Download Contoh Buku Catatan Prestasi Guru PAUD (TK KB TPA SPS) format DOC yang dapat di edit. Pengertian Buku Catatan Prestasi Guru/Pendidik adalah buku yang mencatat prestasi yang diraih oleh pendidik lembaga PAUD baik tingkat sekolah, antar sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, bahkan tingkat nasional.



Fungsi Buku Catatan Prestasi Guru PAUD

Dengan adanya buku catatan prestasi guru PAUD akan memudahkan pihak sekolah menjelaskan jenis festival atau lomba apa yang pernah diikuti dan dimenangkan oleh guru.

Buku Catatan Prestasi Guru PAUD sebaiknya dibuat dalam bentuk buku dimana satu halaman hanya untuk satu pendidik dan memuat identitas nama kegiatan, tanggal, tempat, nama anak, prestasi yang diraih, reward yang didapat.

Buku ini dapat dicetak dengan kertas yang dicetak bolak balik kemudian dijilidkan sehingga membentuk buku.

Dapatkan juga dokumen administrasi PAUD lainnya secara lengkap lihat disini.

Contoh Buku Catatan Prestasi Tenaga Pendidik / Guru PAUD buku prestasi guru buku catatan prestasi guru buku prestasi kerja guru format buku prestasi guru buku prestasi belajar dan kompetensi guru buku tentang prestasi kerja guru contoh buku prestasi guru

Preview dokumen untuk buku catatan prestasi Guru dapat dilihat berikut ini :



Download Buku Catatan Prestasi Guru PAUD TK KB TPA SPS

Download Format buku catatan prestasi guru PAUD yang dapat di edit dalam format DOC melalui link tautan yang disediakan di bawah ini. Untuk preview atau penampakan dokumen formulir pendaftaran PAUD dapat dilihat juga di atas tersebut. Semoga bermanfaat!

Dokumen administrasi PAUD ini merupakan salah satu dari kumpulan administrasi TK KB yang dibagikan secara GRATIS. Lihat Daftar Dokumen Lengkap KLIK DISINI

Haruskah saya menjadi Guru PAUD?

PAUD adalah satu-satunya lingkungan pendidikan di mana fokusnya adalah pada permainan dan kreativitas, bukan pada stayah bundar kurikuler yang intens. Namun, sama sekali tidak, apakah ini membuat karier menjadi mudah. Siapa pun yang percaya bahwa perannya sederhana, tidak rumit, dan tanpa tantangan adalah sangat keliru.

Baca Juga:  2 Contoh Visi Misi dan Tujuan PAUD (TK KB TPA SPS)

Guru PAUD dibebankan dengan misi yang cukup besar untuk secara efektif menggunakan waktu bermain dan waktu cerita untuk mengajarkan bahasa, penalaran, dan keterampilan pemecahan masalah; mendorong pembangunan sosial; dan mengasah motorik halus. Tujuan mereka adalah untuk menggunakan keingintahuan alami anak-anak untuk mengembangkan rencana pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan dan untuk menciptakan suasana di mana risiko dapat diambil dan penemuan dapat dibuat. Ini bukan tugas kecil. Justru sebaliknya, Guru PAUD adalah pekerjaan yang menuntut, mendasar, dan membangun kehidupan.

Pekerjaan penting ini membutuhkan serangkaian karakteristik, keterampilan, dan bakat yang beragam:

Sikap Dapat Dipercaya dan Memelihara

Guru-guru PAUD dipercaya untuk merawat dan mengasuh anak-anak orang pada saat mereka mungkin memasuki dunia publik untuk pertama kalinya

Kesabaran

Anak-anak kecil belajar dengan kecepatan yang berbeda. Mereka bisa keras, emosional, sulit diatur, dan tidak rasional. Guru PAUD harus sabar menghadapi anak kecil yang kesulitan mengekspresikan diri atau membutuhkan banyak bantuan untuk mempelajari keterampilan baru.

Kreativitas dan Fleksibilitas

Menjaga perhatian anak kecil menuntut kreativitas. Guru PAUD secara konsisten perlu memikirkan cara-cara baru dan inovatif untuk melibatkan anak-anak dalam belajar,

Empati dan Keterampilan Komunikasi

Guru PAUD harus berempati terhadap emosi anak dan kekhawatiran orang tua. Mereka harus mampu mengomunikasikan konsep-konsep yang sulit kepada anak-anak dengan cara yang mereka pahami.

Jika ayah bunda sebagai guru PAUD merasa memiliki temperamen dan bakat yang sesuai untuk menjadi guru PAUD, pertimbangkan saran lebih lanjut tentang memasuki peran ini.

Bersiaplah untuk apa pun

Ya, bekerja dengan anak-anak sering kali berarti kesenangan dan kegembiraan, tetapi itu juga berarti lutut yang sakit, perut yang sakit, dan terkadang pertemuan yang tidak menyenangkan dengan orang tua. Jika ayah bunda tidak siap untuk kejutan, keadaan darurat yang tidak terduga, atau penyimpangan sesekali dari rencana, ayah bunda mungkin harus mempertimbangkan kembali menjadi guru PAUD.

Baca Juga:  Dokumentasi Surat Masuk dan Keluar PAUD TK Secara Digital

Mengetahui cara bermain

Waktu bermain sangat penting untuk perkembangan anak. Hal ini memungkinkan anak-anak untuk mengeksplorasi dan menggunakan imajinasi mereka untuk menumbuhkan kreativitas mereka. Persiapan mengajar PAUD dimulai dengan mengetahui cara bermain, cara penasaran, cara terpesona oleh hal-hal kecil seperti laba-laba dan ulat. Dimulai dengan tidak khawatir berantakan dengan lem atau cat seni dan kerajinan. Guru PAUD yang tahu cara bermain secara alami mendorong ide dan keingintahuan siswa mereka.

Ingatlah tanggung jawab

Ketika siswa ayah bunda gaduh dan tidak mendengarkan, mungkin sulit untuk membuat mereka tenang dan mengikuti instruksi. Namun, dengan latihan dan waktu, kelas ayah bunda akan melihat ayah bunda sebagai sosok yang berwibawa di dalam ruangan. Dan meskipun mendengarkan kekhawatiran orang tua adalah hal yang tepat dan mengetahui bahwa itu bermaksud baik, ayah bunda harus menyampaikan bahwa ayah bunda pada akhirnya adalah pemimpin pendidikan di kelas.

Ingatlah bahwa setiap anak adalah individu

Meskipun ayah bunda akan mengajar di kelas yang penuh dengan anak-anak, ayah bunda juga perlu fokus pada masing-masing sebagai individu. Anak-anak PAUD mengikuti pola perkembangan mereka sendiri dan mereka berubah setiap hari. Kenali siswa ayah bunda dan kebutuhan mereka sehingga ayah bunda dapat mengakomodasi gaya belajar mereka. Sesuaikan kegiatan sesuai kebutuhan sehingga semua orang dapat berpartisipasi.

Teruslah tersenyum

Ekspresi bangga di wajah seorang anak setelah mereka menguasai keterampilan baru. Sebuah pelukan. Sebuah senyuman. Ini adalah hadiah untuk berjam-jam berurusan dengan anak-anak yang gaduh dan waktu yang dihabiskan untuk berbicara dengan orang tua yang marah. Menjadi guru PAUD kadang-kadang tampak tanpa pamrih, tetapi itu bisa memuaskan di luar dugaan tanpa bisa dilukiskan dengan kata-kata.

Baca Juga:  Buku Notula Pertemuan Organisasi Profesi PAUD