Presentasi Pembelajaran Tematik PAUD Kurikulum 2013 PPT



Download Power Point Presentasi Pembelajaran Tematik PAUD Kurikulum 2013 PPT GRATIS. Pembelajaran tematik merupakan suatu pembelajaran yang mengaitkan berbagai bahasan dari Kompetensi Dasar secara terintegrasi kedalam satu tema.

Tema merupakan payung keseluruhan kegiatan dan topik yang akan dijadikan pembahasan dalam bermain dan bereksplorasi bersama anak.
Tema bukan merupakan tujuan pembelajaran melainkan sebagai strategi untuk membantu keluasan wawasan berpikir anak.

Manfaat Tema dalam Pembelajaran PAUD

  1. Menghubungkan bahasan satu dengan lainnya, sesuai dengan cara berpikir anak.
  2. Sebagai Topik bahasan. Topik bahasan yang dekat dan dikenal anak membuat anak lebih dapat terlibat di dalamnya.
  3. Menghubungkan pengetahuan sebelumnya dengan pengetahuan yang baru  yang sudah dimiliki anak.
  4. Memudahkan pendidik PAUD dalam pengembangan kegiatan belajar sesuai dengan konsep dan sarana yang dimiliki lingkungan.

Aspek Yang Dibangun Melalui Tema PAUD

  1. Sikap religius dan sikap sosial : sikap beragama, perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri, jujur, santun dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  2. Pengetahuan yang dapat dikembangkan berupa : pengetahuan tentang diri, keluarga, teman, guru, lingkungan sekitar, teknologi, seni dan budaya.
  3. Keterampilan yang dikembangkan berupa : kemampuan berpikir, berkomunikasi, bertindak produktif dan kreatif melalui bahasa, musik, karya dan gerakan sederhana. 
Presentasi Pembelajaran Tematik PAUD Kurikulum 2013 PPT

    Prinsip Pemilihan Tema PAUD

    1. Kedekatan, artinya tema hedaknya dipilih mulai dari tema yang terdekat dengan kehidupan anak.
    2. Kesederhanaan, artinya tema yang dipilih yang sudah dikenal anak
    3. Kemenarikan, artinya tema yang dipilih harus mampu menarik minat belajar anak.
    4. Keinsidentalan, artinya pemilihan tema tidak selalu baku yang direncanakan di awal tahun, tetapi juga dapat menyisipkan kejadian luar biasa yang dialami anak

    Keluasan Tema PAUD

    Sebuah tema dapat dikembangkan menjadi sub tema, sub-sub tema, pokok bahasan, dan seterusnya. Jika pertanyaannya seberapa luas sebuah tema dikembangkan? Jawabannya tergantung seberapa luas pendidik dapat memfasilitasi pengembangan tema untuk memberI pengalaman baru pada anak.



    Berapa Lama Waktu Yang Diperlukan Dalam Tema PAUD

    Tidak ada ketentuan sebuah tema dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu. Artinya sebuah tema bisa dilaksanakan lama dan bisa juga singkat, tergantung keluasan tema dan minat anak terhadap tema tersebut. Ada kalanya satu tema membutuhkan waktu selama sebulan atau bahkan lebih, ada juga yang kurang dari sebulan.

    Penggunaan Tema Dalam Pembelajaran PAUD

    1. Tema pada akhirnya digunakan dalam proses pembelajaran, sehingga dapat membantu pendidik dalam menjelaskan konsep pengetahuan kepada anak. Sebelumnya tema harus masuk dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran, sehingga pendidik mempersiapkan diri untuk:
    2. Mengumpulkan informasi tentang tema dan sub tema
    3. Menyiapkan bahan-bahan bacaan tentang tema dan sub tema
    4. Menyiapkan alat-alat dan bahan yang diperlukan dalam kegiatan main yang sesuai tema
    5. Membuat seting lingkunganyang menggambarkan tema
    6. Menyiapkan kegiatan yang mendukung puncak tema.

    Presentasi Pembelajaran Tematik PAUD Kurikulum 2013 PPT

    Ayah bunda dapat download langsung file presentasi power point nya melalui link tautan berikut ini. Untuk preview dokumen dapat dilihat langsung di bawahnya. Ikuti program “Materi PAUD Exchange” untuk mendapatkan presentasi Materi PAUD dengan judul sesuai permintaan ayah bunda. GRATIS! Baca ketentuannya disini.