Buku Penilaian Kinerja Tenaga Pendidik & Kependidikan PAUD (TK KB TPA SPS) atau lebih dikenal dengan Penilaian Kinerja Guru. Pengertian PKG atau Penilaian Kinerja Guru adalah penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya.



Evaluasi dan Penilaian Tenaga Pendidik dan Kependidikan merupakan suatu proses penilaian atau pembinaan seorang pendidik. Evaluasi sendiri mempunyai arti secara singkat yaitu sebagai proses mengumpulkan informasi untuk mengetahui pencapaian belajar kelas atau kelompok.

Hasil penilaian atau evaluasi diharapkan dapat mendorong guru untuk mengajar lebih baik dan mendorong peserta didik untuk belajar lebih baik. Jadi, evaluasi penilaian memberikan informasi bagi kelas dan guru untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar.

DOkumen ini adalah satu dokumen administrasi PAUD, lihat arsip kumpulan buku administrasi PAUD lengkap bisa download GRATIS Klik Disini

Buku Penilaian Kinerja Tenaga Pendidik & Kependidikan PAUD penilaian kinerja guru penilaian kinerja guru ppt penilaian kinerja guru bk penilaian kinerja guru tk penilaian kinerja guru pdf penilaian kinerja guru 2015 penilaian kinerja guru terbaru penilaian kinerja guru 2014 penilaian kinerja guru mata pelajaran penilaian kinerja guru sertifikasi penilaian kinerja guru paud penilaian kinerja guru paud tk kb tpa sps penilaian kinerja guru dan kepala sekolah

Preview dokumen Buku  Kinerja Tenaga Pendidik & Kependidikan PAUD bisa dilihat dibawah ini :

Download Contoh Buku Penilaian Kinerja Tenaga Pendidik & Kependidikan PAUD

Ayah bunda dapat melakukan download Download Contoh Buku Penilaian Kinerja Tenaga Pendidik & Kependidikan PAUD TK KB melalui link tautan dibawah ini.



Dokumen administrasi PAUD ini merupakan salah satu dari kumpulan administrasi TK KB yang dibagikan secara GRATIS. Lihat Daftar Dokumen Lengkap KLIK DISINI

5 Karakteristik Guru PAUD

Meskipun belajar dengan giat dapat mempersiapkan ayah bunda menjadi guru yang baik, ada beberapa karakteristik bawaan yang membuat ayah bunda menjadi guru PAUD yang hebat. Misalnya, ayah bunda dapat mempelajari cara mengajar kurikulum prasekolah secara efektif dan menciptakan ruang kelas yang ramah, tetapi menunjukkan antusiasme terhadap pendidikan siswa ayah bunda ini perlu datang dari hati.

Baca Juga:  Buku Acuan Menu Pembelajaran/ Pedoman Kurikulum PAUD

Berikut adalah lima karakteristik penting untuk menjadi guru PAUD yang mengagumkan:

Minat

Jika ayah bunda memiliki hasrat membara untuk membuat perbedaan nyata dalam kehidupan anak kecil, ayah bunda memiliki salah satu kualitas terpenting dari seorang guru PAUD yang hebat. Akan ada banyak hari ketika mengajar terasa ekstra sulit. Apakah bayarannya tampak terlalu rendah atau orang tua bertindak tidak tahu berterima kasih, melewati titik rendah dalam mengajar bisa sangat melelahkan. Namun, ketika ayah bunda memiliki hasrat sejati untuk mendidik anak kecil, dorongan positif ayah bunda akan menopang ayah bunda melewati masa-masa sulit.

Kesabaran

Seiring dengan semangat mengajar yang tak pernah padam, pendidik prasekolah yang hebat membutuhkan banyak kesabaran. Setiap kelas memiliki siswa dengan kemampuan perkembangan yang berbeda-beda. Terutama dengan anak-anak kecil, pengingat terus-menerus tentang tata krama, kebersihan dan prosedur kelas adalah bagian dari hari sekolah yang khas. Dari pembelajar lambat hingga tantangan perilaku, dibutuhkan kesabaran untuk menjaga lingkungan kelas tetap seimbang dan teratur. Selain itu, bekerja dengan operator yang menuntut, orang tua yang sulit atau guru lain membutuhkan kesabaran tambahan di luar kelas. Guru PAUD yang hebat memahami bagaimana tetap tenang di bawah berbagai jenis tekanan.

Kreativitas

Kreativitas di kelas lebih dari sekadar membuat proyek seni yang menyenangkan bagi siswa. Misalnya, ayah bunda mungkin diminta untuk mengajar dengan sumber daya yang terbatas atau dalam lingkungan yang terbatas. Kelas ayah bunda mungkin juga memerlukan kreativitas ayah bunda untuk mengajar anak-anak dari budaya atau latar belakang yang berbeda. Ayah bunda mungkin juga perlu menarik dari sisi kreatif untuk mengambil risiko dan membuat keputusan di luar norma demi kepentingan terbaik siswa. Tentu saja, kreativitas sangat penting untuk membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan mengasyikkan bagi kelas sekolah PAUD ayah bunda.

Baca Juga:  Cara Membuat/ Mengisi Kesimpulan Raport PAUD TK

Fleksibilitas

Ayah bunda dapat merencanakan segalanya untuk setiap pelajaran, tetapi guru PAUD yang hebat tahu bahwa perubahan tak terduga dapat terjadi kapan saja. Ketika ayah bunda tetap fleksibel untuk menghadapi perubahan, ayah bunda dapat menangani hampir semua hal. Ini dapat mencakup sesuatu yang sederhana seperti memiliki rencana alternatif untuk hari-hari hujan atau yang lebih drastis seperti menyesuaikan seluruh kurikulum untuk mengakomodasi pengurangan anggaran. Bahkan sifat mengajar anak-anak kecil membutuhkan penyesuaian yang konstan dan menangani masalah-masalah kecil. Dengan tetap fleksibel, ayah bunda dapat mengatasi setiap jenis tantangan pendidikan dengan tenang dan anggun.

Dedikasi

Guru PAUD yang hebat berdedikasi untuk siswa dan karier mereka. Ketika ayah bunda bertekad untuk membela keyakinan atas nama nilai-nilai pendidikan ayah bunda atau kebutuhan siswa, ayah bunda akan mendapatkan rasa hormat dari kolega, orang tua, dan siswa. Selain itu, pendidik yang sangat baik berdedikasi untuk cinta belajar dan menginspirasi siswa mereka untuk belajar lebih banyak. Di tingkat prasekolah, menjadikan ruang kelas sebagai tempat belajar yang menyenangkan dapat beresonasi dengan anak-anak selama sisa hidup mereka. Yang terpenting, guru yang benar-benar sukses berdedikasi untuk mengeluarkan yang terbaik dari siswa mereka.