Contoh jadwal pelajaran PAUD TK kurikulum merdeka format word bisa edit. Jadwal pelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah bagian penting yang membantu anak mengembangkan keterampilan sosial, emosional, dan kognitif. Dengan adanya Kurikulum Merdeka, pendidik memiliki fleksibilitas untuk menyusun jadwal yang sesuai dengan kebutuhan dan minat anak. Berikut adalah contoh jadwal pelajaran untuk PAUD TK yang mengedepankan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka.
Apa itu Jadwal Pelajaran PAUD?
Jadwal pelajaran PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) adalah rencana kegiatan belajar mengajar yang dirancang untuk anak-anak usia dini. Jadwal ini mencakup berbagai aktivitas, seperti bermain, belajar lewat tema, seni, dan kegiatan fisik, yang bertujuan untuk mengembangkan aspek sosial, emosional, fisik, dan kognitif anak. Jadwal pelajaran di PAUD biasanya fleksibel, memungkinkan guru menyesuaikan kegiatan sesuai dengan kebutuhan dan minat anak.
Contoh Jadwal Pelajaran PAUD Kurikulum Merdeka
Jadwal ini akan mencerminkan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran melalui bermain dan eksplorasi. Perlu diingat bahwa jadwal ini fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing lembaga PAUD.
Waktu | Kegiatan |
---|---|
07.30 - 08.00 | Penyambutan dan Bermain Bebas |
08.00 - 08.15 | Kegiatan Pembukaan (Circle Time) |
08.15 - 08.30 | Kegiatan Fisik Motorik |
08.30 - 09.30 | Kegiatan Inti I (Sentra/Area Bermain) |
09.30 - 10.00 | Istirahat dan Makan Snack |
10.00 - 11.00 | Kegiatan Inti II (Sentra/Area Bermain) |
11.00 - 11.30 | Kegiatan Penutup |
11.30 - 12.00 | Persiapan Pulang |
Penjelasan detail untuk setiap kegiatan:
- Penyambutan dan Bermain Bebas (07.30 – 08.00)
- Guru menyambut kedatangan anak-anak
- Anak-anak bermain bebas di area yang telah disiapkan
- Kesempatan untuk interaksi sosial antar anak
- Kegiatan Pembukaan (Circle Time) (08.00 – 08.15)
- Berdoa bersama
- Absensi dengan cara yang menyenangkan (misalnya, bernyanyi)
- Berbagi cerita singkat atau diskusi tema hari ini
- Kegiatan Fisik Motorik (08.15 – 08.30)
- Senam pagi atau permainan yang melibatkan gerakan
- Bisa dilakukan di dalam atau luar ruangan
- Kegiatan Inti I (Sentra/Area Bermain) (08.30 – 09.30)
- Anak-anak bermain di sentra atau area yang telah disiapkan
- Contoh sentra: balok, seni, persiapan, main peran, dll.
- Guru berperan sebagai fasilitator dan observer
- Istirahat dan Makan Snack (09.30 – 10.00)
- Anak-anak mencuci tangan
- Makan snack bersama
- Bermain bebas di luar ruangan (jika memungkinkan)
- Kegiatan Inti II (Sentra/Area Bermain) (10.00 – 11.00)
- Melanjutkan kegiatan di sentra yang berbeda atau proyek tematik
- Bisa juga diisi dengan kegiatan kelompok besar seperti bercerita atau eksperimen sederhana
- Kegiatan Penutup (11.00 – 11.30)
- Recalling: mengingat kembali kegiatan yang telah dilakukan
- Bernyanyi bersama atau permainan ringan
- Persiapan untuk pulang
- Persiapan Pulang (11.30 – 12.00)
- Anak-anak membereskan barang-barang mereka
- Berdoa bersama
- Guru memastikan setiap anak dijemput dengan aman
Catatan Penting:
- Jadwal ini bersifat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan anak dan kondisi sekolah.
- Setiap kegiatan harus memperhatikan aspek perkembangan anak (kognitif, bahasa, sosial-emosional, fisik-motorik, dan nilai agama dan moral).
- Transisi antar kegiatan sebaiknya dilakukan dengan lembut dan menyenangkan, misalnya dengan lagu atau permainan singkat.
- Guru harus selalu siap untuk menyesuaikan kegiatan berdasarkan minat dan energi anak-anak pada hari tersebut.
- Penting untuk menyediakan waktu yang cukup untuk bermain bebas dan eksplorasi mandiri anak.
Dengan jadwal seperti ini, pembelajaran PAUD dapat berlangsung dengan menyenangkan, bermakna, dan sesuai dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka yang menekankan pada pembelajaran melalui bermain.
Untuk mengunduh contoh jadwal pelajaran PAUD bisa melalui berikut ini :
Komponen apa saja yang harus ada dalam jadwal pelajaran TK/KB?
Komponen ini membantu menciptakan lingkungan belajar yang seimbang, menyenangkan, dan mendukung perkembangan holistik anak. Jadwal pelajaran PAUD sebaiknya mencakup beberapa komponen berikut:
- Waktu dan Durasi: Jelas menetapkan waktu setiap kegiatan.
- Kegiatan Pembelajaran: Menggambarkan jenis aktivitas yang akan dilakukan, seperti seni, permainan, dan pembelajaran tematik.
- Aktivitas Fisik: Menyertakan waktu untuk permainan luar ruangan atau kegiatan motorik kasar.
- Istirahat: Memberikan waktu untuk anak-anak beristirahat dan bersosialisasi.
- Pembelajaran Bersama: Mencakup kegiatan yang melibatkan kerja sama dan kolaborasi.
- Refleksi: Menyediakan waktu bagi anak untuk mendiskusikan pengalaman mereka.
- Penutup: Aktivitas untuk mengakhiri hari secara positif, seperti menyanyi atau bercerita.
Mengapa jadwal pelajaran itu penting?
Jadwal pelajaran TK/KB/RA sangat penting karena berfungsi sebagai panduan yang membantu menciptakan rutinitas dan struktur dalam proses belajar anak. Dengan memiliki jadwal yang teratur, anak-anak dapat memahami waktu untuk berbagai aktivitas, seperti bermain, belajar, dan istirahat. Ini juga membantu mereka merasa lebih aman dan nyaman, karena mengetahui apa yang akan terjadi selanjutnya. Selain itu, jadwal yang baik memungkinkan pendidik untuk mengatur kegiatan dengan seimbang, memperhatikan berbagai aspek perkembangan anak, seperti kognitif, sosial, emosional, dan motorik. Dengan demikian, jadwal pelajaran PAUD menjadi fondasi yang esensial untuk mendukung perkembangan holistik anak sejak dini.