Buku pegangan guru TK A untuk PAUD usia 4-5 tahun full 326 halaman lengkap adalah buku panduan pendidik paud yang ditujukan untuk taman kanak-kanak, di dalamnya dilengkapi tema program semester, sampai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran harian, RPPH. Pada lembaga PAUD, pendidik/guru memiliki peran kunci dalam membantu anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Berikut ini adalah sistematika artikel dalam memudahkan pembacaan:
Buku Pegangan Guru TK A
Terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 137 tahun 2014 tentang Standar PAUD dan nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, mendorong Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengembangkan buku panduan yang operasional sebagai sumber ide/gagasan bagi guru dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran di PAUD. Buku panduan untuk Pendidik PAUD (TK/KB) yang dikembangkan ditujukan untuk para pendidik/guru PAUD yang melayani anak usia 4-5 tahun dan 5-6 tahun.
Fungsi Buku Panduan Pendidik TK A
Buku pegangan guru tk ini memiliki beberapa fungsi dalam implementasi kurikulum 2013 paud diantaranya adalah:
- Memberikan wawasan bagi pendidik dan atau pengasuh PAUD tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
- Memberi contoh cara mengembangkan kegiatan pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
- Memberi contoh dan penjelasan yang memandu pendidik dan atau pengasuh untuk dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran di PAUD khususnya usia 5-6 tahun.
Mengingat banyak stakeholder atau pemangku kepentingan program PAUD, agar sinkron segala aspeknya buku pegangan guru paud diperuntukkan kepada:
- Organisasi profesi
- Organisasi mitra
- Dinas pendidikan
- Penilik dan pengawas PAUD
- Kepala dan pendidik dan/atau pengasuh
Apakah Sekolah PAUD Penting?
SEJAK dipublikasikannya hasil-hasil riset mutakhir di bidang neuroscience dan psikologi, fenomena Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan suatu yang HARUS dan sifatnya PENTING. Pasalnya, perkembangan otak pada usia dini tersebut (0-6 tahun) mengalami percepatan hingga 80% dari keseluruhan otak orang dewasa.
Hal ini menunjukkan bahwa seluruh potensi dan kecerdasan serta dasar-dasar perilaku seseorang telah mulai terbentuk pada usia tersebut. Sedemikian pentingnya masa itu sehingga usia dini sering disebut the golden age (usia emas). Atas dasar ini, disimpulkan bahwa untuk men ciptakan generasi yang cerdas dan berkualitas, pendidikan harus dilakukan sejak dini. Dan satu-satunya cara untuk memulainya adalah dengan menyelenggarakan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini atau disingkat (PAUD).
20 Alasan Pentingnya PAUD (TK/KB) Bagi Anak Usia Dini & Orang Tua
Download Buku Pegangan Guru TK A
Ayah bunda bisa mendapatkan buku panduan pendidik paud ini melalui tombol donwload yang tersedia melalui tautan berikut ini (mohon menunggu sampai antrian diproses oleh sistem):
Buku Panduan pendidik TK-A ini memiliki fungsi sebagai acuan dalam pelaksanan kegiatan pembelajaran di TK. Mengingat pentingnya buku ini, disarankan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
- Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
- Pahamilah setiap Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Perkembangan yang dikaitkan dengan tema.
- Upayakan untuk mencakup Kompetensi Inti (KI) 1 dan kl 2 dalam semua kegiatan pembelajaran. Dukunglah ketercapaian kompetensi Inti (KI) 1 dan KI 2 dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
- Kembangkan ide-ide kreatif dalam memilih kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan. Pilihlah metode pembelajaran yang sesuai dengan kegiatan yang akan dilakukan agar bisa dicapai kompetensi yang ditetapkan.
- Biasakan anak untuk mengamati dengan menggunakan seluruh indera mereka. Kembangkanlah keterampilan bertanya pada anak yang mendorong terciptanya landasan bagi berkembangnya kemampuan berpikir tingkat tinggi.
- Optimalkan penggunaan indera pada anak.
- Gunakanlah berbagai media atau sumber belajar yang tersedia di lingkungan sekolah.
- Karena tema-tema dan sub-sub tema yang ada di buku panduan ini merupakan contoh. Pendidik dapat mengadopsi, mengadaptasi, memodifikasi, atau mengganti sesuai dengan kondisi dan/atau kebutuhan pembelajaran di satuan PAUD masing-masing.
- Pastikan semua anak berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran termasuk anak yang mempunyai kebutuhan khusus.