Manfaat Penilaian PAUD Bagi Anak, Guru dan Orangtua. Penilaian PAUD merupakan proses pengukuran terhadap hasil dari kegiatan belajar anak.
Penilaian kegiatan belajar di PAUD menggunakan pendekatan penilaian otentik. Penilaian otentik merupakan penilaian proses dan hasil belajar untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi sikap (spiritual dan sosial), pengetahuan dan keterampilan berdasarkan fakta yang sesungguhnya.
Penilaian pada pendidikan anak usia dini dilaksanakan pada saat anak bermain, berinteraksi dengan teman atau guru, saat anak mengomunikasikan pikiran melalui hasil karyanya. Hal penting yang harus dipahami dan dirubah pemahaman guru bahwa hasil karya anak bukan untuk dinilai bagus tidaknya tetapi untuk dianalisa kemajuan perkembangan yang di capai anak.
Penilaian perkembangan dalam pendidikan anak usia dini bukan hal yang sederhana karena banyak faktor yang perlu diperhatikan pada saat pengumpulan fakta, analisa terhadap perilaku anak saat bermain, dan analisa hasil karya anak.
Keseriusan, ketelitian mengamati dan objektivitas di dalam pengelolaan fakta tanpa dicampuri dengan asumsi-asumsi, menjadi data yang mampu menggambarkan siapa dan bagaimana anak sesungguhnya. Data-data inilah yang kemudian dikomunikasikan kepada orang tua sebagai laporan untuk ditindaklanjuti bersama, baik di satuan PAUD maupun pengasuhan di rumah.
Manfaat Penilaian PAUD Bagi Anak, Guru dan Ortu
Penilaian memiliki manfaat bagi semua pihak, termasuk bagi anak itu sendiri. Di bawah ini beberapa manfaat melakukan penilaian di PAUD:
A. Manfaat Penilaian PAUD Bagi anak-anak:
- Memelihara pertumbuhan anak lebih sehat dan konsisten.
- Perkembangan anak menjadi lebih optimal.
- Anak mendapatkan stimulasi sesuai dengan minat dan perkembangannya.
- Anak mendapatkan dukungan yang lebih sesuai dengan kebutuhan perkembangannya.
B. Manfaat bagi orang tua/keluarga:
- Orang tua memperoleh informasi tentang pertumbuhan, perkembangan dan minat anak di satuan PAUD.
- Memudahkan orang tua dalam memberikan stimulasi yang sesuai dan berkelanjutan di rumah.
- Membuat keputusan bersama antara orang tua dengan pihak satuan PAUD dalam memberikan dukungan dan memenuhi kebutuhan anak.
C. Manfaat bagi guru :
- Mengetahui perkembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan anak.
- Mendapatkan informasi awal tentang hambatan atau gangguan dalam tumbuh-kembang anak.
- Mengetahui kesesuaian stimulasi dalam layanan dengan kebutuhan perkembangan anak.
- Dapat memberikan dukungan yang tepat kepada anak.
- Memiliki data dan informasi tentang perkembangan anak untuk pembuatan rencana pembelajaran selanjutnya