Materi Sains Bagi Anak: Pengenalan Bumi dan Jagat Raya



Materi Sains Bagi Anak: Pengenalan Bumi dan Jagat Raya. Materi pembelajaran sains anak usia dini mencakup Pengenalan Bumi dan Jagat Raya, Biologi, Fisika Kimia, dan Sains Kelestarian Alam. Kali ini dibahas tentang Pengenalan Bumi dan Jagat Raya untuk Anak Usia Dini (PAUD).

Materi Sains Bagi Anak: Pengenalan Bumi dan Jagat Raya

Pengenalan Bumi dan Jagat Raya

Pengenalan sains tentang bumi dan jagat raya merupakan hal yang sangat penting. Bumi sebagai tempat semua makhluk tinggal. Pengenalan sains tentang bumi dan jagat raya mencakup materi :
1. Pengenalan permukaan bumi
Materi pengenalan permukaan bumi pada anak usia dini terdiri dari pengetahuan tentang keluasan, kedalaman, pengetahuan tentang tahapan perubahan permukaan bumi, pengetahuan tentang kepadatan & kerapatan perubahan permukaan bumi, pengetahuan tentang gempa bumi, pengenalan alat ukur, pengetahuan tentang gunung berapi, pengenalan berbagai jenis bebatuan, pengetahuan terkait dengan parade kehidupan, misalnya cerita tentang bebatuan, fosil binatang purba, dinosaurus.

2. Materi terkait atmosfir bumi dan cuaca
Pengenalan atmosfir dan cuaca pada anak usia dini dapat dimulai dari pengenalan tentang air, pengenalan kepadatan & kondensi air, pengenalan awan, terjadinya hujan, termasuk hujan buatan, pengenalan alat- alat untuk mengamati cuaca/musim, pengenalan kekerasan musim, misalnya mengenal halilintar, angin puyuh, angin tornado.

Materi Sains Bagi Anak: Pengenalan Bumi dan Jagat Raya materi sains anak paud materi sains anak usia dini materi sains anak tk materi sains untuk anak tk materi sains untuk anak usia dini materi sains untuk anak kb

3. Materi yang terkait dengan dunia luar bumi
Pengenalan yang terkait dengan dunia luar bumi pada anak usia dini dapat dikenalkan dengan materi:



  • Pengenalan matahari: waktu terbit, tenggelam, akibat, peran matahari
  • Pengenalan system tata surya (bumi, bulan, bintang, matahari)
  • Pengenalan planet
  • Pengenalan meteor
  • Pengenalan komet
  • Pengenalan bintang
  • Pengenalan satelit, contoh: bulan adalah satelit bumi

Hindari pengenalan perdukunan atau hal-hal yang sifatnya klenik pada anak usia dini. Mereka berhak mendapat pengetahuan yang lebih relevan dan juga lebih valid tentang itu semua. Pengembangkan pembelajaran sains pada anak usia dini ditunjukan agar anak-anak mendapatkan  pengetahuan dan informasi ilmiah (yang lebih dipercaya danbaik), maksudnya adalah segala informasi yang diperoleh anak berdasarkan pada standar keilmuan yang semestinya, karena informasi yang disajikan merupakan hasil temuan dan rumusan yang obyektif serta sesuai kaidah keilmuan yang menaunginya.