Modul ajar 2025/2026 RPP TK B (usia 5-6 tahun) semester 1 pembelajaran mendalam (deep learning). Dunia pendidikan anak usia dini memasuki era baru dengan hadirnya konsep Pembelajaran Mendalam dalam modul ajar TK B tahun ajaran 2025/2026. Transformasi ini bukan sekadar perubahan nama atau istilah, melainkan revolusi mendasar dalam cara memandang dan melaksanakan proses pembelajaran untuk anak berusia 5-6 tahun.

Modul ajar berbasis Deep Learning hadir sebagai jawaban atas tantangan pendidikan abad ke-21 yang menuntut pengembangan karakter dan keterampilan holistik sejak dini. Pendekatan ini menekankan penciptaan pengalaman belajar yang tidak hanya mencerdaskan secara kognitif, tetapi juga membangun fondasi karakter yang kuat melalui integrasi olah pikir, olah hati, olah rasa, dan olah raga.

Pembelajaran Mendalam pada RPP TK

Pembelajaran Mendalam untuk kelompok B (5-6 tahun) usia TK didasarkan pada filosofi yang memuliakan setiap anak sebagai individu unik dengan potensi luar biasa. Filosofi ini mengakui bahwa anak usia 5-6 tahun berada pada masa golden age dimana pembentukan karakter dan pengembangan kognitif berlangsung sangat pesat.

Modul ajar ini dirancang dengan memahami bahwa anak TK B memiliki karakteristik khusus, yaitu kemampuan berpikir yang mulai berkembang dari konkret menuju abstrak, rasa ingin tahu yang tinggi, dan energi yang melimpah untuk bereksplorasi. Oleh karena itu, setiap aktivitas pembelajaran dirancang untuk memenuhi kebutuhan natural anak dalam belajar melalui bermain dan eksplorasi.

Prinsip utama yang menjadi landasan adalah pembelajaran yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan. Ketiga prinsip ini tidak berdiri sendiri, melainkan saling berjalin untuk menciptakan pengalaman belajar yang utuh dan berkesan bagi anak.

Struktur Modul Ajar Deep Learning

Modul ajar TK B semester 1 disusun dengan struktur yang sistematis namun fleksibel. Setiap modul dimulai dengan identifikasi karakteristik dan kebutuhan peserta didik, dilanjutkan dengan penetapan tujuan pembelajaran yang mengacu pada delapan dimensi profil lulusan.

Delapan dimensi tersebut mencakup pengembangan keimanan dan ketakwaan yang diintegrasikan dalam aktivitas sehari-hari, pembentukan jiwa kewargaan melalui pengenalan budaya dan nilai-nilai Pancasila, pengasahan penalaran kritis melalui kegiatan problem solving sederhana, dan stimulasi kreativitas melalui berbagai aktivitas seni dan eksplorasi.

Dimensi kolaborasi dikembangkan melalui proyek-proyek kelompok yang menyenangkan, kemandirian dibangun melalui pembiasaan aktivitas mandiri sesuai usia, kesehatan dipromosikan melalui aktivitas fisik dan edukasi gizi, serta komunikasi diasah melalui storytelling dan presentasi sederhana.

Modul Ajar RPP TK B (5-6 Tahun) 2025/2026 Semester 1 Deep Learning

Metodologi Pembelajaran Inovatif

Modul ajar ini menerapkan metodologi pembelajaran yang beragam dan sesuai dengan karakteristik anak TK B. Pendekatan bermain sambil belajar tetap menjadi fondasi utama, namun diperkaya dengan elemen-elemen pembelajaran berbasis proyek yang disesuaikan dengan kemampuan anak.

Setiap kegiatan dirancang untuk memberikan pengalaman belajar melalui tiga tahap: memahami, mengaplikasi, dan merefleksi. Tahap memahami dilakukan melalui eksplorasi dan observasi langsung terhadap objek atau fenomena di sekitar anak. Tahap mengaplikasi memberikan kesempatan anak untuk mempraktikkan pengetahuan melalui aktivitas hands-on yang menyenangkan. Tahap merefleksi mengajak anak untuk berbagi pengalaman dan perasaan mereka tentang proses pembelajaran.

Integrasi teknologi dilakukan secara bijak dengan memanfaatkan media digital yang sesuai usia untuk memperkaya pengalaman belajar. Namun, interaksi langsung dengan lingkungan nyata tetap menjadi prioritas utama dalam setiap aktivitas pembelajaran.

Download RPP Modul Ajar TK B (5-6 Tahun) Deep Learning

Tahun ajaran 2025/2026 semester 1 (ganjil) untuk tk b usia 5-6 tahun kurikulum merdeka pendekatan pembelajaran mendalam (deep learning) bisa unduh contoh file RPP melalui tabel berikut ini.

MingBulanTopik / SubtopikRPP TK B (5-6 Tahun) Deep Learning, Semester 1Link Download
1JuliDiriku / IdentitasAku Istimewa! Ayo Kita BerkenalanFile Disini
2AgustusTanah Airku / IndonesiakuAku Cinta Indonesia: Negeri Seribu PulauFile Disini
3AgustusTanah Airku / KebinekaanKita Indonesia SesungguhnyaFile Disini
4AgustusPROJEK / Aku Cinta IndonesiaMerayakan KemerdekaanFile Disini
5SeptemberLingkunganku / Pakaian AdatKeindahan Pakaian Adat NusantaraFile Disini
6SeptemberLingkunganku / Pembelajaran PHBSLingkunganku Bersih, Hidupku SehatFile Disini
7SeptemberLingkunganku / RumahkuRumahku Surga Kecil di DuniaFile Disini
8SeptemberLingkunganku / SekolahkuSerunya Bermain di Taman SekolahFile Disini
9OktoberBinatang / Kebun BinatangPetualangan di Kebun BinatangFile Disini
10OktoberBinatang / Binatang AirMengenal Kehidupan di Bawah LautFile Disini
11OktoberBinatang / Binatang DaratJelajah Dunia Binatang Darat Sekitar KitaFile Disini
12OktoberBinatang / Sayang BinatangSayang Semua Makhluk Ciptaan TuhanFile Disini
13OktoberKebutuhanku / Makan dan MinumKuisi Piringku dengan Makanan SehatFile Disini
14NovemberKebutuhanku / PakaianAku Bisa Berpakaian SendiriFile Disini
15NovemberMitigasi Bencana / AirAir Untuk Kehidupan: Misi Kecil Penyelamatan BumiFile Disini
16NovemberMitigasi Bencana / ApiMengapa Api Tidak Boleh DisentuhFile Disini
17NovemberMitigasi Bencana / UdaraUdara di Sekitar Kita: Si Tak Terlihat yang Suka BermainFile Disini
18DesemberMitigasi Bencana / BumiMerawat Bumi Tempat Kita TinggalFile Disini

Preview RPP TK B Smt 1 Pembelajaran Mendalam :



Pengembangan Karakter Terintegrasi

Salah satu keunggulan modul ajar Deep Learning kelompok bermain ( adalah integrasi pengembangan karakter dalam setiap aktivitas pembelajaran. Tidak ada pemisahan antara pembelajaran akademik dan pembentukan karakter, melainkan keduanya dijalin secara harmonis dalam setiap pengalaman belajar.

Nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, empati, dan kerjasama tidak diajarkan secara terpisah, tetapi dipraktikkan langsung dalam konteks pembelajaran sehari-hari. Misalnya, saat anak belajar tentang tanaman, mereka juga belajar tentang tanggung jawab dalam merawat makhluk hidup dan empati terhadap lingkungan.

Peran Guru sebagai Fasilitator

Dalam modul ajar Deep Learning, peran guru mengalami transformasi dari instruktur menjadi fasilitator pembelajaran. Guru berperan sebagai perancah (scaffolding) yang memberikan dukungan sesuai kebutuhan individual anak, bukan sebagai sumber tunggal pengetahuan.

Guru dituntut untuk menjadi pengamat yang jeli terhadap perkembangan setiap anak, perancang pengalaman belajar yang kreatif, dan motivator yang mampu membangkitkan semangat belajar anak. Fleksibilitas dalam implementasi modul menjadi kunci sukses, dimana guru dapat menyesuaikan aktivitas dengan kondisi dan karakteristik kelas masing-masing.

Asesmen Autentik dan Berkelanjutan

Sistem asesmen dalam modul ajar ini menekankan pada proses pembelajaran, bukan hanya hasil akhir. Asesmen dilakukan secara kontinyu melalui observasi, dokumentasi portofolio, dan refleksi bersama anak. Pendekatan ini memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang perkembangan anak dalam berbagai aspek.

Asesmen juga melibatkan orang tua sebagai mitra dalam memahami perkembangan anak. Komunikasi rutin antara guru dan orang tua memastikan kontinuitas pembelajaran antara rumah dan sekolah, menciptakan ekosistem pendidikan yang utuh dan mendukung.

Kesiapan Menghadapi Masa Depan

Modul ajar TK B berbasis Deep Learning dirancang tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran saat ini, tetapi juga mempersiapkan anak menghadapi tantangan masa depan. Fokus pada pengembangan keterampilan abad ke-21 seperti critical thinking, creativity, collaboration, dan communication dimulai sejak usia dini melalui aktivitas yang menyenangkan dan sesuai perkembangan.

Dengan penerapan modul ajar Deep Learning semester 1 tahun 2025/2026 untuk TK B dapat menjadi fondasi yang kokoh bagi perjalanan pendidikan anak selanjutnya. Pembelajaran yang holistik, bermakna, dan menyenangkan akan menciptakan generasi yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga berkarakter kuat dan siap berkontribusi positif bagi masyarakat.