Contoh Buku Tamu Yayasan di Lembaga PAUD. Buku tamu yayasan adalah buku tamu yang berisi daftar tamu yang bukan berasal dari instansi / dinas yang berkaitan dengan PAUD dan juga bukan dari kelurahan/desa.



Intinya, buku tamu yayasan adalah buku tamu yang bukan termasuk tamu dinas juga bukan tamu dari instansi lain, misalnya yang dimasukkan dalam buku tamu yayasan adalah tamu yang datang untuk promosi, magang, dan kedatangan orang tua siswa kepada lembaga untuk membahas topik tertentu.

Buku tamu yayasan memiliki kolom nama, alamat, nomor handphone, dan keperluan kedatangan yang bersangkutan ke lembaga PAUD.

Setiap tamu umum yang datang ke sekolah terkait masalah pendidikan diberikan daftar hadir untuk mencatat nama, jabatan, dan tujuan kedatangannya atau pesan dan kesan terhadap pendidikan di sekolah. Tamu umum seperti Lurah, Camat, dari Kepala Puskesmas, Bupati, Gubernur bahkan bisa Presiden sekalipun.

Tamu-tamu khusus seperti Kepala Dinas Pendidikan, Penilik, Pengawas TK/SD dan lain-lain perlu juga disiapkan buku Tamu Khusus untuk mencatat perihal kehadirannya, tujuan kedatangannya, pesan, dan kesan terhadap masalah yang terkait dengan pendidikan/ sekolah.

Contoh Buku Tamu Yayasan di Lembaga PAUD.

Contoh Buku Tamu Yayasan di Lembaga PAUD

Ukuran kertas yang digunakan dalam membuat buku tamu yayasan kali ini adalah ukuran kertas A4, dengan halaman pertama adalah cover dan halaman berikutnya adalah format buku tamu yayasan. Silahkan gandakan sebanyak yang dibutuhkan oleh lembaga ayah bunda.



Gunakan kertas yang sesuai agar didapatkan hasil yang baik sesuai harapan yaitu kertas A4. Lipat kertas dan bentuk seperti buku. Cukup mudah bukan dan satu lagi format buku yang kami sajikan akan lebih menghormati tamu ayah bunda karena menyajikan ruang yang lebih luas untuk mereka menulis.

Baca Juga:  Contoh Buku Inventaris Barang/Perlengkapan Sekolah PAUD

Mohon menunggu sampai link download selesai diproses dan ditampilkan oleh sistem:

INFO PENTING
Dokumen administrasi PAUD ini merupakan salah satu dari kumpulan administrasi TK KB yang dibagikan secara GRATIS. Lihat Daftar Dokumen Lengkap KLIK DISINI

Preview atau penampakannya buku tamu yayasan sebagai berikut :

Siapkah Beralih ke Buku Tamu Digital?

Pengembangan sistem aplikasi telah mencapai ke semua sektor termasuk yang diperuntukkan sebagai buku tamu elktronik atau digital. Semua data akan lebih aman dari dampak kerusakan lokal seperti debu, air, dan faktor lain yang dapat merusak kertas.

Buku tamu adalah sebuah buku daftar kehadiran yang difungsikan sebagai pencatat data diri orang atau tamu yang mengunjungi sebuah lembaga/ instansi / perusahaan dan ini penting karena sekolah dapat melihat siapa saja yang telah berkunjung ke sekolah PAUD lengkap dengan tujuan untuk apa mereka datang.

Buku tamu PAUD biasanya dikelola oleh penerima tamu atau guru yang bertugas sebagai resepsionis. Sebagai penerima tamu, guru bersangkutan bertugas untuk menerima dan melayani orang yang hadir pada saat pertama kali masuk ke sekolah tersebut.

Biodata dari tamu dicatat kedalam sebuah buku tamu umum atau jurnal tamu paud sehingga yang datang orangnya bisa teridentifikasi. Selanjutnya buku ini disimpan sebagai tanda bukti bahwa tamu tersebut sudah pernah datang ke lembaga PAUD. Sebaiknya tamu umum dan tamu dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dipisah sehingga mudah melacaknya, selain itu ujsahakan sebagai penerima tamu agar tamu yang mencatat tidak melakukan kesalahan yang berakibat buku tamu menjadi tidak rapi dan bersih lagi.

Aplikasi buku tamu elektronik merupakan sebuah alternatif dan juga solusi bagi sekolah PAUD mengingat saat ini merupakan zaman Internet of Thing (IoT) yang artinya semua terhubung ke internet dan tersedia secara online yang mudah diakses kembali.

Baca Juga:  Contoh Buku Permainan Tepuk Tangan Anak PAUD TK/KB

Ayah bunda dapat memanfaatkan berbagai nama aplikasi yang tersedia di Play Store dengan memasukkan kata kunci “buku tamu”. Pilih aplikasi dengan ulasan bagus dan banyak digunakan. Sekali lagi ini merupakan pilihan dan juga solusi atas permasalahan yang dikemukakan sebelumnya, tidak wajib. Namun apa salahnya dicoba sebagai sarana pendukung kemajuan dan kesuksesan sekolah ayah bunda semua!