Modul Ajar KB B (3-4 Tahun) Semester 1 tahun ajaran 2024/2025 dilengkapi modul ajar projek P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Modul Ajar KB Kurikulum Merdeka Semester 1 terdiri dari 18 minggu pembelajaran. Artikel ini akan membahas tentang modul ajar terbaru untuk PAUD Kelompok Bermain (KB) dalam konteks Kurikulum Merdeka PAUD, khususnya untuk semester 1.
Apa itu Kurikulum Merdeka PAUD?
Kurikulum Merdeka PAUD adalah sebuah inovasi pendidikan yang dirancang untuk memberikan fleksibilitas dan kebebasan kepada pendidik dalam mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi anak. Kurikulum ini menekankan pada: (1) Keterampilan abad 21, (2) Pembelajaran berbasis permainan, (3) Pengembangan karakter, dan (4) Literasi dan numerasi dasar.
Mengapa diperlukan modul ajar PAUD? Modul ajar dalam Kurikulum Merdeka untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) sangat diperlukan karena berfungsi sebagai panduan yang terstruktur bagi pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan cara yang menarik dan efektif. Modul ini dirancang untuk mendukung perkembangan holistik anak, mencakup aspek nilai agama dan moral, nilai Pancasila, fisik motorik, kognitif, bahasa dan sosial emosional, dengan pendekatan yang fleksibel dan responsif terhadap kebutuhan masing-masing anak.
Selain itu, modul ajar membantu menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan melalui aktivitas yang melibatkan permainan, kreativitas, dan interaksi sosial, sehingga anak-anak dapat belajar dengan cara yang alami dan menyenangkan. Dengan demikian, modul ajar tidak hanya memfasilitasi proses belajar mengajar tetapi juga meningkatkan keterlibatan orang tua, mempersiapkan anak untuk tahap pendidikan selanjutnya, dan memastikan bahwa mereka memperoleh pengalaman belajar yang inklusif dan beragam.
Contoh Modul Ajar PAUD KB B Semester 1 (3-4 Tahun)
Modul Ajar KB B (3-4 Tahun) Semester 1 2024/2025 Kurikulum Merdeka PAUD merupakan instrumen penting dalam mewujudkan pendidikan anak usia dini yang berkualitas dan sesuai dengan perkembangan zaman. Dengan fokus pada pengembangan holistik melalui pendekatan yang fleksibel dan berpusat pada anak, modul ini diharapkan dapat membantu pendidik dalam menciptakan pengalaman belajar yang optimal bagi anak-anak usia 3-4 tahun.
Berikut adalah contoh buku modul ajar PAUD KB B Semester ganjil yang bisa dibaca online melalui buku berikut ini:
Ayah bunda dapat download modul ajar KB B (3-4 tahun) Semester 1 untuk play group atau kelompok bermain usia 3-4 tahun dalam format docx (disediakan minggu pertama) dan juga pdf melalui link tautan berikut ini. Ada sedikit penjelasan disini:
- Bahwa modul ajar PAUD yang dikembangkan PAUD Jateng sudah menggunakan Capaian Pembelajaran revisi BSKAP 032/H/KR/2024. Hal ini bisa dilihat dari sub elemen yang sesuai dengan peraturan tersebut.
- Kegiatan Inti yang disajikan merupakan “pilihan kegiatan”, itu artinya ayah bunda tidak harus menjalankan ‘semua’ kegiatan inti yang disajikan.
- Modul ajar ini dilengkapi buku cerita PAUD atau video edukasi anak
- Semua daftar topik yang ada di bawah ini merupakan turunan dari Topik dan Subtopik TK/KB Kurikulum Merdeka 2024/2025
- Topik Intrakurikuler: topik atau tema yang digunakan bebas, tidak terikat namun tetap memperhatikan prinsip memilih topik pembelajaran PAUD; dan
- Topik P5 (Kokurikuler): menggunakan empat tema besar yang sudah disediakan pemerintah yaitu : (1) Aku Sayang Bumi; (2) Aku Cinta Indonesia; (3) Bermain dan Bekerjasama / Kita Semua Bersaudara; dan (4) Imajinasiku / Imajinasi dan Kreativitasku.
Berikut ini adalah daftar modul ajar KB B (3-4 Tahun) TA 2024/2025 semester ganjil dan link unduhan.
No | Minggu | Topik | Subtopik | Modul Ajar KB B (3-4 Tahun) 2024/2025 Semester 1 | Link Download |
---|---|---|---|---|---|
1 | 1 | Diriku | Identitasku | Kenalkan, Ini Aku | File Word |
2 | 2 | Tanah Airku | Indonesia | Indonesiaku | File Disini |
3 | 3 | Tanah Airku | Kebinekaan | Aku Berbeda Aku Satu | File Disini |
4 | 4 | P5 | Aku Cinta Indonesia | Merayakan Kemerdekaan | File Disini |
5 | 5 | Lingkunganku | Desaku | Desaku yang Permai | File Disini |
6 | 6 | Lingkunganku | PHBS | Hidup Bersih dan Sehat | File Disini |
7 | 7 | Lingkunganku | Rumahku | Rumahku yang Indah | File Disini |
8 | 8 | Lingkunganku | Masjid | Masjid Tempat Ibadahku | File Disini |
9 | 9 | Binatang | Kebun Binatang | Di Kebun Binatang | File Disini |
10 | 10 | Binatang | Binatang Air | Ikan Hidup di Air | File Disini |
11 | 11 | Binatang | Binatang Darat | Binatang Darat | File Disini |
12 | 12 | Binatang | Sayang Binatang | Sayangi Binatang | File Disini |
13 | 13 | Mitigasi Bencana | Air | Aku Suka Air Putih | File Disini |
14 | 14 | Mitigasi Bencana | Api | Bolehkah Bermain Api | File Disini |
15 | 15 | Mitigasi Bencana | Udara | Mengapa Balon Bisa Terbang | File Disini |
16 | 16 | Mitigasi Bencana | Bumi | Sayangi Bumi Kita | File Disini |
17 | 17 | Kebutuhanku | Makan dan Minum | Adab Makan dan Minum | File Disini |
18 | 18 | Kebutuhanku | Pribadiku | Aku Bisa Memakai Baju | File Disini |
Di era Kurikulum Merdeka, di mana fleksibilitas menjadi salah satu prinsipnya, modul ajar memungkinkan pendidik untuk beradaptasi dan menyesuaikan pendekatan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan konteks spesifik anak. Setiap anak memiliki gaya dan kecepatan belajar yang berbeda-beda; oleh karena itu, dengan modul ajar yang dirancang secara komprehensif, pendidik dapat mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi yang menjawab tuntutan perbedaan tersebut. Ini penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, di mana semua anak merasa dihargai dan mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar serta berkembang.
Selanjutnya, modul ajar dalam PAUD juga berfungsi sebagai alat evaluasi yang efektif. Dengan adanya kurikulum yang jelas dan terstruktur, pendidik dapat dengan mudah melakukan penilaian terhadap perkembangan anak secara berkesinambungan. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa kebutuhan belajar setiap anak terpenuhi, serta untuk mengidentifikasi area yang mungkin memerlukan perhatian atau pengembangan lebih lanjut. Evaluasi ini berbasis pada perkembangan anak, bukan hanya pada hasil ujian atau nilai akademis, sehingga memberikan gambaran yang lebih menyeluruh tentang kemajuan anak.
Modul Ajar PAUD Kelompok Bermain Semester 1 Kurikulum Merdeka PAUD dengan CP terbaru merupakan instrumen penting dalam mewujudkan pendidikan anak usia dini yang berkualitas dan sesuai dengan tuntutan zaman. Melalui pendekatan yang berpusat pada anak, berbasis permainan, dan kontekstual, modul ini diharapkan dapat memfasilitasi perkembangan optimal setiap anak. Keberhasilan implementasi modul ini bergantung pada kreativitas guru, dukungan orang tua, dan penyediaan lingkungan belajar yang kondusif. Dengan demikian, anak-anak Indonesia dapat tumbuh menjadi individu yang cerdas, kreatif, dan berkarakter, siap menghadapi tantangan masa depan.