5 Langkah Mengembangkan Tema Menjadi Subtema



5 Langkah Mudah Membuat atau Mengembangkan Tema Menjadi Subtema PAUD, Langkah Langkah Membuat Tema Menjadi Subtema PAUD. Cara mengembangkan tema menjadi subtema PAUD dalam beberapa langkah mudah.

5 Langkah Mudah Mengembangkan Tema Menjadi Subtema PAUD

KELUASAN TEMA
Sebuah tema dapat dikembangkan menjadi sub tema, sub-sub tema, pokok bahasan, dan seterusnya. Jika pertanyaannya seberapa luas sebuah tema dikembangkan? Jawabannya tergantung seberapa luas pendidik dapat memfasilitasi pengembangan tema untuk member pengalaman baru pada anak.

Artinya bila pendidik yang banyak membaca tentu akan mengembangkan tema menjadi sangat luas, tetapi bisa juga sebaliknya.

Tidak ada ketentuan sebuah tema dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu. Artinya sebuah tema bisa dilaksanakan lama dan bisa juga singkat, tergantung keluasan tema dan minat anak terhadap tema tersebut. Ada kalanya satu tema membutuhkan waktu selama sebulan atau bahkan lebih, ada juga yang kurang dari sebulan.



Cara Membuat Mengembangkan Tema Menjadi Subtema PAUD tema menjadi sub tema  tema menjadi subtema identifikasi tema menjadi subtema pengembangan tema menjadi subtema

Langkah Langkah Membuat Tema Menjadi Subtema PAUD

Langkah-langkah Pengembangan Tema dan Subtema PAUD

Langkah-langkah yang dapat digunakan untuk pengembangan tema menjadi sub tema PAUD adalah sebagai berikut ( sesuai dengan gambar diatas ) :

1. Pemilihan Tema

Langkah pertama yang harus dilakukan pendidik adalah menetapkan tema apa yang akan dipakai untuk memfasilitasi kegiatan belajar anak. Bila akan menggunakan tema yang ada di pedoman guru, maka pilihlah tema yang paling dekat dengan kehidupan anak, yang paling diminati oleh anak, dan memungkinkan dilakukan oleh guru.

Menentukan sebuah tema yang akan dipakai penting dilakukan sebagai persiapan agar pendidik tidak hanyak menyiapkan diri tetapi juga menyiapkan alat dan bahan main yang sesuai dengan tema.

2. Mengembangkan tema menjadi sub tema

Apabila tema sudah ditetapkan, cobalah mengembangkannya menjadi sub-sub tema. Sub tema artinya bagian yang lebih khusus dari sebuah tema. Caranya dengan memikirkan apa saja yang terkait dengan tanaman. Contoh:

Tema dan Subtema PAUD

3. Menentukan sub tema yang akan digunakan

Dari sekian banyak sub-sub tema yang dikembangkan dari sebuah tema, pilihlah beberapa sub tema yang diperkirakan paling menarik bagi anak. contoh di atas mengembangkan dari Tema tanaman, bahasan tentang tanaman buah terdiri dari buah pisang, mangga, papaya, jeruk. Dari keempat sub tema tersebut ditetapkan apakah semuanya akan diambil atau hanya sebagian dari sub tema tersebut. Misalnya akan diambil 1 sub tema yaitu: pisang.
TEMA
SUB TEMA
Waktu
Tanaman
    1. Pisang
    2. Bayam
    3. Kentang
    4. Melati
    5. Kunyit
2 minggu
1 minggu
1 minggu
1 minggu
1 minggu

 

4. Penetapan Kompetensi Dasar

Cara Membuat Tema Menjadi Subtema PAUD

5. Penetapan Muatan/Materi Pembelajaran

Ayah bunda perlu memahami cara menurunkan KD menjadi menjadi Materi/Muatan Ajar.

Baca Cara Menurunkan Kompetensi Dasar (KD) Menjadi Materi/Muatan Ajar

Penggunaan Tema dalam Pembelajaran. Tema pada akhirnya digunakan dalam proses pembelajaran, sehingga dapat membantu pendidik dalam menjelaskan konsep pengetahuan kepada anak. Sebelumnya tema harus masuk dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran, sehingga pendidik mempersiapkan diri untuk:

  • Mengumpulkan informasi tentang tema dan sub tema
  • Menyiapkan bahan-bahan bacaan tentang tema dan sub tema
  • Menyiapkan alat-alat dan bahan yang diperlukan dalam kegiatan main yang sesuai tema
  • Membuat seting lingkungan yang menggambarkan tema
  • Menyiapkan kegiatan yang mendukung puncak tema.

Download Juga Pedoman Pengembangan Tema PAUD Pendidikan Anak Usia Dini