SKTB Contoh Format ijazah PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) kurikulum merdeka dilengkapi blanko ijazah paud kosong format word docx bisa edit. SKTB PAUD atau disebut juga sertifikat/ piagam kelulusan, completion certificate, preschool leaving certificate, adalah tanda bukti kelulusan anak yang menyatakan bahwa sang anak telah mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah PAUD.

Ijazah PAUD Kurikulum Merdeka

Ijazah PAUD dalam konteks Kurikulum Merdeka adalah dokumen resmi yang diberikan kepada anak-anak yang telah menyelesaikan pendidikan di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sesuai dengan Kurikulum Merdeka di Indonesia. SKTB PAUD (Surat Keterangan Tamat Belajar PAUD) adalah sertifikat yang menyatakan bahwa anak telah menyelesaikan program PAUD dan siap untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya. Kurikulum Merdeka sendiri adalah sebuah pendekatan baru dalam pendidikan di Indonesia yang memberikan lebih banyak kebebasan dan fleksibilitas dalam proses belajar mengajar.

Ketika anak sudah menyelesaikan keikut sertaannya dalam pendidikan anak usia dini di sekolah ayah bunda, maka sebagai bukti kepala sekolah mengeluarkan sertifikat PAUD atau biasa disebut dengan Ijazah PAUD. Isi dari ijazah PAUD ini dibuat sederhana yang menerangkan partisipasi anak dalam program pendidikan anak usia dini di lembaga sekolah PAUD.

Bagian Belakang Ijazah PAUD

Apakah ada hal yang perlu ditulis pada lembar bagian belakang ijazah PAUD kurikulum merdeka atau dibiarkan kosong? Di belakang sertifikat TIDAK ADA nilai skoring apapun. Karena untuk keterangan nilai atau pencapaian anak sudah disediakan dalam Laporan Hasil Belajar Anak atau Rapor PAUD. Namun jika lembaga sekolah PAUD ingin menambahkan beberapa informasi penting yang ingin disampaikan maka tidak ada larangan karena tidak ada aturan yang melarangnya.

Baca Juga:  Download Contoh Buku Absensi Harian Anak Didik PAUD

Membuat Sendiri Ijazah PAUD

Ayah bunda membutuhkan kertas dengan gramatur tebal yang biasa digunakan untuk membaut ijzah pada umunya yaitu kertas TIK/ kertas manila/ kertas BC (brief card) ketebalan 210 gram. Tidak perlu mencari ke toko ATK, ayah bunda cukup datang ke tukang desain atau percetakan untuk memesan kertas sertifikat yang sudah di pra cetak atau biasa disebut sebagai blanko ijazah. Sehingga untuk mencetak Sertifikat PAUD, ayah bunda cukup mencetak identitas lembaga, nama anak dan keterangannya saja.

Cara penulisan ijazah PAUD sangat sederhana cukup menerangkan bahwa sang anak telah ikut serta dalam pendidikan anak usia dini di sekolah kita.

Untuk menambah nilai prestis lembaga, kita dapat menambahkan logo lembaga PAUD sebagai background pada sertifikat dengan dikelilingi tulisan nama lembaga sekolah PAUD kita. Kita lihat contoh sertifikat PAUD yang sudah jadi berikut ini yang tampak bagian depan dan belakang ijazah.

SKTB Ijazah PAUD TK Kurikulum Merdeka

Nah selanjutnya dengan berbekal printer dan kertas sertifikat pra cetak yang dimiliki, ayah bunda dapat mencetak sertifikat PAUD sendiri. Pastikan tinta yang digunakan memiliki kualitas tinggi sehingga tidak luntur ketika terkena air.

Elemen yang Perlu Dimuat Dalam Ijazah

Sekolah PAUD direkomendasikan untuk mendata nomor Ijazah yang diberikan kepada peserta didik; dan menyimpan fotokopi Ijazah secara fisik dan/atau hasil pindai (scan) secara digital. Hal ini diperlukan untuk memvalidasi keaslian ijazah yang pernah dikeluarkan oleh sekolah bersangkutan.

Tidak ada aturan baku berkaitan komponen apa saja yang harus dimasukkan dalam ijazah PAUD kurikulum merdeka. Namun disarankan melengkapi beberapa poin berikut ini dalam ijazah sehingga terkesan formal:

  1. Nama Satuan Pendidikan;
  2. Nomor Pokok Sekolah Nasional;
  3. Nama Provinsi;
  4. Nama Kabupaten/Kota;
  5. Nomor surat keputusan penetapan kelulusan;
  6. Identitas peserta didik penerima Ijazah (Nama, NIS/NISN, Nomor Ijazah)
  7. Tanggal penerbitan Ijazah
Baca Juga:  Buku 4 Tahap Implementasi Kurikulum Merdeka

Download Format Sertifikat PAUD

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum download: Pastikan ayah bunda mengunduh data excel dan salah satu format ijazah yang disediakan. Untuk blangko, jika lembaga sudah punya maka tidak perlu download tidak mengapa.

Blanko Ijazah F4:

Blanko Ijazah A4:

Untuk download format ijazah PAUD gunakan link tautan berikut. Semua file word yang disediakan dalam format ijazah menggunakan data tunggal File Data Excel berikut ini sebagai sumber data mail merge :

Silakan Pilih Format Ijazah

FORMATPREVIEWDOWNLOAD F4DOWNLOAD A4
1ijazah paud jateng format 1File DisiniFile Disini
2ijazah paud format 2File DisiniFile Disini
3ijazah paud jateng kurikulum merdeka format 3File DisiniFile Disini
4ijazah paud jateng kurikulum merdeka format 4File DisiniFile Disini
5sktb paud jateng kurikulum merdeka format 5File DisiniFile Disini
6SKTB PAUD Jateng Kurikulum Merdeka 6File DisiniFile Disini

Dokumen administrasi PAUD ini merupakan salah satu dari kumpulan administrasi TK KB yang dibagikan secara GRATIS. Lihat Daftar Dokumen Lengkap KLIK DISINI

Sertifikat kelulusan dan penghargaan sekolah PAUD adalah cara sempurna untuk menutup tahun ajaran bagi anak-anak kelompok bermain dan taman kanak-kanak. Ini adalah kenang-kenangan khusus yang sarat dengan kenangan. Setiap kali orang tua mereka melihat ijazah kelulusan atau penghargaan itu, mereka akan mengingat betapa istimewanya waktu yang dimiliki anak mereka.

Apakah Ijazah PAUD itu penting?

Ijazah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) kurikulum merdeka memiliki peran penting dalam menunjang perkembangan anak dan mempersiapkan mereka untuk jenjang pendidikan berikutnya. Ijazah ini menjadi bukti formal bahwa anak telah melalui tahap pendidikan fondasi yang esensial untuk perkembangan nilai agama dan moral, nilai Pancasila, fisik motorik, kognitif, bahasa, dan sosial emosional mereka.

Di berbagai daerah, ijazah PAUD dapat menjadi salah satu syarat pendaftaran untuk masuk ke sekolah dasar, sehingga memiliki dokumen ini bisa memudahkan proses administrasi selanjutnya. Selain itu, ijazah PAUD dapat memberikan rasa pencapaian dan kepercayaan diri bagi anak, serta kepuasan bagi orang tua. Meski demikian, inti dari PAUD adalah memberikan dasar pendidikan yang kuat dan holistic untuk anak-anak, bukan hanya sekadar mengejar ijazah.

Baca Juga:  Contoh Kalender Pendidikan PAUD 2015/2016 FULL Download