan visi dan misi sekolah ayah bunda.

Kumpulan Perangkat Pembelajaran PAUD (TK KB TPA SPS) Kurikulum 2013

**PROTA TK KB TPA dibuat untuk semester 1 dan semester 2 yang memuat alokasi waktu pelaksanaan program pembelajaran PAUD dalam satu tahun penuh sesuai dengan tujuan yang ditetapkan pihak sekolah.

**PROSEM TK KB TPA merupakan program semester yang berisi daftar tema satu semester yang dikembangkan menjadi sub tema atau sub-sub tema, kompetensi yang ditetapkan untuk dicapai pada setiap tema, dan alokasi waktu setiap tema.

Disini materi pembelajaran setiap Kompetensi Dasar (KD) harus sudah ditetapkan, karena nantinya materi ajar ini akan digunakan untuk membuat RPPM.

**RPPM TK KB TPA, dari materi pembelajaran yang ada di dalam PROSEM selanjutnya dijabarkan untuk pembelajaran selama 1 minggu. Materi  pembelajaran  diambil  dari  materi  pembelajaran  yang sudah dijabarkan di KTSP.

**RPPH TK KB TPA berisi kegiatan main dalam 1 hari yang diturunkan dari RPPM dimana jumlah harinya disesuaikan dengan jam belajar PAUD. Format RPPH boleh dikreasikan sendiri asalkan memenuhi kaidah pembuatan RPPH.

download perangkat pembelajaran paud bahan ajar paud kurikulum 2013 download kumpulan prota prosem rppm rpph

A. Perangkat Pembelajaran TK Kurikulum 2013 (Kumpulan Prota Prosem RPPM RPPH TK Kelompok A dan TK Kelompok B)

Program tahunan, program semester, program mingguan, dan program harian taman kanak-kanak administrasi pembelajaranna dapat dilihat berikut ini. Silahkan dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam memajukan lembaga PAUD dimanapun ayah bunda berada. Prota prosem rppm dan rpph tk ini diperuntukkan untuk tk kelompok A (usia 4-5 tahun) dan tk kelompok B (usia 5-6 tahun) baik semester ganjil maupun genap.

A.1 Prota Prosem RPPM RPPH TK Kelompok A (Usia 4-5 Tahun)

  1. Prota program tahunan tk 4-5 tahun semester 1 dan 2, Lihat Disini
  2. Promes program semester tk 4-5 tahun semester 1 dan 2, Lihat Disini
  3. Rencana kegiatan mingguan tk kelompok a usia 4-5 tahun semester 1, Lihat Disini
  4. Rencana kegiatan mingguan tk kelompok a usia 4-5 tahun semester 2, Lihat Disini
  5. Rencana kegiatan harian tk kelompok a usia 4-5 tahun semester 1 minggu ke-1 s.d 8, Lihat Disini
  6. Rencana kegiatan harian tk kelompok a usia 4-5 tahun semester 1 minggu ke-9 s.d 17, Lihat Disini
  7. Rencana kegiatan harian tk kelompok a usia 4-5 tahun semester 2 minggu ke-1 s.d 8, Lihat Disini
  8. Rencana kegiatan harian tk kelompok a usia 4-5 tahun semester 2 minggu ke-9 s.d 17, Lihat Disini

A.2 Prota Prosem RPPM RPPH TK Kelompok B (Usia 5-6 Tahun)

  1. Program tahunan tk kelompok b usia 5-6 tahun smt 1 dan 2, Lihat Disini
  2. Progam semester tk kelompok b 5-6 tahun semester 1 dan 2, Lihat Disini
  3. Rencana kegiatan mingguan tk b usia 5-6 tahun semester 1, Lihat Disini
  4. Rencana kegiatan mingguan tk b usia 5-6 tahun semester 2, Lihat Disini
  5. Program kegiatan harian tk kelompok b 5-6 tahun semester 1 minggu ke-1 s.d 8, Lihat Disini
  6. Program kegiatan harian tk kelompok b 5-6 tahun semester 1 minggu ke-9 s.d 17, Lihat Disini
  7. Program kegiatan harian tk kelompok b 5-6 tahun semester 2 minggu ke-1 s.d 8, Lihat Disini
  8. Program kegiatan harian tk kelompok b 5-6 tahun semester 2 minggu ke-9 s.d 17, Lihat Disini

 

B. Kumpulan Prota Prosem RPPM RPPH Kelompok Bermain KB Semester 1 dan 2

Untuk membantu ayah bunda dalam mendapatkan administrasi kelompok bermain (khusus administrasi kegiatan pembelajaran); berikut ini adalah kumpulan program tahunan, program semester, program mingguan, dan progam harian KB selama satu tahun penuh yang terdiri dari semester 1 dan 2 lengkap untuk usia 2-3 dan 3-4 tahun.

B.1 Prota Prosem RPPM RPPH KB Usia 2-3 Tahun

  1. Program tahunan kelompok bermain usia 2-3 tahun semester 1 dan 2, Lihat Disini
  2. Program semester kelompok bermain usia 2-3 tahun semester 1 dan 2, Lihat Disini
  3. Program mingguan kelompok bermain usia 2-3 tahun semester 1, Lihat Disini
  4. Program mingguan kelompok bermain usia 2-3 tahun semester 2, Lihat Disini
  5. Program harian kelompok bermain usia 2-3 tahun semester 1 minggu ke 1 s.d 8, Lihat Disini
  6. Program harian kelompok bermain usia 2-3 tahun semester 1 minggu ke 9 s.d 16, Lihat Disini
  7. Program harian kelompok bermain usia 2-3 tahun semester 2 minggu ke 1 s.d 8, Lihat Disini
  8. Program harian kelompok bermain usia 2-3 tahun semester 2 minggu ke 9 s.d 16, Lihat Disini

B.2 Prota Prosem RPPM RPPH KB Usia 3-4 Tahun

  1. Program tahunan kelompok bermain usia 3-4 tahun semester 1 dan 2, Lihat Disini
  2. Program semester kelompok bermain usia 3-4 tahun semester 1 dan 2, Lihat Disini
  3. Program mingguan kelompok bermain usia 3-4 tahun semester 1, Lihat Disini
  4. Program mingguan kelompok bermain usia 3-4 tahun semester 2, Lihat Disini
  5. Program harian kelompok bermain usia 3-4 tahun semester 1 minggu ke 1 s.d 8, Lihat Disini
  6. Program harian kelompok bermain usia 3-4 tahun semester 1 minggu ke 9 s.d 16, Lihat Disini
  7. Program harian kelompok bermain usia 3-4 tahun semester 2 minggu ke 1 s.d 8, Lihat Disini
  8. Program harian kelompok bermain usia 3-4 tahun semester 2 minggu ke 9 s.d 16, Lihat Disini

Selain program tahunan, semester, mingguan, dan harian di atas seorang pendidik PAUD juga harus melakukan evaluasi yang mencakup evaluasi proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan oleh anak usia dini. Hasil evaluasi ini dijadikan dasar pertimbangan tindak lanjut pelaksanaan kegiatan pengembangan selanjutnya. Jangan pernah menilai anak usia dini dengan pintar dan tidak, tugas kita sebagai pendidik adalah membuat anak didik mencapai tumbuh kembang yang paling optimal guna menyiapkan anak untuk pendidikan selanjutnya.