Perpres PAUD HI dan Pelaksanaan PAUD di Indonesia



Setelah sebelumnya kami sajikan ulasan singkat dan link download untuk Perpres PAUD HI yaitu Perpres No. 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif kini kami akan menyajikan implikasi perpres PAUD HI tersebut terhadap pelaksanaan Program PAUD.

Peaturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif merupakan perpres yang sangat mulia karena Pemerintah akan mengkoordinasikan semua layanan anak usia dini (sejak janin s/d usia 6 tahun) agar secara simultan kebutuhan dasar anak terpenuhi sesuai dengan tahap perkembangan dan kebutuhan spesifiknya.

peraturan paud holistik integratif model paud holistik integratif contoh paud holistik integratif tujuan paud holistik integratif senam paud holistik integratif

Kebutuhan dasar anak yang dimaksud adalah:

Asah= stimulasi pendidikan
Asuh= fisis biomedis (gizi, kesehatan)
Asih = kasih sayang, kesejahteraan, perlindungan



Implikasi Perpres PAUD HI Terhadap Pelaksanaan Program PAUD

  • Jika NSPK dan SPM PAUD tidak disiapkan secara utuh dan jelas dg mengacu pada UU No.20/2003 beserta PP nya yg terkait, dan Standar PAUD yg ada (Perpemdiknas No. 58/2009), maka eksistensi lembaga-lembaga PAUD di lapangan bisa  ‘gamang’ (ijin, biaya, pembinaan, dll)
  • Jika ‘Gugus Tugas’ di setiap level tidak memahami NSPK & SPM PAUD dg baik dan benar, maka  perencanaan dan pelaksanaan PAUD (termasuk bimtek, evaluasi, pelaporan, dll) di lapangan bisa rancu
  • Perlu penataan ulang thd TUSI Pengawas TK/Penilik yg membidangi PAUD sesuai tujuan PAUD H-I di satu pihak, dan amanat UU No.20/2003 pada lain pihak . Bagaimana pun juga, posisi UU No. 20/2003 lebih tinggi ketimbang Perpres 60/2013. UU No. 20/2003 terkait dg substansi PAUD nya, sedangkan Perpres 60/2013 terkait dengan koordinasinya

Contoh Pasal yangg Bisa Berpotensi Menjadikan ‘Gamang’

(1)  Pasal 10 Perpres 60/2013 menyebutkan:  “Gugus Tugas mempunyai tugas”, a.l. :
a.mengkoordinasikan pembuatan kebijakan PAUD H-I;
b.menyinkronkan penyusunan rencana program, kegiatan dan anggaran PAUD HI pada kementerian dan lembaga pemerintah non-kementerian;
c.memobilisasi sumber dana, sarana dan daya dalam rangka pelaksanaan PAUD HI

(2)  Pasal 16 menyebutkan “Pemda melaksanakan PAUD HI di daerah masing-masing dengan mengacu kepada kebijakan yg ditetapkan Gugus  Tugas”

(3)   Sementara  itu Pasal 17 ayat (6)  menyebutkan “Gugus Tugas Provinsi, dan Kab/Kota dalam  melaksanakan PAUD H-I berpedoman pada NSPK yg ditetapkan oleh kementerian/lembaga pemerintah non-kementerian
terkait serta berkoordinasi  dengan Gugus Tugas”.

BAGAIMANA MENGANTISIPASINYA?

1. PARA PENANGGUNG JAWAB PAUD DI SEMUA TINGKATAN HARUS MEMAHAMI BENAR:

– ISI PERPRES 60/2013
– ISI  UU NO 20/2003 TTG SISDIKNAS, TERUTAMA  Pasal 1 butir 14  ttg pengertian PAUD, dan Pasal 28 tentang PAUD
– semua PP  yang ada PAUD nya, serta Permen  58/2009 ttg Standar PAUD.

2. PARA PENANGGUNG JAWAB PAUD  harus paham bahwa  amanat UU No 20/2003 layanan PAUD  sejak anak lahir s/d usia 6 tahun. oleh karena itu betapapun  sulitnya  kita menggarap  anak yang di bawah 3 tahun, tetapi tanggung jawab  di bidang  stimulasi pendidikan tetap ada di Dikbud.

3. Bisa dipertimbangkan,  usulan yang pernah kita bahas pada waktu rakor PAUDNI tahun lalu, a.l. mungkin perlu format baru menghitung APK PAUD.  Mis.: untuk anak usia 3-6 tahun dengan APK PAUD, sedangkan untuk anak 0-2 tahun dengan Angka  Anak Terlayani  (AAT) PAUD. Pengertian ‘terlayani’ tidak harus masuk di lembaga PAUD, tetapi bisa misalnya di Posyandu yang mendapatkan stimulasi pendidikan, atau di keluarga tetapi orang tuanya mendapatkan ‘parenting education’ dari  Dit PAUD. Wacana AAT PAUD saat ini sedang didiskusikan di  Tim penyusun Draft  RPJM 2015-2019 untuk sektor Pendidikan , untuk mengakomodasi  Pasal 28 UU No. 20/2003 dan Perpres 60/2013 dan Permendiknas 58/2009

Mohon Dicamkan dengan baik :

UU NO. 20/2003 (SISDIKNAS)

Pengertian Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD): suatu upaya pembinaan yg ditujukan kpd anak sejak lahir sampai usia 6 th yg dila-kukan melalui pemberian rangsangan pendi-dikan utk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut (Ps. 1, butir 14)

PAUD Diselenggarakan sblm jenjang Dikdas {Ps.28, ayat (1)}

PAUD dpt diselenggarakan melalui jalur pdkn formal, nonformal, dan/atau informal {Ps.28, ayat (2)}

PAUD jalur pdkn formal: TK, RA, atau bentuk lain yg sederajat {Ps.28, ayat (3)}

PAUD jalur pdkn nonformal: KB, TPA, atau bentuk lain yg sederajat {Ps.28, ayat (4)}

PAUD jalur pdkn informal: pdkn keluarga/pdkn yg diselenggarakan oleh lingkungan {Ps.28, ayat (5)}

Anak Usia Dini= 0-6 th

PERPRES NO. 60/2013 (PAUD H-I)

Pengertian anak usia dini: anak sejak janin dlm kandungan s/d usia 6 th, yg dikelom-pokkan : janin dlm kandungan – lahir; lahir-28 hari; 1-24 bulan; 2-6 th (Ps. 1 butir 1)

 

Pengertian Pengemb. Anak Usia Dini Holistik-Integratif (PAUD H-I): upaya pengemb. anak usia dini yg dilakukan utk memenuhi kebutuhan esensial anak yg beragam dan saling terkait scr simultan, sistematis, dan terintegrasi (Ps.1, butir 2)

 

Keluarga: unit terkecil dlm masy yg terdiri dari suami isteri, atau suami istri dan anaknya, atau ayah dan anaknya, atau ibu dan anaknya, atau keluarga sedarah dlm garis lurus ke atas atau ke bawah s/d derajat ketiga (Ps.1, butir 3)

 

Anak Usia Dini = Janin-6 th

 

 

PENGERTIAN ‘AUD’, ‘PAUD HI’ DAN ‘PAUD’

ANAK USIA DINI (AUD) >> DALAM PERPRES NO.60/2013 :  sejak janin – 6 th:
           a. janin (dlm kandungan) – lahir
           b. Lahir – 28 hari
           c. 1- 24 bulan
           d. 2 – 6 tahun

DALAM UU NO 20/2003  :  0 – 6th

Pengem-Bangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif (PAUD H-I) >> Upaya Pengembangan Anak Usia Dini Yg Dilakukan Utk Memenuhi Kebutuhan Esensial  Anak  Yg Beragam Dan Saling Terkait Secara Simultan, Sistematis, Dan Terintegrasi (Perpres No. 60 /2013, Ps.1 Butir 2)

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) >> Suatu Upaya Pembinaan  Yg  Ditujukan  Kpd  Anak Sejak  Lahir  S/D  Usia  6 Th  Yg  Dilakukan  Melalui  Pemberian Rangsangan Pendidikan  Utk Membantu Pertumbuhan  Dan  Perkembangan  Jasmani  Dan Rohani Agar Anak Memiliki Kesiapan Dlm Memasuki Pendidikan Lebih Lanjt (UU No 20/2003, Ps.1 Butir 14)

Selengkapnya download presentasi pak Gutama tentang Implikasi Perpres PAUD HI terhadap pelaksanaan Program PAUD, KLIK DISINI

(Untuk download Perpres PAUD HI (Perpres No. 60 tahun 2013 bisa dilihat pada postingan sebelumnya, link sudah kami sediakan di awal paragraf)