Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran PAUD K13



Download Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran PAUD K13. Sejalan dengan kurikulum PAUD 2013 Pengembangan tema merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran, karena penting untuk memfokuskan perhatian anak sehingga memudahkan pemahaman konsep dan pencapaian tugas perkembangan sesuai dengan usia anak.

Oleh karena itu, diperlukan kemampuan pendidik di dalam pemahaman dan  pengembangan tema merupakan hal yang harus diupayakan agar pencapaian hasil pembelajaran menjadi optimal. Jika pendidik memiliki kemampuan yang baik dalam mengembangkan tema maka proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan bermakna bagi anak.

Dengan disusunnya pedoman pengembangan tema ini diharapkan dapat mempermudah pendidik PAUD dalam mengembangkan tema pembelajaran di PAUD, sehingga pembelajaran menjadi lebih terarah, efektif dan efisien dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran PAUD K13



PEDOMAN PENGEMBANGAN TEMA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Klik Disini Untuk Download

Pembelajaran anak usia dini dapat dikembangkan dengan menggunakan tema. Melalui tema pembelajaran, peserta didik akan lebih mudah mengenal suatu konsep pengetahuan dan dapat mempelajari sesuatu yang bersifat konkret. Dengan demikian, indikator perkembangan anak dapat tercapai secara optimal.
Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pendidik PAUD banyak mengalami kendala dalam mengembangkan tema pembelajaran.  Hal ini antara lain disebabkan oleh kurangnya pengetahuan, kreativitas, kepekaan dan keberanian pendidik.  
Pendidik PAUD diharapkan dapat mengembangkan tema sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan tema agar pembelajaran yang dilaksanakan lebih menarik dan mendalam. Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan tersebut disusunlah “Pedoman Pengembangan Tema dalam Pembelajaran Anak Usia Dini”. Pedoman ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pendidik dalam mengembangkan tema di lembaga PAUD masing-masing.