2 Tipe dan Jenis Kegiatan Bermain Anak Usia Dini



2 Tipe dan Jenis Kegiatan Bermain Anak Usia Dini (PAUD). Aneka kegiatan bermain bisa membuat anak asyik sekaligus merangsang perkembangannya.

Alat permainan yang digunakan oleh anak hendaknya sesuai dengan kebutuhan anak, begitu pula jenis kegiatan bermain sesuai dengan usia perkembangan anak.

2 Tipe dan Jenis Kegiatan Bermain Anak Usia Dini

Berbagai jenis kegiatan bermain anak adalah sebagai berikut:

A. Bermain Aktif

Dalam kegiatan bermain aktif,anak melakukan aktivitas gerakan yang melibatkan seluruh indera dan anggota tubuhnya. Diantara jenis kegiatan bermain aktif adalah :

1. Tactile Play
Merupakan kegiatan bermain yang meningkatkan keterampilan jari jemari anak serta membantu anak memahami dunia sekitarnya melalui alat perabaan dan penglihatnnya.



2. Functional Play
Bermain Fungsional/Functional Play adalah kegiatan bermain yang melibatkan panca indera dan kemampuan gerakan motorik dalam rangka mengembangkan aspek motorik anak. (Charlotte Buhler)

2 Tipe dan Jenis Kegiatan Bermain Anak Usia Dini kegiatan bermain anak kegiatan bermain anak usia 2 tahun kegiatan bermain anak usia dini kegiatan bermain anak usia 3 tahun kegiatan bermain anak 2 tahun kegiatan bermain anak tk manfaat kegiatan bermain anak makalah kegiatan bermain anak kegiatan bermain untuk anak jenis kegiatan bermain anak kegiatan bermain merupakan kebutuhan anak peran guru dalam kegiatan bermain anak jenis kegiatan bermain anak usia dini macam kegiatan bermain anak usia dini contoh kegiatan bermain anak usia dini contoh kegiatan bermain anak paud kegiatan bermain untuk anak usia dini ciri kegiatan bermain anak kegiatan bermain untuk anak tk klasifikasi kegiatan bermain anak tk

3. Constructive Play
Permainan yang mengutamakan anak untukmembangun atau membentuk bangunan dengan media balok, lego dan sebagainya.

4. Creative Play
Permainan yang memungkinkan anak menciptakan berbagai kreasi dari imajinasinya sendiri.

5. Symbolic /Dramatic Play
Permainan dimana anak memegang sustu peran tertentu.

6. Play Games
Permainan yang dilakukan menurut aturan tertentu dan bersifat kompetisi/ persaingan.

b. Bermain Pasif
Kegiatan bermain pasif tidak melibatkan banyak gerakan tubuh anak, tetapi hanya melibatkan sebagian indera saja terutama pendengaran dan penglihatan.

Kegiatan bermain pasif diantaranya adalah Receptive Play, yaitu permainan dimana anak menerima kesan-kesan yang membuat jiwanya sendiri menjadi aktif (bukan fisik yang aktif) melalui mendengarkan dan memahami apa yang dia dengar dan ia lihat.

Artikel ini merupakan satu kesatuan dari bahasan yang sudah disajikan sebelumnya. Lihat indeks artikel tentang perkembangan bermain anak disini Bermain dan Permainan Untuk Anak Usia Dini (PAUD)