Surat keputusan BSKAP 033/H/KR/2022 adalah revisi dari capaian pembelajaran kurikulum merdeka yang sudah dibuat sebelumnya yaitu BSKAP 008/H/KR/2022 yang isinya sama tentang capaian pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka mulai jenjang paud hingga smk sederajat. Bagi ayah bunda yang belum sempat melihat paparan kurikulum merdeka kami sudah ringkaskan apa itu kurikulum merdeka.



Capaian Pembelajaran Revisi 7 Juni 2022

Perbaikan pertama ini dikeluarkan untuk merevisi keputusan kepala badan BSKAP (Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan) tentang capaian pembelajaran PAUD, SD, SMP, SMA, SMK kaitannya dengan implementasi kurikulum merdeka.

Dari yang semula jumlah lembar halaman PDF sebanyak 1.076 kini berubah menjadi total 1.822 lembar pada 033/h/kr/2022 (beserta lampiran) dengan rincian :

  • Lembar SK : lembar 1-4
  • Lampiran I CP PAUD : lembar 5-15 PDF (halaman cetak 1-11)
  • Lampiran II CP SD/MI/Paket A, SMP/MTs/Paket B, SMA/MA/Paket C : 16-444 (halaman cetak 1-429)
  • Lampiran III CP Mapel SMK/MAK : 445-1249 (halaman cetak 1-805)
  • Lampiran IV CP SDLB, SMPLB, SMALB : 1250-1725 (halaman cetak 1-476)
  • Lampiran V CP Mapel Paket A, B, C: 1726-1822 (halaman cetak 1-97)

Capaian Pembelajaran PAUD

SK capaian pembelajaran paud 033/H/KR/2022 kurikulum merdeka dari bskap revisi dari sk 008/h/kr/2022 tentang CP paud sampai sma/smk

Secara umum, dapat dikatakan stimulasi bertujuan agar anak bertumbuh kembang optimal secara holistik dan siap bersekolah. Diharapkan mereka kelak membentuk pribadi yang dicita-citakan dalam profil pelajar Pancasila, yaitu sebagai pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.

Proses membangun pengetahuan anak terjadi ketika ia sedang bermain dan berinteraksi dengan lingkungannya secara aktif. Proses tersebut berupa desain lingkungan belajar yang sesuai dari satuan PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) serta tantangan dan dukungan yang diberikan bagi tiap anak oleh pendidik untuk memastikan anak memperoleh kemampuan-kemampuan baru.

Baca Juga:  7 Buku Panduan Guru PAUD Implementasi Kurikulum Merdeka

Download SK BSKAP 033/H/KR/2022 Revisi CP

Surat keputusan BSKAP 033/H/KR/2022 revisi dari 008/H/KR/2022 tentang capaian pembelajaran kurikulum merdeka 7 juni 2022 versi lengkap (paud s.d sma smk) dengan lampiran, atau khusus untuk PAUD saja (TK/KB/TPA/SPS) dengan lampiran dapat diunduh melalui :



Versi PDF Full

Full halaman 1.822 lembar yang meliputi jenjang PAUD sampai dengan jenjang sma/smk dapat diunduh melalui :

Versi PDF (PAUD)

Capaian pembelajaran versi revisi yang tertuang melalui SK kepalada badan BSKAP 033 / 2022 ini versi PDF untuk PAUD saja bisa didapatkan melalui :

Versi DOCX (PAUD)

Yang bisa di edit versi word dapat diunduh melalui :

Manfaat Bermain dalam Tujuan Pembelajaran PAUD

Bermain bagi anak usia dini adalah belajar, yang didukung dengan masukan dari orang lain yang lebih berpengalaman di sekitarnya (pendidik, orang tua/wali, saudara yang lebih tua, dan sebagainya). Anak bertindak dari perilaku bermain dan model yang dicontohkan oleh orang dewasa atau anak-anak yang lebih tua.

Mereka mengajukan pertanyaan untuk belajar lebih banyak, dan dapat dirangsang untuk belajar lebih banyak melalui dukungan dari orang dewasa yang terlibat, atau anak-anak yang lebih tua yang menanggapi minat anak, menjelaskan berbagai hal, mengajari mereka kata-kata untuk berbicara tentang apa yang mereka lakukan, dan mendorong anak untuk mengeksplorasi lebih cermat, atau berpikir lebih dalam. Bermain secara alami dan spontan yang berasal dari ide-ide anak merupakan kegiatan belajar yang menyenangkan yang dengan dukungan yang tepat, akan mengarah pada pembelajaran yang lebih dalam dan bermakna bagi anak tentang diri mereka dan dunianya. Melalui bermain, anak-anak

Baca Juga:  Penguatan Profil Pelajar Pancasila? Siapa yang Mengajar?

menampilkan hal-hal yang ia ketahui tentang dunianya yang memberikan kesempatan yang tepat bagi pendidik atau orang tua/wali, untuk menstimulasi anak mengambil langkah berikutnya, atau mencoba tantangan berikutnya agar mereka belajar lebih banyak.

Stimulasi bermain yang berkualitas, yang selaras dengan minat anak dan menantang secara tepat akan memberikan kesempatan kepada anak untuk menunjukkan pengenalan tentang dirinya sebagai anak Indonesia, dan mendemonstrasikan kemampuannya dalam mengeksplorasi, memecahkan masalah, berpikir dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila. Anak tersebut akan memiliki kesadaran terhadap alam dan lingkungan, serta tumbuh dan berkembang menjadi anak yang kreatif, bugar, sehat, serta dapat berkomunikasi dan berekspresi dengan bahasa dan seni.



penawaran kerjasama paud jateng