Buku ini merupakan modul pengembangan kurikulum TK yang meupakan salah satu layanan PAUD menggunakn pendekatan holistik integratif dan juga merupakan produk Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah 2013. Muatan Pembelajaran (Kurikulum) PAUD berisi tentang pengetahuan serta nilai-nilai apa saja yang dapat dipelajari anak usia dini. Muatan kurikulum tidak semata mengembangkan kognitif tetapi seluruh aspek perkembangan anak.

Muatan kurikulum seharusnya memuat pengetahuan yang membantu anak menjadi anak yang diharapkan, yakni anak yang memiliki sifat dan karakter yang dibutuhkan untuk menjalani kehidupan di masa depan.

Pengembangan Kurikulum TK Holistik

Memaknai tantangan masa depan yang harus dihadapi anak, maka sifat dan karakter yang dibutuhkan agar anak dapat survive di masanya setidaknya 5 muatan dasar. Kelima muatan tersebut disarikan dari sifat-sifat dasar anak Indonesia dan prediksi kondisi Indonesia di masa depan yang membutuhkan orang-orang yang memiliki ketahanan dan kemampuan untuk berkembang dan mencapai prestasi dalam kondisi yang sangat dinamis. Lima muatan tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Religius dan bermoral
  2. Sehat
  3. Menguasai Pengetahuan dan Teknologi
  4. Komunikatif
  5. Pembelajar yang aktif (Tangguh, berkarakter, kolaboratif kontributif, dan Berjiwa entrepreneur)

Modul dimaksud sangat diperlukan dalam upaya pengembangan potensi anak usia dini yang terlayani melalui Lembaga PAUD yang lebih memfokuskan kepada aspek bermain. Karena dengan bermain, anak-anak memiliki kesempatan untuk bereksplorasi, menemukan, mengekspresikan perasaan, berekreasi, belajar yang lebih menyenangkan.

Oleh sebab itu kurikulum yang dikembangkan disusun berdasarkan karakteristik dan prinsip-prinsip PAUD serta dalam rangka mengembangkan seluruh potensi maupun dalam memberikan stimulasi kepada anak usia dini, baik melalui layanan berbentuk Taman Penitipan Anak (TPA), Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-kanak (TK) dan Satuan PAUD Sejenis (SPS).

Namun semua itu bisa tercapai manakala peran Pendidik dan Tenaga Kependidikan bisa dilakukan secara optimal. Pelaksanaannya hendaknya dilakukan secara terpadu dengan memperhatikan proses pembelajaran yang sesuai dengan minat dan kebutuhan anak usia dini.

pengembangan kurikulum tk holistik integratif pengembangan pembelajaran tk

Download Buku Pengembangan Kurikulum TK

Kami informasikan bahwa buku ini sudah tidak berlaku karena buku ini mengacu pada Permendiknas 58 sebagai Standar PAUD, sehingga gunakanlah peraturan penggantinya yaitu Permendikbud 137 tahun 2014: Bagi ayah bunda yang ingin mendapatkan buku ini silahkan unduh secara gratis melalui link tautan berikut ini. 

Download Buku Disini

Program pengembangan pembelajaran di TK atau pengembangan kurikulum TK ini diarahkan pada pencapaian perkembangan anak sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak berdasarkan tingkat pencapaian perkembangan anak yang dikategorikan dalam kelompok umur 4 – 6 tahun sebagai acuan normative dan dikembangkan untuk mempersiapkan peserta didik agar siap mengikuti pendidikan pada jenjang SD, atau bentuk lain yang sederajat.

Semoga dengan tersusunnya Modul Pengembangan Pembelajaran (Kurikulum) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ini diharapkan dapat dijadikan acuan/rujukan bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Pihak lainnya dalam menyelenggarakan dan mengelola proses pembelajaran di Lembaga PAUD.