4 Contoh RKH PAUD Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013



4 Contoh RKH PAUD Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 lengkap berbagai model pembelajaran (RKH model kelompok berdasar sudut kegiatan, RKH model kelompok berdasar kegiatan pengaman, RKH model area, dan RKH saintifik model sentra).

4 Contoh RKH PAUD Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013

Untuk mengenal apa itu pendekatan saintifik PAUD bisa dilihat disini
Berikut ini disajikan contoh RKH PAUD terbaru pendekatan saintifik dengan model pembelajaran sebagai berikut.

A. Contoh RKH PAUD Saintifik Model Kelompok (Sudut Kegiatan)

Pijakan (Penyiapan Lingkungan Main):

  1. Guru menata ragam main sesuai dengan sudut yang akan digunakan (mininal 4 sudut).
  2. Satu sudut dapat diisi dengan beragam kegiatan main.
  3. Di setiap tempat kegiatan main tersedia alat, bahan, sumber atau media yang dapat dieksplorasi untuk menerapkan pendekatan saintifik.
  4. Lingkungan yang disiapkan memungkinkan terbangunnya pemahaman anak yang mendalam terhadap topik atau tema yang dibahas

Kegiatan Pembukaan:



  1. Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat ,bahan, sumber atau media untuk diamati, baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema/sub tema
  2. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
  3. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
  4. Guru dan anak menyepakati fokus dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti

Kegiatan Inti:

  1. Anak beraktifitas di sudut untuk mengumpul kan informasi
  2. Dalam kegiatan mengumpulkan informasi anak diberi kesempatan untuk mengamati dan menanya secara lebih luas dan mendalam
  3. Anak melakukan uji coba/eksperimen/praktek dengan alat, bahan, sumber atau media yang tersedia secara individu maupun berkelompok
  4. Anak membandingkan, mengelompokkan, melakukan pengukuran, dll dengan menggunakan alat, bahan, sumber atau media
  5. Anak diberi kesempatan untuk membuat berbagai karya dengan menggunakan alat, bahan, sumber atau media sesuai dengan minat, ide dan kreativitas masing-masing
  6. Guru menghargai setiap ide yang dilontarkan oleh anak, mendorong anak untuk memunculkan kreativitasnya, membangun minat anak dan juga terjadinya proses belajar
  7. Guru memperjelas/mematangkan pengetahuan yang diperoleh anak serta mendorong anak untuk dapat memperluas gagasan dan hasil karyanya
  8. Guru memberikan penguatan atas pengetahuan baru yang didapatkan anak agar menjadi bagian pengetahuan yang masuk ke dalam ingatan anak.

Kegiatan Penutup:

  1. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
  2. Dalam proses ini anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
  3. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
  4. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
Contoh RKH PAUD Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 A. Contoh RKH PAUD Saintifik Model Kelompok (Sudut Kegiatan) B. Contoh RKH PAUD Saintifik Model Kelompok (Kegiatan Pengaman) C. Contoh RKH PAUD Saintifik Model Area D. Contoh RKH PAUD Saintifik Model Sentra

B. Contoh RKH PAUD Saintifik Model Kelompok (Kegiatan Pengaman)

Pijakan (Penyiapan Lingkungan Main):

  1. Guru menata 4 tempat kegiatan main yang terdiri dari 3 tempat untuk kegiatan utama dan 1 tempat untuk kegiatan pengaman.
  2. Di setiap tempat kegiatan main tersedia alat, bahan, sumber atau media yang dapat dieksplorasi untuk menerapkan pendekatan saintifik.
  3. Lingkungan yang disiapkan memungkinkan terbangunnya pemahaman anak yang mendalam terhadap topik atau tema yang dibahas

Kegiatan Pembukaan:

  1. Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat ,bahan, sumber atau media untuk diamati, baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema/sub tema
  2. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
  3. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
  4. Guru dan anak menyepakati fokus dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti

Kegiatan Inti:

  1. Anak beraktifitas di kelompok untuk mengumpulkan informasi
  2. Guru mendampingi salah satu kelompok agar anak mendapatkan informasi yang lebih optimal
  3. Dalam kegiatan mengumpulkan informasi anak diberi kesempatan untuk mengamati dan menanya secara lebih luas dan mendalam
  4. Anak melakukan uji coba/eksperimen/praktek dengan alat, bahan, sumber atau media yang tersedia secara individu maupun berkelompok
  5. Anak membandingkan, mengelompokkan, melakukan pengukuran, dll dengan menggunakan alat, bahan, sumber atau media
  6. Anak diberi kesempatan untuk membuat berbagai karya dengan menggunakan alat, bahan, sumber atau media sesuai dengan minat, ide dan kreativitas masing-masing
  7. Guru menghargai setiap ide yang dilontarkan oleh anak, mendorong anak untuk memunculkan kreativitasnya, membangun minat anak dan juga terjadinya proses belajar
  8. Guru memperjelas/mematangkan pengetahuan yang diperoleh anak serta mendorong anak untuk dapat memperluas gagasan dan hasil karyanya
  9. Guru memberikan penguatan atas pengetahuan baru yang didapatkan anak agar menjadi bagian pengetahuan yang masuk ke dalam ingatan anak.

Kegiatan Penutup:

  1. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
  2. Dalam proses ini anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
  3. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
  4. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak

C. Contoh RKH PAUD Saintifik Model Area

Pijakan (Penyiapan Lingkungan Main):

  1. Guru menata ragam main sesuai dengan area yang akan digunakan (minimal 4 area)
  2. Satu area dapat diisi dengan beragam kegiatan main
  3. Di setiap tempat kegiatan main tersedia alat, bahan, sumber atau media yang dapat dieksplorasi untuk menerapkan pendekatan saintifik.
  4. Lingkungan yang disiapkan memungkinkan terbangunnya pemahaman anak yang mendalam terhadap topik atau tema yang dibahas

Kegiatan Pembukaan:

  1. Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat ,bahan, sumber atau media untuk diamati, baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema/sub tema
  2. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
  3. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
  4. Guru dan anak menyepakati fokus dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti

Kegiatan Inti:

  1. Anak beraktifitas di area untuk mengumpulkan informasi
  2. Guru melakukan individualisasi kepada anak agar anak mendapatkan informasi yang lebih optimal
  3. Dalam kegiatan mengumpulkan informasi anak diberi kesempatan untuk mengamati dan menanya secara lebih luas dan mendalam
  4. Anak melakukan uji coba/eksperimen/praktek dengan alat, bahan, sumber atau media yang tersedia secara individu maupun berkelompok
  5. Anak membandingkan, mengelompokkan, melakukan pengukuran, dll dengan menggunakan alat, bahan, sumber atau media
  6. Anak diberi kesempatan untuk membuat berbagai karya dengan menggunakan alat, bahan, sumber atau media sesuai dengan minat, ide dan kreativitas masing-masing
  7. Guru menghargai setiap ide yang dilontarkan oleh anak, mendorong anak untuk memunculkan kreativitasnya, membangun minat anak dan juga terjadinya proses belajar
  8. Guru memperjelas/mematangkan pengetahuan yang diperoleh anak serta mendorong anak untuk dapat memperluas gagasan dan hasil karyanya
  9. Guru memberikan penguatan atas pengetahuan baru yang didapatkan anak agar menjadi bagian pengetahuan yang masuk ke dalam ingatan anak.

Kegiatan Penutup:

  1. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
  2. Dalam proses ini anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
  3. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
  4. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak

D. Contoh RKH PAUD Saintifik Model Sentra

Pijakan (Penyiapan Lingkungan Main):

  1. Guru menata ragam main sesuai dengan sentra yang digunakan (minimal 4 kegiatan main).
  2. Untuk anak yang sudah mampu dapat dilibatkan dalam penataan lingkungan main
  3. Di setiap tempat kegiatan main tersedia alat, bahan, sumber atau media yang dapat dieksplorasi untuk menerapkan pendekatan saintifik.
  4. Lingkungan yang disiapkan memungkinkan terbangunnya pemahaman anak yang mendalam terhadap topik atau tema yang dibahas

Kegiatan Pembukaan:

  1. Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat ,bahan, sumber atau media untuk diamati, baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema/sub tema
  2. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
  3. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
  4. Guru dan anak menyepakati fokus dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti

Kegiatan Inti:

  1. Anak beraktifitas di sentra untuk mengumpulkan informasi 
  2. Guru memberikan pijakan agar anak mendapatkan informasi yang lebih optimal
  3. Dalam kegiatan mengumpulkan informasi anak diberi kesempatan untuk mengamati dan menanya secara lebih luas dan mendalam
  4. Anak melakukan uji coba/eksperimen/praktek dengan alat, bahan, sumber atau media yang tersedia secara individu maupun berkelompok
  5. Anak membandingkan, mengelompokkan, melakukan pengukuran, dll dengan menggunakan alat, bahan, sumber atau media
  6. Anak diberi kesempatan untuk membuat berbagai karya dengan menggunakan alat, bahan, sumber atau media sesuai dengan minat, ide dan kreativitas masing-masing
  7. Guru menghargai setiap ide yang dilontarkan oleh anak, mendorong anak untuk memunculkan kreativitasnya, membangun minat anak dan juga terjadinya proses belajar
  8. Guru memperjelas/mematangkan pengetahuan yang diperoleh anak serta mendorong anak untuk dapat memperluas gagasan dan hasil karyanya
  9. Guru memberikan penguatan atas pengetahuan baru yang didapatkan anak agar menjadi bagian pengetahuan yang masuk ke dalam ingatan anak.

Kegiatan Penutup:

  1. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
  2. Dalam proses ini anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
  3. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
  4. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak

Perhatikan ayah bunda, yang diberi warna merah diatas adalah contoh RKH PAUD dengan pendekatan saintifik yang sudah disesuaikan dengan model pembelajaran PAUD yang digunakan oleh lembaga, KARENA pada intinya model pembelajaran PAUD adalah sama membuat anak belajar dengan cara bermain. Semoga bermanfaat!