Perencanaan Media Pembelajaran PAUD (TK KB TPA SPS)



Perencanaan Media Pembelajaran PAUD (TK KB TPA SPS) –Merencanakan media pembelajaran anak usia dini adalah  hal  yang  sangat  penting  dilakukan  dalam  setiap  kegiatan. Apapun jenis kegiatannya faktor perencanaan ini sangat penting untuk diperhatikan mengingat banyak kegiatan yang akhirnya kurang berhasil atau bahkan mengalami kegagalan dan tidak mencapai hasil yang maksimal akibat tidak direncanakan dengan baik.

Banyak ahli yang mengatakan bahwa perencanaan yang baik adalah lima puluh persen keberhasilan. Pendapat tersebut menunjukkan bahwa perencanaan tidak boleh diabaikan dan dianggap sepele.
Perencanaan media pembelajaran dimulai dengan mengadakan identifikasi kebutuhan media di suatu lingkungan pendidikan anak usia dini.

Kebutuhan-kebutuhan ini dirumuskan melalui observasi atau pengamatan, wawancara atau diskusi tentang masalah pendidikan khususnya masalah yang berkenaan dengan proses pembelajaran serta penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran anak usia dini.

Berdasarkan identifikasi kebutuhan tersebut Pendidik PAUD atau calon Pendidik memperoleh data tentang jenis-jenis media pembelajaran yang dibutuhkan untuk program pembelajaran anak usia dini. Jenis-jenis media yang diidentifikasi tersebut harus disesuaikan dengan tema, kemampuan dan tujuan yang diinginkan.



Perencanaan Media Pembelajaran PAUD (TK KB TPA SPS) media pembelajaran paud media pembelajaran paud/tk media pembelajaran paudni media pembelajaran paud dari bahan alam media pembelajaran paud berbasis alam media pembelajaran paud berbasis karakter media pembelajaran paud 2013 media pembelajaran paud.ppt media pembelajaran paud 2010 media pembelajaran paud dari barang bekas media pembelajaran paud pdf media pembelajaran matematika paud fungsi media pembelajaran paud media kreatif pembelajaran paud pemanfaatan media pembelajaran paud media pembelajaran interaktif paud free download makalah media pembelajaran paud media pembelajaran di paud macam media pembelajaran paud pendidikan pengertian media pembelajaran paud contoh media pembelajaran anak paud contoh media pembelajaran untuk anak paud membuat media pembelajaran untuk anak paud media pembelajaran anak paud media pembelajaran untuk anak paud artikel media pembelajaran paud media pembelajaran audio visual paud media pembelajaran paud menurut para ahli hakekat media dalam pembelajaran anak paud media pembelajaran bagi anak paud

Perencanaan Media Pembelajaran PAUD (TK KB TPA SPS)

Data kebutuhan ini dirinci untuk bahan pertimbangan dalam rencana pengadaan media pembelajaran.
Identifikasi kebutuhan media pembelajaran ini dapat dirancang oleh Pendidik PAUD menurut contoh format sederhana sebagai berikut (jika tidak jelas bisa melihat gambar diatas).

Tema / Subtema
Kemampuan/ Indikator Hasil Belajar
Sumber Belajar yang Dibutuhkan
Keterangan
Aku
Bahasa :
  • anak dapat menirukan kembali urutan angka, urutan kata (latihan pendengaran)
  • anak dapat mengikuti beberapa perintah sekaligus
  • anak dapat menggunakan dan menjawab pertanyaan apa, mengapa, dimana, berapa, bagaimana dan lain sebagainya.
Boneka tangan, boneka jari, dan lain- lain
Boneka tangan ini

dapat dibuat dari bahan-bahan bekas, selanjutnya dirancang agar menjadi lebih menarik.

Media pembelajaran PAUD ini didapatkan dari berbagai sumber seperti: pembelian, hadian atau sumbangan, kerjasama dengan pihak lain atau membuat sendiri. Alternatif dalam pengadaan dapat dilakukan melalui kegiatan pembelian ataupun kegiatan pembuatan/membuat sendiri.

Pembelian sangat terkait dengan kemampuan Pendidik untuk memilih media-media pembelajaran mana yang sesuai dengan kebutuhan. Sementara itu pembuatan sangat erat kaitannya dengan kegiatan pengembangan media yang harus dikuasai oleh para Pendidik PAUD.