KOMPETENSI INTI SIKAP PAUD Dalam Kurikulum 2013



Penjelasan Kompetensi Inti Sikap PAUD Dalam Kurikulum 2013. Di dalam Kurikulum PAUD terbaru disebutkan adanya kompetensi inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD), apa sih maksud atau penjelasan keduanya. Yuk kita simak dulu penjelasan kompetensi inti (KI) dalam kurikulum PAUD 2013.

Untuk penjelasan Kompetensi Dasar Sikap PAUD K13 Lihat Disini.

Sekilas Kompetensi Inti (KI) PAUD K13

Kompetensi Inti (KI) pada Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini adalah tingkat kemampuan untuk mencapai STPP yang harus dimiliki peserta didik PAUD pada usia 6 tahun.

Jadi Kompetensi Inti merupakan operasionalisasi dari STPP dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki anak dengan berbagai kegiatan pembelajaran melalui bermain yang dilakukan di satuan PAUD.



Kompetensi Inti (KI) merupakan gambaran pencapaian Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak pada akhir layanan PAUD usia enam tahun yang dirumuskan secara terpadu dalam bentuk KI Sikap Spiritual, KI Sikap Sosial, KI Pengetahuan, dan KI Keterampilan.

Indikator pencapaian perkembangan anak untuk KD pada KI Sikap Spiritual dan KD pada KI Sikap Sosial tidak dirumuskan secara tersendiri. Pembelajaran untuk mencapai KD-KD ini dilakukan secara tidak langsung, tetapi melalui pembelajaran untuk KD-KD pada KI Pengetahuan dan KI Keterampilan. Dengan kata lain, sikap positif anak akan terbentuk ketika dia memiliki pengetahuan dan mewujudkan pengetahuan itu dalam bentuk hasil karya dan/atau unjuk kerja.

Penjelasan KOMPETENSI INTI Sikap PAUD Kurikulum 2013

Kompetensi Inti PAUD ada 4 sebagaimana bisa dilihat Klik Disini.

KOMPETENSI INTI SIKAP PAUD Kurikulum 2013

Dalam kurikulum 2013 PAUD pengembangan sikap mencakup seluruh aspek perkembangan, artinya sikap berada di aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, sosial–emosional, bahasa dan seni. Di dalam struktur kurikulum 2013 PAUD pengembangan sikap meliputi kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial.

Kompetensi Inti yang terkait dengan sikap terdiri dari Kompetensi Inti 1 Sikap Spiritual dan Kompetensi Inti 2 Sikap Sosial.

Kompetensi Inti 1 Sikap Spiritual: “Menerima ajaran agama yang dianutnya”. Mencerminkan kecerdasan spiritual sebagai sikap kesadaran mengenal agama yang dianutnya.

Kompetensi Inti 2 Sikap Sosial: “Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman”

Mencerminkan kecerdasan sosial-emosional sebagai sikap dan perilaku yang mengenal perasaan diri, orang lain, dan nilai-nilai sosial yang sesuai dengan norma serta budaya yang berlaku.

Kompetensi Inti tercapai di akhir program PAUD setelah anak selesai mengikuti layanan PAUD. Kompetensi Inti dikembangkan menjadi Kompetensi Dasar.