Membuat Sendiri RPPM dan RPPH PAUD Kurikulum 2013



Bagaimana Cara Membuat Sendiri RPPM dan RPPH PAUD Kurikulum 2013 beserta contohnya dengan mudah secara mandiri. Dalam kurikulum 2013 selain Prota (Program tahunan), Promes (program semester) guru wajib membuat RPPM (rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan) dan RPPH (rencana pelaksanaan pembelajaran harian)

Membuat Sendiri RPPM dan RPPH PAUD Kurikulum 2013 membuat rkm paud cara membuat rkh rkm paud cara membuat rkm paud contoh membuat rkm paud bagaimana cara membuat rkh paud cara membuat rkh paud contoh membuat rkh paud contoh membuat rkh paud tema rekreasi contoh cara membuat rkh paud langkah langkah membuat rkh paud

Rencana pelaksanaan pembelajaran dibuat sebelum pelaksanaan pembelajaran. Rencana pembelajaran harus mengacu kepada karakteristik (usia, sosial budaya dan kebutuhan individual) anak yang terlibat dalam pembelajaran. Untuk dapat membuat RPPM dan RPPH PAUD Kurikulum 2013 dengan mudah, ayah bunda harus mengetahui terlebih dahulu Alur Perencanaan Pembelajaran Kurikulum PAUD 2013.

Cara Membuat RPPM dan RPPH PAUD

Setelah memahami alur perencanaan pembelajaran PAUD kurikulum 2013, bunda akan memahami apa itu STTPA (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak), KI (Kompetensi Inti), dan KD (Kompetensi Dasar). Selanjutnya adalah Menurunkan KD menjadi Materi/Muatan Ajar.



Menurunkan KD menjadi Materi/Muatan Ajar

Pada pembelajaran PAUD hal yang terpenting adalah proses belajar yang menumbuhkan anak senang belajar, senang melakukan proses saintis, BUKAN menekankan pada penguasaan materi karena penilaian atau assessment pada program anak usia dini merujuk pada tahap perkembangan.

Inilah keunikan kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Namun demikian proses pembelajaran pada anak usia dini yang dilakukan melalui kegiatan bermain juga memberikan penambahan pengetahuan, sikap, dan keterampilan anak yang sesuai dengan Kompetensi Dasar dengan memperhatikan kemampuan yang sesuai tahap perkembangan anak pada usia tertentu pada umumnya. Oleh karena itu pendidik juga harus mampu menurunkan materi yang sesuai dengan Kompetensi Dasar.

Perlunya Pemahaman Materi:
1. Mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan anak
2. Memperluas pengalaman bermain yang bermakna
3. Menumbuhkan minat belajar anak

Langkah Penyusunan Materi Kegiatan Anak :

  1. Pahami inti muatan dari setiap kompetensi dasar. Kemampuan apa yang diharapkan dari KD tersebut.
  2. Pahami keluasan cakupan materi yang termuat dalam KD
  3. Pahami kedalaman materi yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.
  4. Sesuaikan dengan visi yang ingin diwujudkan dan Tujuan yang ingin dicapai pada anak didik selama belajar di lembaga PAUD.
  5. Tentukan prioritas materi yang mendukung pencapaian KD
 
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM) TK ……………….

SEMESTER /MINGGU  : 1/9    
TEMA  : TANAMAN
KELOMPOK  : 4 – 5 TAHUN
KD  : 1.1, 2.1, 2.2, 2.8, 3.4, 4.4, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.12, 4.12, 3.15, 4.15

No Subtema Muatan / materi pembelajaran Rencana Kegiatan
1 Buah Buahan 1. Tanaman Buah Ciptaan Tuhan (1.1,3.8,4.8)

2. Prilaku Hidup Sehat (2.1)

3. Prilaku Mandiri (2.8)

4. Kandungan vitamin dan manfaat buah (3.6, 4.6)

5. Karya Seni dengan berbagai media (3.15, 4.15)

6. Keajsaraan awal (3.12, 4.12)

Sentra Persiapan

1. Mengurutkan Gbr.Cara membersihkan buah (2.1)

2. Menirutulisan“nama macam2 buah (3.12–4.12)

3. Mengelompokkan Gbr. Buah sesuai warna (2.8,3.6,4.6)

4. Menyusun puzel bentuk buah-buahan (1.1,3.8,4.8)

5. Mengambar macam-macam buah (3.15–4.15)

 

Sentra Bahan Alam

1. Membentuk Macam2 buah-buahan dari plastisin (1.1,3.8,4.8)

2. Membuat warna dari buah naga (2.8,3.6–4.6)

3. Mewarnai gambar dengan bahan alam (buahnaga) (2.1)

4. Mencap dengan buah naga (3.15,4.15,3.12,4.12)

 

Sentra Main Peran

1. Penjual Buah-buahan (1.1,3.8,4.8)

2. Penjual Sate Buah (3.15,4.15,3.12,4.12)

3. Tempat Pelayanan(2.1)

4. Penjual jus buah(2.8,3.6–4.6)

Sentra Seni Kreatifitas

1. Membuat mainan buah-buhan dari ampas dan kertas krep (1.1,3.8,4.8)

2. Menggambar bebas (buah-buahan)(2.1)

3. Melipat keranjang buah (3.15,4.15)

4. Menggunting “Kartu“ nama buah yang berwarna  merah (2.8,3.6–4.6,3.12,4.12)

 

RPPM dikembangkan menjadi RPPH berikut ini
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELEJARAN HARIAN (RPPH)
PAUD / TK KELOMPOK 7

KELOMPOK  : 4 – 5 TAHUN
TEMA / SUB TEMA  : TANAMAN / BUAH-BUAHAN (BUAH NAGA)
KD YANG DIKEMBANGKAN  :  1.1, 3.8, 4.8, 2.8, 3.6, 4.6, 3.15, 4.15, 3.12, 4.12
Sentra  : BahanAlam

Muatan / Materi :
Tanaman Buah Ciptaan Tuhan (1.1,3.8,4.8)
Perilaku Hidup Sehat (2.1, 2.2)
Prilaku Mandiri (2.2)
Makan Buah (3.4,4.4)
Kandungan vitamin dan manfaat buah (3.6-4.6)
Karyaseni dengan berbagai media (3.15,4.15)
Keaksaraan awal (3.12-4.12)

Alat dan Bahan :
1. Alas dan Plastisin

2. Mangkuk, sarung tangan, buah naga, buah anggur, saringan
3. Gambar Buah naga, pewarna alam, kuas
4. Kertas, buahnaga, spidol, krayon

Kegiatan Awal :
Penyambutan siswa
Bermain bebas

Circle time :
Salam, doa, menyanyi bersama
Berbagi bercerita

Pijakan Lingkungan Main : 
Penataan Densitas 

Pijakan Sebelum Main :
Appersepsi, PenjelasanTema, SOP Aturan Bermain (misal : membereskan setelah bermain, dll)

Pijakan Saat Bermain
1. Membentuk macam-macam buah dari plastisin
2. Membuat warna dari buah naga dan anggur
3. Mewarnai gambar dengan bahan alam (buah naga & anggur)
4. Mencap dengan buah

Pijakan Setelah Bermain
Recalling, Memajang Hasil Karya Anak, Bercerita

Kegiatan Akhir
Doa, salam dan pulang

UPDATE:
Jika format diatas berantakan, ayah bunda dapat mendownloadnya dalam format DOC yang dapat diedit melalui link tautan berikut ini :

KLIK DISINI, Cara Membuat RPPM RPPH PAUD TK.doc

Penampakannya seperti dibawah ini, download format PDF klik disini