Materi / Muatan Pembelajaran TK-A Kurikulum 2013 PAUD



Berikut ini diberikan materi / muatan pembelajaran TK-A (usia 4-5 tahun) sesuai Kurikulum 2013 PAUD yang diturunkan dari Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) PAUD lengkap dengan indikator PAUD. Bagi ayah bunda yang belum mengerti cara menurunkan KD menjadi muatan ajar PAUD untuk TK-A bisa LIHAT DISINI.

Pembelajaran PAUD (TK/KB/TPA/SPS) yang baik dilaksanakan secara sistematis dan berkesinambungan. Kegiatan pembelajaran dirancang mengikuti prinsip- prinsip pembelajaran, keluasan muatan/materi, pengalaman belajar, tempat dan waktu belajar, alat/sumber belajar, model pembelajaran dan cara penilaian.

Kualitas pembelajaran anak usia dini dapat diukur dan ditentukan oleh sejauh mana kegiatan pembelajaran dapat mengubah perilaku anak ke arah yang sesuai dengan tujuan kompetensi yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, Guru PAUD diharapkan mampu merancang, mengembangkan, dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik, kebutuhan, dan perkembangan anak.

Muatan pembelajaran PAUD umumnya dirumuskan dalam Dokumen 1 (pemetaan materi pembelajaran berdasarkan program dan kompetensi dasar).



muatan ajar / materi tk-a kurikulum 2013 bahan ajar muatan lokal tk-a bahan ajar muatan lokal tk-a indikator tk-a contoh muatan ajar / materi pembelajaran anak usia dini muatan pembelajaran paud k13

Materi / Muatan Pembelajaran TK-A Kurikulum 2013 PAUD

Muatan Pembelajaran PAUD adalah dasar acuan yang digunakan untuk menyusun rencana pembelajaran PAUD yang terdiri dari :

  1. Program Semester (Prosem)
  2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM)
  3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH)

Berikut adalah contoh program pengembangan dan muatan/materi pembelajaran kurikulum PAUD 2013 sebagaimana yang tertuang dalam Dokumen I (KTSP). Silahkan langsung di download saja muatan ajar TK-A Kurikulum 2013 melalui link tautan berikut ini:

Untuk tampilan preview dapat dilihat berikut ini.

Rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan rancangan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan bermain yang memfasilitasi anak dalam proses belajar.  Rencana pelaksanaan pembelajaran  dibuat sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Fungsi Materi / Muatan Ajar TK-A Kurikulum 2013 PAUD

Apa sih tujuan dibuatnya muatan ajar untuk TK-A ini? sebagai jawaban yang teoritis adalah untuk membuat program mingguan (RPPM), dan jawaban dari tujuan dibuat bahan ajar TK-A ini adalah untuk membuat RPPM TK-A semester 1 dan 2 yang sudah kami berikan. Semoga bermanfaat!