Perencanaan Media Pembelajaran PAUD (TK KB TPA SPS) –Merencanakan media pembelajaran anak usia dini adalah hal yang sangat penting dilakukan dalam setiap kegiatan. Apapun jenis kegiatannya faktor perencanaan ini sangat penting untuk diperhatikan mengingat banyak kegiatan yang akhirnya kurang berhasil atau bahkan mengalami kegagalan dan tidak mencapai hasil yang maksimal akibat tidak direncanakan dengan baik.
Banyak ahli yang mengatakan bahwa perencanaan yang baik adalah lima puluh persen keberhasilan. Pendapat tersebut menunjukkan bahwa perencanaan tidak boleh diabaikan dan dianggap sepele.
Perencanaan media pembelajaran dimulai dengan mengadakan identifikasi kebutuhan media di suatu lingkungan pendidikan anak usia dini.
Kebutuhan-kebutuhan ini dirumuskan melalui observasi atau pengamatan, wawancara atau diskusi tentang masalah pendidikan khususnya masalah yang berkenaan dengan proses pembelajaran serta penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran anak usia dini.
Berdasarkan identifikasi kebutuhan tersebut Pendidik PAUD atau calon Pendidik memperoleh data tentang jenis-jenis media pembelajaran yang dibutuhkan untuk program pembelajaran anak usia dini. Jenis-jenis media yang diidentifikasi tersebut harus disesuaikan dengan tema, kemampuan dan tujuan yang diinginkan.
Perencanaan Media Pembelajaran PAUD (TK KB TPA SPS)
Data kebutuhan ini dirinci untuk bahan pertimbangan dalam rencana pengadaan media pembelajaran.
Identifikasi kebutuhan media pembelajaran ini dapat dirancang oleh Pendidik PAUD menurut contoh format sederhana sebagai berikut (jika tidak jelas bisa melihat gambar diatas).
Tema / Subtema
|
Kemampuan/ Indikator Hasil Belajar
|
Sumber Belajar yang Dibutuhkan
|
Keterangan
|
Aku |
Bahasa :
|
Boneka tangan, boneka jari, dan lain- lain |
Boneka tangan ini
dapat dibuat dari bahan-bahan bekas, selanjutnya dirancang agar menjadi lebih menarik. |
Media pembelajaran PAUD ini didapatkan dari berbagai sumber seperti: pembelian, hadian atau sumbangan, kerjasama dengan pihak lain atau membuat sendiri. Alternatif dalam pengadaan dapat dilakukan melalui kegiatan pembelian ataupun kegiatan pembuatan/membuat sendiri.
Pembelian sangat terkait dengan kemampuan Pendidik untuk memilih media-media pembelajaran mana yang sesuai dengan kebutuhan. Sementara itu pembuatan sangat erat kaitannya dengan kegiatan pengembangan media yang harus dikuasai oleh para Pendidik PAUD.