Sains Kelestarian Alam Sekitar Anak Usia Dini (PAUD)



Sains Kelestarian Alam Sekitar Anak Usia Dini (PAUD). Baca juga Materi pembelajaran sains anak usia dini lainnya yang mencakup Pengenalan Bumi dan Jagat RayaBiologiFisika Kimia, dan Sains Kelestarian Alam. Kali ini dibahas tentang Pengenalan Sains Kelestarian Alam Sekitar Anak Usia Dini (PAUD).

Sains Kelestarian Alam Sekitar Anak Usia Dini (PAUD)

Materi pembelajaran sains yang terkait dengan kelestarian alam sekitar antara lain:

  1. Arti penting kelestarian alam & lingkungan bagi kehidupan manusia & semua mahluk hidup
  2. Ciri-ciri alam dan lingkungan yg lestari, sehat, seimbang & layak bg kehidupan mahluk hidup
  3. Ciri-ciri benda/barang berbahaya & merusak kesehatan anak, seperti mengenali bahan & alat main yg tdk merusak kesehatan & keselamatan anak
  4. Berbagai pengaruh dan dampak pengelolaan & pembuangan limbah/sampah bg kehidupan
  5. Pengaruh eksploitasi alam dan lingkungan sekitar yg mengakibatkan kemusnahan flora & fauna serta terjadinya erosi dan banjir
  6. Pembinaan dan pembiasaan budaya hidup hemat dan sehat dalam menggunakan energy, air, tanah dan udara
  7. Pembianaan dan pembiasaan sikap menghargai, memelihara, menjaga, merawat dan mencintai alam dan lingkungan yg dimulai dari menjada barang/benda milik sendiri, misalkan: tdk mencoret dinding sekolah, dsb
  8. Pembiasaan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi serta penggunaan benda/alat sesuai peruntukannya shg anak dapat menjaga mutu kesehatan dirinya dan terhindar dari berbagai penyakit. Pengaturan lingkungan rumah, sekolah atau tempat dimana anak berada secara nyaman, sehat, benar dan sesuai standar penanaman dan pembiasaan mencintai alam dan lingkungan yg sehat dan bersih, seperti: lingkungan bebas sampah, udara bersih, dsb
  9. Pembiasaan dan pembinaan buang sampah pd tempatnya
  10. Cara melindungi diri dari pencemaran udara, tanah, air dan lainnya
  11. Cara menanggulangi kerusakan alam dan lingkungan, missal: terkait dg daur ulang dan cara melakukannya, kegiatan kerja bakti, dsb.
Sains Kelestarian Alam Sekitar Anak Usia Dini (PAUD)

Contoh Pembelajaran Sains Kelestarian Alam Sekitar Anak Usia Dini (PAUD)

Tema: Kelestarian alam dan lingkungan
Sub tema: Alat-alat kebersihan
Tujuan :

  1. Anak dapat mengetahui dan menyebutkan nama benda satu persatu
  2. Anak dapat menyebutkan fungsi masing-masing benda
  3. Anak dapat mengaplikasikan fungsi benda tersebut

Keterampilan yang ditekankan:



  1. Keterampilan mengamati  berbagai jenis alat kebersihan
  2. Keterampilan dalam menceritakan /menyebutkan nama alat-alat kebersihan
  3. Keterampilan dalam pengaplikasian pembelajaran

Alat: Kemoceng, Sapu lidi, Kain serbet, Tong sampah, Sapu lantai, Pengepel lantai
Metode: Tanya jawab, Bercakap-cakap, Demonstrasi
Kegiatan:

  1. Memperkenalkan media pada anak dan menyebutkan nama benda satu persatu
  2. Menyebutkan fungsi masing-masing alat/benda
  3. Mengajak anak langsung mengaplikasikan fungsi benda yang telah di pelajari
  4. Urutan kegiatan yang dilakukan 

a. Guru mengawali dengan nyanyian yang berjudul “nyamuk nakal”,liriknya:
Nyamuk nakal
Banyak nyamuk di rumah ku
Gara-gara aku
Malas bersih-bersih
Banyak semut di rumah ku
Gara-gara aku
Malas bersih-bersih
Nyamuk-nyamuk nakal
Semut-semut nakal
Membikin gatal

b. Guru melakukan tanya jawab terlebih dahulu sejauh mana anak mengetahui benda benda yang disediakan oleh guru.

c. Guru menyebutkan satu persatu nama benda tersebut

d.Guru menjelaskan fungsi dari masing-masing benda

e. Anak dan guru bersama-sama mengaplikasikan fungsi benda dengan cara gotong-royong

Permasalahan pokok yang dibahas anak:
1. Bagaimana anak mengamati benda benda yang diberikan guru?
2. Bagaimana anak menyebutkan nama-nama benda?
3. Bagaimana anak membedakan fungsi masing-masing benda?
4. Bagaimana anak mengaplikasikan di dalam pembelajaran?
Kegiatan tersebut sangat baik dilakukan kepada anak,agar anak dapat mengetahui benda-benda/alat-alat yang di gunakan dalam mewujudkan kebersihan,serta bisa mengetahui fungsi dari benda tersebut.