Modul ajar MPLS PAUD Kurikulum Merdeka 2 Minggu – MPLS PAUD atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah kegiatan yang dilakukan di awal tahun pelajaran untuk mengenalkan lingkungan sekolah kepada siswa baru, khususnya di jenjang PAUD KB/TK. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru, mengembangkan rasa percaya diri dan kemandirian, serta menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap sekolah.

Modul ajar ini disusun untuk membantu guru PAUD KB/TK dalam melaksanakan MPLS secara efektif dan menyenangkan. Modul ini berisi materi, metode, media, dan evaluasi yang dapat digunakan oleh guru sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah masing-masing. Modul ini juga dilengkapi dengan contoh kegiatan MPLS yang dapat dijadikan referensi atau inspirasi oleh guru yang akan memberikan anak-anak panduan tentang bagaimana mereka dapat mengembangkan budaya positif di sekolah.

Manfaat MPLS PAUD

Masa pengenalan lingkungan sekolah yang dikemas dalam MPLS PAUD membantu menyiapkan anak-anak PAUD untuk memahami lingkungan sekolah mereka dengan lebih baik. Modul ini akan mencakup banyak elemen seperti pengenalan ruang dan tempat di sekolah; identifikasi dan pemahaman tentang peraturan keselamatan dan prosedur sekolah; pengenalan staf dan teman; pengenalan berbagai macam peralatan di sekolah; pengenalan acara-acara sekolah; dan pembentukan sikap dan pengetahuan tentang norma dan nilai positif di lingkungan sekolah.

Modul Ajar MPLS PAUD KB/TK 12 Hari 2023/2024 Docx Bisa Edit

Apa yang dilakukan anak saat MPLS KB/TK?

Dengan masa pengenalan ini, anak akan memahami lingkungan baru, orang-orang yang mereka temui, dan kegiatan yang mereka lakukan di sekolah. Untuk memastikan proses adaptasi anak di sekolah PAUD berhasil, penting bagi para orang tua untuk menghubungi sekolah PAUD yang akan mereka datangi. Melalui hubungan ini, orang tua dapat mengetahui informasi yang relevan tentang lingkungan PAUD seperti jadwal, kegiatan, dan persyaratan yang harus dipenuhi sebelum anak mereka beradaptasi di PAUD.

Baca Juga:  Membuat TP Tujuan Pembelajaran dari Elemen CP Jati Diri PAUD

Selain itu, setelah anak masuk sekolah, para guru PAUD akan akan mengajak anak untuk melakukan berbagai aktivitas di sekolah yang akan membantu anak untuk beradaptasi dan berkomunikasi dengan orang-orang baru. Kegiatan ini dapat mencakup hal-hal seperti bermain di taman bermain, menyentuh berbagai alat mainan, berkomunikasi dengan orang lain, dan mencoba berbagai kegiatan sekolah lainnya. Beberapa kegiatan lain saat MPLS untuk jenjang KB/TK adalah:

  1. Mengenal kelas, guru, dan teman-teman baru
  2. Mempelajari suasana lingkungan sekolah
  3. Bembangun rutinitas baru setiap hari
  4. Mendengarkan instruksi tentang aturan sekolah dan kelas
  5. Belajar tentang perilaku yang diharapkan dan menampilkan perilaku sopan
  6. Berpartisipasi dalam aktivitas seperti game grup atau permainan bersama teman-teman
  7. Berlatih dan beradaptasi dengan lingkungan sekolah

Contoh Modul Ajar MPLS PAUD

Modul ajar MPLS PAUD 2024/2025 Kurikulum Merdeka disediakan selama 2 minggu 12 hari. Bagi ayah bunda yang sekolahnya 10 hari silakan dihapus saja bagian yang menurut ayah bunda bisa dihilangkan ya. Berikut ini penampakan atau tampilan modul ajar MPLS nya:

Unduh disini :

Tampilan preview berikut ini:

Tindak Lanjut MPLS

Modul ajar masa pengenalan lingkungan sekolah untuk anak-anak PAUD dapat dilaksanakan melalui berbagai cara yang menyenangkan, seperti permainan, diskusi, suara, dan gerakan. Modul ajar MPLS PAUD ini seharusnya dapat membantu memperkuat rasa percaya diri dan keamanan anak-anak PAUD untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah, sehingga membuat mereka nyaman dan dapat belajar secara optimal.

Setelah selesai mengikuti modul ajar masa pengenalan lingkungan sekolah untuk anak-anak PAUD, para guru dan staf pendidik diharapkan dapat menggunakan situasi pembelajaran menarik untuk mengarahkan perhatian anak-anak pada pengenalan yang lebih lanjut tentang lingkungan sekolah mereka. Dengan demikian, anak-anak dapat membangun relasi yang kuat dengan sekolah mereka dan mengembangkan kemampuan belajar yang efektif.

Baca Juga:  Hubungan CP dan STPPA PAUD Kurikulum Merdeka