Bagaimana Cara Melakukan Evaluasi dan Penilaian PAUD



Bagaimana sih cara evaluasi dan penilaian PAUD ? Cara melakukan evaluasi pada sekolah PAUD tidak sama dengan mengevaluasi sekolah SD, SMP, SMA bahkan tingkat universitas. Evaluasi yang dilakukan pada sekolah PAUD lebih kearah kualitatif dari pada kuantitatif.

cara penilaian anak paud metode penilaian di paud alat dan cara penilaian di paud

Penerapan Cara Evaluasi dan Penilaian PAUD

Saat menilai anak bukan dengan membandingkan dengan anak lain tetapi berdasarkan perkembangan yang dicapai anak.

Itu adalah prinsip utama dalam melakukan evaluasi penilaian paud. Ada tiga cara dalam menilai atau mengevaluasi peserta didik PAUD, yaitu sebagai berikut:



  1. Penilaian Menggunakan Simbol
  2. Penilaian Menggunakan Portofolio
  3. Penilaian Gabungan

1. Evaluasi dan Penilaian PAUD Menggunakan Simbol

Cara penilaian: Jika guru akan melaksanakan penilaian menggunakan symbol, maka cara yang dipakai adalah :

a. Observasi
Guru melakukan pengamatan langsung terhadap sikap, perilaku dan kemampuan peserta didik di sekolah.

b. Catatan Anekdot (anecdotal record)
Guru melakukan pengamatan langsung mengenai sikap dan perilaku peserta didik yang muncul secara tiba-tiba.

c. Percakapan
Guru menilai melalui interaksi lisan untuk mendapatkan informasi mengenai pengetahuan peserta didik tentang suatu hal.

d. Penugasan
Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk dikerjakan baik individu maupun kelompok.

e. Unjuk Kerja
Guru melakukan penilaian dengan memberikan tugas dalam bentuk kegiatan yang dapat diamati, misalnya olah raga, praktek menyanyi, atau memperagakan sesuatu.

2. Evaluasi dan Penilaian PAUD Menggunakan Portofolio

Jika guru akan melakukan penilaian menggunakan portofolio dapat menggunakan cara penilaian berikut :

Kegiatan Observasi, catatan anekdot, percakapan langsung, penugasan, unjuk kerja dan juga mengumpulkan hasil karya anak.

Cara penilaian yang dilakukan hamper sama dengan penilaian menggunakan simbol, tetapi penilaian portofolio lebih lengkap karena disertai deskripsi-deskripsi secara menyeluruh, sedangkan menggunakan simbol hanya dengan simbol-simbol tertentu yang tidak dijelaskan secara rinci.

3. Evaluasi dan Penilaian PAUD Menggunakan Cara Gabungan

Penilaian gabungan adalah cara guru menilai hasil belajar siswa dengan menggabungkan kedua cara yang sudah diuraikan diatas, yaitu menggunakan simbol dan juga menggunakan portofolio.

Penilaian dengan cara ini yang dianggap sangat tepat karena memadukan kedua cara menadi satu, sehingga dalam melihat nilai peserta didik tidak kesulitan karena menggunakan simbol dan juga diperjelas menggunakan portofolio.

Sekarang kurikulum PAUD terbaru adalalah Kurikulum 2013 PAUD,untuk itu kami sudah sediakan cara evaluasi dan penilaian PAUD sesuai kurikulum 2013 untuk tk dan kelompok bermain. Silahkan Lihat Disini.