Contoh Format Penilaian Bulanan PAUD Kurikulum 2013



Contoh Format Penilaian Bulanan PAUD Kurikulum 2013. Setelah sebelumnya menjelaskan cara membuat penilaian Bulanan untuk PAUD kini saatnya untuk memberikan contoh penilaian bulanan anak PAUD.

Seluruh catatan skala capaian perkembangan harian disatukan berdasarkan indikator dari KD yang sama. Walaupun dalam format checklist (√) harian indikatornya memuat tema dan materi, tetapi untuk dimasukkan ke dalam penilaian bulanan cukup melihat indikator PAUD dari KD yang tercantum dalam format penilaian perkembangan umum. Apabila dalam indikator yang sama dalam satu KD terdapat perbedaan capaian, maka capaian perkembangan yang tertinggi dijadikan capaian akhir.

Contoh Format Penilaian Bulanan PAUD Kurikulum 2013

Dalam Contoh Format penilaian bulanan PAUD terdapat beberapa hal yang harus dipenuhi yaitu sebagai berikut :

  1. Format memuat: aspek perkembangan terdiri dari (1) nilai agama dan moral, (2) fisik – motorik, (3) kognitif, (4) bahasa, (5) sosial-emosional, dan (6) seni.
  2. Kompetensi Dasar terdapat dalam kolom berwarna dengan huruf bercetak tebal.
  3. Indikator perkembangan setiap kompetensi dasar yang diturunkan dari indikator pada lampiran Permendikbud Nomor 137 tahun 2014, Permendikbud nomor 146 tahun 2014.
  4. Format digunakan untuk mencatat perkembangan anak setiap bulan dalam satu semester.
  5. Format memuat data perkembangan setiap anak, atau dengan kata lain satu format untuk satu anak yang digunakan selama satu semester.
  6. Setiap bulan terdiri dari 4 (empat) kolom yang ditandai dengan angka 1, 2, 3, dan 4. Angka 1 menunjukkan kemampuan Belum Berkembang (BB). Angka 2 menunjukkan kemampuan Mulai Berkembang (MB). Angka 3 menunjukkan kemampuan Berkembang Sesuai Harapan. Angka 4 menunjukkan kemampuan Berkembang Sangat Baik (BSB).
  7. Capaian perkembangan
    1. Belum Berkembang (BB): bila anak melakukannya harus dengan bimbingan atau dicontohkan oleh guru;
    2. Mulai Berkembang (MB): bila anak melakukannya masih harus diingatkan atau dibantu oleh guru;
    3. Berkembang Sesuai Harapan (BSH): bila anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan konsisten tanpa harus diingatkan atau dicontohkan oleh guru;
    4. Berkembang Sangat Baik (BSB): bila anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan sudah dapat membantu temannya yang belum mencapai kemampuan sesuai indikator yang diharapkan.
  8. Pengisian kolom capaian perkembangan setiap bulannya hanya dengan checklist (√).
  9. Data yang diisikan pada kolom capaian perkembangan merupakan hasil kumulasi data yang terkumpul dari format harian ditambah data catatan anekdot ditambah catatan hasil karya anak.
  10. Kolom Kesimpulan Capaian diisi dengan capaian tertinggi, misalnya BB, BB, MB, MB, MB, BSH, maka capaian yang diisikan adalah BSH.
Contoh Format Penilaian Bulanan PAUD Kurikulum 2013
Berikut ini adalah contoh penilaian bulanan anak usia dini untuk usia TK B (usia 5-6 tahun). Oh iya satu lagi ayah bunda, dalam membuat penilaian bulanan PAUD ayah bunda akan sangat membutuhkan yang namanya INDIKATOR PAUD USIA 0-6 TAHUN silahkan download.



Memperbaiki Data Perkembangan Anak

Data yang dicatat dalam format perkembangan anak harus diperbaharui secara regular setiap bulannya, terutama sebelum pelaporan disampaikan kepada orangtua. Tujuannya agar catatan dan pelaporan perkembangan anak benar-benar menunjukkan kemajuan anak yang lengkap dan utuh dari catatan/dokumen terakhir.

Perbaikan catatan data perkembangan anak terutama indikator yang capaian perkembangannya masih pada tahap Belum Berkembang (BB) dan Mulai Berkembang (MB) dengan cara mengamati kembali perkembangan terakhir yang dicapai anak.

Contoh: Jika ada anak menjelang akhir bulan/semester catatan capaian perkembangannya berada pada tahap BB dan MB, maka guru dapat mengumpulkan lebih lengkap data capaian perkembangan, sehingga hasilnya dijadikan untuk menganalisa ulang capaian perkembangannya.