Contoh RKH Sentra Persiapan PAUD Tema Binatang. Download RKH sentra persiapan tema Binatang format doc yang dapat di edit disini,

Pengertian Rencana Kegiatan Harian (RKH) adalah adalah unit perencanaan terkecil dibuat untuk digunakan dan memandu kegiatan dalam satu hari.

RKH juga disebut dengan RPPH (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian) yang disusun berdasarkan RKM yang berisi kegiatan–kegiatan yang dipilih dari indikator yang direncanakan untuk satu hari sesuai dengan tema  dan sub tema.

Penulisan RKH disesuaikan dengan model atau pendekatan pembelajaran yang telah ditentukan atau dipilih serta disesuaikan dengan jenis Kegiatan atau Metode/Strategi, pada saat pembuatan rencana kegiatan mingguan.

Perlu diketahui bahwa model pembelajaran PAUD Inovatif ada 4 yaitu pendekatan kelompok, sudut, area, dan sentra. Contoh RKM RKH PAUD yang banyak beredar adalah contoh untuk pendekatan kelompok karena model pembelajaran ini banyak digunakan di PAUD.

Contoh RKH Sentra Persiapan PAUD Tema Binatang

Link tautan download diberikan di akhir tulisan ini. Untuk preview atau tampilan dokumen dapat dilihat disini.

rkh sentra persiapan rkh sentra persiapan tema diri sendiri rkh sentra persiapan tema aku rkh sentra persiapan tema rekreasi rkh sentra persiapan tema binatang rkh sentra persiapan paud rkh sentra persiapan tema tanaman rkh sentra seni dan kreatifitas rkh sentra balok tema binatang contoh rkh model sentra persiapan rkh sentra balok rkh sentra seni rkh sentra seni tema binatang contoh rkh sentra persiapan contoh rkh sentra persiapan paud contoh rkh sentra persiapan tema pekerjaan contoh rkh sentra persiapan tema binatang rkh sentra balok tema tanaman contoh rkh tk sentra persiapan

RENCANA KEGIATAN HARIAN
SENTRA PERSIAPAN
TK PAUD JATENG KOTA SEMARANG

Hari/tanggal  : …………., ……… 200…

Kelompok Usia : 4 -5 tahun Tema : Binatang
Jumlah Anak : 10 anak Sub Tema : Binatang buas

WAKTU KEGIATAN
07.00 – 07.10 Berbaris dan masuk kelas

07.10 – 07.30 Berdoa dan bercerita tentang Bp Adam dan Ibu Hawa  memberi nama kepada binatang-binatang buas..

Kegiatan jasmani  : bergerak menirukan gerakan binatang menuju kotak angka yang disebutkan guru.

Lagu : I look lion, look lion, look lion
          I look tiger, look tiger, look tiger
          I look snake, snake, snake,snake
          I look bear, bear, bear, bear
          I look, I look, I look animals

Baca Juga:  [NEW] Contoh RKH PAUD Contoh RPPH PAUD Kurikulum 2013

07.30 – 09.20 KEGIATAN INTI

* Pijakan lingkungan

  • Memasangkan gambar binatang  dan makanannya       2 anak.
  • Meronce manik-manik binatang                              2 anak
  • Mengelompokkan  binatang buas & bukan               2 anak
  • Menggambar                                                        4 anak
  • Menjepit tulisan nama binatang                              2 anak
  • Menghitung binatang buas                                     2 anak
  • Puzzle binatang                                                    4 anak
  • Memasangkan gambar binatang buas dgn tulisannya   2 anak
  • Menulis  huruf pertama nama binatang dengan menjiplak di atas kain. 2 anak

* Pijakan sebelum bermain

  • Bercerita tentang : tamasya ke kebun binatang
  • Kosakata :  mengaum, mendesis, menggonggong.
  • Gagasan menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain dari bahan main yang ada.
  • Mendiskusikan aturan main
  • 1. Minta ijin jika akan pindah main
  • 2. Bermain sampai selesai
  • 3. Membereskan mainan setelah selesai bermain
  • Merancang transisi urutan main 2 variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang dapat memakai kaos kaki warna …., boleh bermain terlebih dahulu.

* Pijakan saat main :

  • Mengobservasi dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
  • Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang dilakukan
  • Mendukung dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan dari bangunan anak.
  • Memberi motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif
Baca Juga:  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian PAUD Kurikulum 13

* Pijakan setelah main

  • Mempersilakan anak mengembalikan mainan ke tempat semula
  • Mengulas kembali kegiatan main
  • Berbagi cerita
  • Memperkuat perilaku anak yang positif

09.20 – 09.45 Makan bekal dan pulang
Pesan-pesan untuk kegiatan esok hari.