Contoh Menurunkan Sub Tema Lingkunganku Untuk PAUD, Cara membuat sub tema Lingkunganku –Cara identifikasi tema Lingkunganku menjadi sub tema untuk pembelajaran PAUD. Membuat Cakupan Sub Tema Lingkunganku Untuk PAUD dapat dilakukan dengan cara identifikasi tema menjadi sub tema pembelajaran PAUD.

Sebuah tema dapat dikembangkan menjadi sub tema, sub-sub tema, pokok bahasan, dan seterusnya. Jika pertanyaannya seberapa luas sebuah tema dikembangkan? Jawabannya tergantung seberapa luas pendidik dapat memfasilitasi pengembangan tema untuk member pengalaman baru pada anak. Artinya bila pendidik yang banyak membaca tentu akan mengembangkan tema menjadi sangat luas, tetapi bisa juga sebaliknya.

Tidak ada ketentuan sebuah tema dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu. Artinya sebuah tema bisa dilaksanakan lama dan bisa juga singkat, tergantung keluasan tema dan minat anak terhadap tema tersebut. Ada kalanya satu tema membutuhkan waktu selama sebulan atau bahkan lebih, ada juga yang kurang dari sebulan.

Pembelajaran anak usia dini dapat dikembangkan dengan menggunakan tema. Melalui tema pembelajaran, peserta didik akan lebih mudah mengenal suatu konsep pengetahuan dan dapat mempelajari sesuatu yang bersifat konkret. Dengan demikian, indikator perkembangan anak dapat tercapai secara optimal.

Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pendidik PAUD banyak mengalami kendala dalam mengembangkan tema pembelajaran. Hal ini antara lain disebabkan oleh kurangnya pengetahuan, kreativitas, kepekaan dan keberanian pendidik.

Contoh Menurunkan Sub Tema Lingkunganku Untuk PAUD

Membuat Cakupan Sub Tema Lingkunganku Untuk PAUD

Untuk membantu para pendidik menurunkan sub tema dari sebuah tema Lingkunganku maka kami hadirkan cakupan tema dan sub tema PAUD berikut ini.
1. Keluargaku

  1. Anggota Keluarga ( Ayah, Ibu, Kakak, Adik, Nenek, Kakek, Paman, Bibi)
  2. Fungsi / Tugas tiap tiap anggota keluarga ( Ayah mencari nafkah, Ibu mendidik anak, memasak)
  3. Kebiasaan Kebiasaan dalam Keluarga :
    • Sehari hari (Ibu menyiapkan makanan, saya menyapu lantai)
    • Sewaktu waktu (kerja bakti di halaman, dalam rumah, masak bersama, makan bersama, rekreasi)
  1. Tata tertib dalam keluarga (Bila pergi pamit terlebih dahulu)
  2. Binatang peliharaan keluarga (Binatang yang ada di rumah anak masing masing)

2. Rumah

  1. Guna rumah ( tempat berkumpul keluarga untuk bertemu, melindungi diri dari panas dan hujan, tempat istirahat )
  2. Macam macam rumah  dilihat dari bahan pembuatannya ( dari batu bata, dari papan, kayu, ijok dan lain lain )
  3. Jenis jenis rumah :
    • Rumah tinggal / tempat tinggal : kantor, istana.
    • Rumah tempat ibadah (Masjid – Agama Islam, Gereja – Agama Khatolik, Kristen, Pura – hindu, Wihara – Budha).
    • Rumah Adat (Rumah : Joglo, Limasan, Rumah panggung)
    • Rumah Tempat Berobat (Puskesmas, Rumah sakit , Poliklinik)
    • Rumah untuk binatang (kandang) dan lain lain.
  1. Bagian bagian rumah (pintu, jendela, atap, ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, dapur,  kamar  mandi / WC)
  2. Alat alat dan perkakas di dalam rumah (meja, kursi, almari, buffet, tempat tidur  dan lain lian)
  3. Lingkungan rumah (kebun / halaman, warung / toko, tetangga)

3. Sekolah

  1. Kegunaan Sekolah ( di TK tempat bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain.
  2. Gedung dan Halaman sekolah :
    • Gedung ( Kantor, kelas, ruang guru, ruang TU, ruang UKS, ruang bermain, ruang perpustakaan, kamar mandi / WC, dapur, gudang)
    • Halaman sekolah : pagar, tanaman, binatang peliharaan, alat permainan, papan titian, jungkitan dan lain lain)
  1. Orang yang ada di  sekolah ( Kepala sekolah, guru, murid, tata usaha,pesuruh, tukang kebun)
  2. Alat alat yang ada di sekolah dan kegunaanya
    • Alat permaiann di dalam (puzzle, kubus, balok)
    • Alat permainan di luar  (papan titian, luncururan, jungkitan, ayunan dan lain lan).
    • Perabot sekolah ( papan tulis, kapur, penghapus, penggaris).
    • Obat obatan ( obat merah, minyak kayu putih dan lain lain).
  1. Tata tertib di sekolah.
    • Datang tidak terlambat.
    • Didalam kelas sebelum / sesudah kegiatan. 
    • Diluar kelas berbaris, bermain bergantian.
  1. Lingkungan sekolah ( halaman, kebun, lapangan, warung / toko, puskesmas dan lain lan)

Alokasi Waktu Tema Lingkunganku untuk PAUD

Contoh tema dan sub tema Lingkunganku untuk PAUD memakan waktu 4 minggu dengan rincian (dapat diubah sesuai dengan kondisi lembaga):

  1. Minggu 1 : dimulai dari nomor 1a sampai 1e
  2. Minggu 2 : dimulai dari nomor 2a sampai 2c
  3. Minggu 3 : dimulai dari nomor 2d sampai 3a
  4. Minggu 4 : dimulai dari nomor 3b sampai 3c
  5. Minggu 4 : dimulai dari nomor 3d sampai 3f

Manfaat Menggunakan Tema Pembelajaran untuk PAUD

Dengan menggunakan tema pembelajaran, diharapkan akan bermanfaat dalam :

  1. Menghubungkan bahasan satu dengan lainnya, sesuai dengan cara berpikir anak. 
  2. Sebagai Topik bahasan. Topik bahasan yang dekat dan dikenal anak membuat anak lebih dapat terlibat di dalamnya.
  3. Menghubungkan pengetahuan sebelumnya dengan pengetahuan yang baru  yang sudah dimiliki anak.
  4. Memudahkan pendidik PAUD dalam pengembangan kegiatan belajar sesuai dengan konsep dan sarana yang dimiliki lingkungan.